Apa itu pemasaran dalam bisnis?

fawaz.id

Apa itu pemasaran dalam bisnis? Anda mungkin dapat menjawab perta­ nyaan ini dengan mudah, dan setiap orang mungkin saja dapat men­ jawab pertanyaan. Kata pemasaran sudah sangat dikenal dan sering didengar orang. Namun jawaban yang diberikan setiap orang bisa berbeda­beda. Pengertian pemasaran yang paling populer adalah pen­ jualan. Pengertian lain mengenai pemasaran adalah segala kegiatan yang terkait dengan iklan atau penjualan secara eceran. Bagi sebagian orang, kegiatan pemasaran mencakup sejumlah kegiatan seperti riset pemasaran, penentuan harga, atau perencanaan produk.

Dalam hal ini, pengelola pemasaran harus menyadari adanya sa­ ling ketergantungan di antara sejumlah kegiatan, misalnya antara ke­ giatan penjualan dan promosi, agar dapat tercapai pemasaran yang efektif. Berbagai kegiatan itu harus dapat dikombinasikan untuk dapat mengembangkan program pemasaran. Asosiasi Pemasaran Amerika atau AMA (The American Marketing Association) yang anggotanya terdiri atas sejumlah besar profesional pemasaran di Amerika Serikat dan kanada.

Definisi AMA tersebut meletakkan konsep pertukaran atau ex change sebagai konsep sentral dalam pemasaran. Harus terdapat tiga hal yang menjadi syarat agar suatu pertukaran dapat terjadi, yaitu: pertama, haruslah terdapat dua atau lebih pihak yang memiliki sesuatu yang bernilai untuk dapat saling dipertukarkan; kedua, adanya keingin­ an dan kemampuan untuk memberikan sesuatu itu kepada pihak lain; dan ketiga, adanya suatu cara untuk saling berkomunikasi. Dalam hal ini, periklanan dan promosi memainkan peran penting dalam proses pertukaran tersebut, yaitu dengan menginformasikan konsumen me­ ngenai barang atau jasa serta meyakinkan mereka mengenai kemam­ puan barang dan jasa itu dalam memuaskan kebutuhan atau keinginan mereka.

Tidak semua transaksi pemasaran melibatkan pertukaran uang dengan suatu produk nyata tertentu atau jasa tertentu. Organisasi nonprofit, seperti: kelompok keagamaan, pencinta seni, sekolah, ru­ mah sakit, sukarelawan kerap menerima sumbangan dari donatur. Organisasi nonprofit juga menggunakan iklan untuk mendapatkan bantuan dan kontribusi dari masyarakat. Para donatur rela menyum­ bangkan uangnya untuk kepentingan masyarakat yang kurang berun­ tung. Mereka tidak mendapat imbalan berupa keuntungan materiil dari sumbangan yang diberikan. Mereka menyumbang untuk menda­ patkan pertukaran yaitu berupa kepuasan sosial dan kepuasan jiwa karena telah melakukan sesuatu untuk menolong sesama.

Relationship dalam marketing!


Dewasa ini, para pelaku pemasaran berupaya untuk menjalin hu­ bungan yang tidak hanya sebatas pada terjadinya sekali pertukaran atau satu kali transaksi saja dengan pelanggan. Perusahaan yang berorien­ tasi pada pasar harus memfokuskan perhatian mereka pada upaya un­ tuk mempertahankan hubungan selama mungkin dengan pelanggan. Upaya ini mendorong perusahaan untuk memberikan perhatian pada apa yang disebut dengan relationship marketing, yaitu upaya untuk melibatkan, menciptakan, mempertahankan, dan mendorong hubun­ gan jangka panjang dengan para pelanggan dan juga pihak­pihak lain­ nya untuk keuntungan bersama.

Munculnya relationship marketing ini didorong oleh sejumlah fak­ tor. Pertama, perusahaan menyadari bahwa pelanggan semakin ba­ nyak menuntut karena mereka menginginkan pelayanan terbaik yang mencakup produk yang bermutu dengan harga yang kompetitif, mu­ dah didapat, pengiriman tepat waktu, dan didukung oleh pelayanan kepada pelanggan yang baik. Ada kalanya pelanggan menginginkan agar barang dan jasa yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhannya secara pribadi (personalized products), yaitu produk yang dirancang dan diproduksi sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan.

Dewasa ini cukup banyak perusahaan menerapkan apa yang di­ sebut dengan penyesuaian massa atau mass customization, artinya perusahaan memproduksi dan mengirim suatu barang atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan khusus dari setiap individu pelanggan na­ mun dengan biaya produksi yang rendah. Hal ini dimungkinkan kare­ na adanya kemajuan dalam bidang teknologi informasi, kemajuan da­ lam sistem pengolahan produk yang fleksibel, serta munculnya metode pemasaran baru.

Terimakasih telah membaca artikel Apa itu pemasaran dalam bisnis?.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Apa itu pemasaran dalam bisnis?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel