Gunakan publikasi industri untuk mengumpulkan ide terbaru!

akurat.me


Gunakan publikasi industri untuk mengumpulkan ide terbaru!


Saya berlangganan banyak sekali majalah. Memang sulit mencari waktu untuk membaca semua majalah itu. Namun, saat waktu itu datang (biasanya sekali sebulan) saya selalu menemukan ide bisnis praktis dan sangat membantu yang dapat saya gunakan di bisnis saya.

Salah satu majalah terbaik yang saya terima setiap bulan adalah majalah khusus pemasaran. Majalah ini selalu memberi sumber ide yang dapat diujicobakan pada pelanggan dan membuat saya terus mengetahui perkembangan industri secara umum.

Publikasi industri dapat memuat jawaban terhadap banyak masalah yang tengah Anda hadapi dari hari ke hari. Dengan biaya langganan per tahun yang relatif kecil, Anda dapat mengetahui informasi relevan terkini seperti akses terhadap berbagai survei yang dilakukan oleh publikasi dan industri tersebut. Survei ini kerap kali mampu membantu Anda merencanakan pemasaran dan memberi jawaban terhadap pertanyaan seperti:

Kelompok usia manakah yang membeli produk saya?

Media iklan apa yang paling sukses bagi produk saya?

Produk apa yang sedang muncul sebagai pemimpin pasar?

Informasi lain yang terbukti sangat berharga adalah tren konsumen, produk dan teknologi baru, informasi tentang pasar luar negeri, saran bisnis secara umum, tips pemasaran, kemungkinan pemasok produk baru, dan sebagainya.

Ada beberapa industri yang tidak memiliki publikasi sendiri untuk menyasar bidang minat tertentu. Kerap kali, masalah mereka hanyalah menelusuri publikasi itu. Informasi merupakan alat bisnis dan pemasaran yang ampuh. Jika Anda memiliki informasi yang lebih baik dibandingkan pesaing, Anda mendapatkan keunggulan. Berlanggananlah sekarang juga.

Buatlah kotak ide pemasaran

Saya kerap menggunting atau merobek iklan di koran atau majalah, mengumpulkan surat sampah yang memikat mata saya, atau mengais-ngais kotak brosur yang telah dikumpulkan selama bertahun-tahun. Dulu saya muak karena mendapati kertas kertas ini beterbangan dari tempat minum saya. Jadi, saya pun membuangnya.

Saat mulai membuang barang-barang tersebut ke tempat sampah, saya mendapati bahwa saya memiliki segudang informasi termasuk contoh iklan, brosur, dan ide pemasaran yang menurut saya sangat-sangat bagus. Saya pun memilih tumpukan ini dan hasilnya adalah kotak ide pemasaran (dan buku ini).

Kapan pun pikiran saya buntu saat butuh ide, saya menggeledah kotak ini dan selalu mendapati sebuah iklan atau brosur yang sangat cocok dengan tugas saya. Saat membaca koran dan majalah di meja, saya selalu menyiapkan gunting untuk memotong iklan tak biasa atau artikel yang bisa digunakan kemudian waktu.

Saya benci mengatakannya, tapi seandainya rumah saya kebakaran, kotak inilah yang akan saya lemparkan terlebih dulu ke petugas pemadam kebakaran (memang, istri saya pasti geram dengan ini). Kotak ini menyimpan semua informasi dan ide yang tidak muat di otak saya.

Saran saya sangat sederhana. Mulailah membuat kotak ide pemasaran ini sekarang juga. Terus tambah isi di dalamnya dan buang yang tidak berguna. Jika Anda ternyata membeli sesuatu berdasarkan iklan atau surat yang Anda terima, simpan keduanya, karena jika itu saja berhasil mempengaruhi Anda, boleh jadi Anda juga bisa menggunakannya untuk orang lain.

Pesan untuk papan iklan berjalan

Aturan pemerintah daerah bisa jadi membatasi ukuran dan lokasi papan spanduk di area publik. Selalu pertimbangkan ini terlebih dulu sebelum Anda menempatkan papan iklan di lokasi berkelas. Beberapa tahun lalu, saya membuat semacam papan iklan berjalan. Ukurannya sama persis dengan baliho di sisi jalan, hanya saja saya pasang di belakang truk dan membawanya berkeliling kota.

Sekarang, ada banyak perusahaan menawarkan layanan ini. Baliho berjalan sudah menjadi bagian kampanye iklan luar ruangan.

Anda selalu dapat mengerjakan hal ini dalam skala yang lebih kecil, yaitu dengan memasang papan iklan di sisi mobil box dan memarkirnya di dekat tempat usaha Anda. Seperti disebutkan di depan, pemerintah setempat mungkin tidak menyukai ini, tapi kerap kali mereka tidak dapat menghentikan Anda. Yang penting, ingat beberapa poin untuk menghindari komplain jangan menghalangi jalan atau pandangan di sudut jalan, parkirkan keluar dari jalan selepas jam kerja, dan jika seseorang melakukan komplain, Anda tinggal memindah papan iklan tersebut.

Saya mengambil prinsip ini saat menyewakan baliho bergerak milik saya dan saya tidak pernah mendapatkan satu komplain pun. Setelah menjual bisnis ini, pemilik yang baru melakukan beberapa kesalahan. Pertama, mereka meninggalkan baliho tanpa pengawasan selama berhari-hari, kerap kali di tempat umum, menghalangi pandangan di sudut jalan sehingga lampu lalu lintas pun tidak terlihat. Komplain pun mulai bergulir. Kesalahan berikutnya yang mereka lakukan adalah saat promosi sebuah pusat perbelanjaan. Satu pusat perbelanjaan itu diiklankan di baliho dan si pemilik baliho-bergerak memarkir kendaraannya di depan pusat perbelanjaan kompetitor. Hasilnya tentu saja komplain keras dan (seperti yang dapat diduga) sekarang pihak berwenang setempat melarang operator baliho-bergerak tersebut.

Hikmah yang dapat dipetik dari cerita ini adalah: jika Anda menjalankan bisnis iklan berbiaya tinggi seperti baliho-bergerak, pertimbangkan baik-baik karena jika tidak umur usaha itu tidak akan panjang. Sisi unggulnya, baliho-bergerak memiliki pengaruh yang sangat besar, sangat mudah dilihat, dan relatif murah.

akurat.me

Belum ada Komentar untuk "Gunakan publikasi industri untuk mengumpulkan ide terbaru!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel