Cara mendeteksi tingkat orientasi pasar dibank!

fawaz.id


Cara mendeteksi tingkat orientasi pasar dibank!


Orientasi pemasaran memiliki nilai strategik bagi Bank karena akan menjadi nilai­nilai yang mampu menggerakkan setiap pegawai untuk berperilaku yang berfokus pada nasabah, aktif mencari informasi ten­ tang pasar dan lingkungannya serta keinginan berbagi informasi dan merespon kebutuhan dan keinginan nasabah. Manajer Bank perlu me­ ngetahui sejauh mana orientasi pasar di perusahaannya. Cara yang paling sederhana dan mudah dilakukan adalah dengan melakukan pe­ nelitian melalui kuesioner yang dibagikan kepada pegawai.

Berikut adalah contoh kuesioner yang dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana tingkat orientasi pasar di lembaga perbankan. Kuesioner ini digunakan penulis ketika meneliti orientasi pasar di per­ bankan.
fawaz.id

Sistematika dan keunggulan 

Cara mendeteksi tingkat orientasi pasar dibank! - Manajemen pemasaran bank yang kompleks dapat dipahami de­ ngan mudah apabila dipahami konsep­konsepnya dan dipelajari secara sistematis. Buku ini dirancang secara sistematis untuk memudahkan pembaca sehingga mampu memahami pentingnya manajemen pema­ saran dan menciptakan nilai untuk memuaskan nasabah melalui pe­ rencanaan pemasaran yang didasarkan pada analisis lingkungan dan pemahaman terhadap perilaku nasabah dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen pemasaran sebagai sarana penting dalam peren­ canaan serta implementasi dan pengendalian program manajemen pe­ masaran. 

Setelah dilakukan analisis lingkungan dan perilaku nasabah, lang­ kah berikutnya adalah merumuskan strategi pemasaran bank. Strategi pemasaran bank disusun melaluitahap segmentasi (S), penentuan pasar sasaran atau target (T), dan pemosisian (S) yang merupakan aktivitas strategis yang akan menentukan dan menjadi dasar di dalam merumus­ kan taktik yang akan dituangkan dalam permusan bauran pemasaran. 

Cara mendeteksi tingkat orientasi pasar dibank! - Apabila strategi pemasaran telah dirumuskan, maka langkah beri­ kutnya adalah menyusun bauran pemasaran. Dalam buku ini bauran pemasaran bank yang di dalam konsep pemasaran jasa meliputi: pro­ duk, distribusi, harga, promosi, orang (pegawai), proses, dan buktifisik, untuk tiga yang terakhir akan diuraikan menjadi satu dalam strategi pe­ layanan. Dijadikannya satu bauran pegawai (people) proses dan buk­ ti fisik (physical evidence) ini didasarkan pada pertimbangan praktis dalam praktik perbankan khusunya yang terkait langsung dengan pela­ yanan yang diberikan kepada nasabah. Diharapkan dengan sistematika seperti ini akan memudahkan bagi pembaca dalam memahami mana­ jemen pemasaran bank. Pada materi pelayanan perbankan selain dida­ sarkan pada konsep umum tentang pelayanan, juga didasarkan pada materi sertifikasi general banking, sehingga sekaligus juga menyiapkan mahasswa untuk menguasai sebagian materi yang diujikan dalam ser­ tifikasi general banking. Alur materi disajikan pada Gambar pada halaman berikut.

fawaz.id
keinginan nasabah dan dinamika lingkungan yang senantiasa berubah. 

Bisnis perbankan di Indonesia dihadapkan pada sejumlah tantang­ an. Tantangan tersebut antara lain berasal dari pesaing yang semakin inovatif dalam strategi pemasaran, regulasi dari pemerintah, perkem­ bangan teknologi informasi, dan pergeseran keinginan nasabah karena perkembangan sosial dan budaya. Tantangan tersebut dapat menjadi peluang dan sebaliknya dapat mengancam perkembangan Bank dalam berbisnis. Bank dituntut dapat meningkatkan kekuatan dan memper­ baiki kelemahan yang dimiliki agar dapat memanfaatkan peluang dan mengurangi ancaman yang akan timbul. 

Pemahaman terhadap kebutuhan dan keinginan nasabah menjadi hal yang mutlak diperhatikan agar Bank dapat menyesuaikan produk dan jasa yang ditawarkan. Nasabah akan puas apabila Bank mampu me­ nyediakan produk dan jasa sesuai dengan keinginan dan harapannya. Dari sisi pendekatan organisasional komitmen untuk memahami kebu­ tuhan nasabah dapat dilakukan jika Bank mampu mengembangkan bu­ daya orientasi pasar. Budaya ini dipandang efektif dalam menggerakkan perilaku yang berorientasi pada terciptanya kepuasan nasabah.

Terimkasih telah membaca Cara mendeteksi tingkat orientasi pasar dibank!

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Cara mendeteksi tingkat orientasi pasar dibank!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel