Inflasi menggrogoti nilai uang

akurat.me


Inflasi menggrogoti nilai uang

Pernahkah terlintas di benak anda, berapa jumlah biaya pendidikan tinggi anak yang harus disediakan dalam waktu 10 atau 20 tahun ke depan? kemudian langkah apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan yang tinggi mencapai 7 juta setiap semester, kecil kemungkinan uang tersebut cukup untuk membiayai pendidikan tinggi dalam beberapa tahun ke depan. uang sejumlah 10 juta rupiah pada hari ini tidak sama nilainya pada 10 tahun atau bahkan 15 tahun lagi. inflasi telah menggerogoti nilai uang.

Inflasi adalah terjadinya kecenderungan kenaikan harga barang dan jasa yang meluas pada seluruh sektor pereko nomian dan berlangsung secara terusmenerus. Jadi apabila hanya salah satu barang saja yang mengalami kenaikan, maka hal itu bukanlah inflasi, kecuali satu barang tersebut memiliki kekuatan untuk memengaruhi harga barang lain. Inflasi juga dapat dikatakan merosotnya nilai uang karena uang yang beredar terlalu banyak sehingga menyebabkan harga barang dan jasa naik. Digital publishing Inflasi timbul karena beberapa hal. Pertama, jumlah permintaan masyarakat terhadap barang atau jasa tidak sesuai dengan persediaan yang ada, oleh karena itu harga suatu barang atau jasa akan meningkat. Keadaan tersebut sering kali terjadi ketika bulan ramadhan dan hari besar tiba, dimana permintaan masyarakat akan kebutuhan pokok me ningkat drastis dibanding dengan hari biasa. Hal itu sesuai dengan hukum ekonomi yang menyatakan bahwa ketika permintaan naik sedangkan penawaran tetap, maka harga akan cenderung naik. Kedua, meningkatnya biaya produksi. Ada beberapa hal yang mendorong kenaikan biaya produksi seperti naiknya upah dan kompensasi karyawan, juga naik nya bahan baku yang kemudian secara tidak langsung akan menyebabkan kenaikan barang atau jasa.

Inflasi digolongkan menjadi empat, yaitu inflasi ringan (dibawah 10% setahun), inflasi sedang (10%¬30% seta hun), inflasi berat (30%¬100% setahun), dan hiperinflasi (diatas 100% setahun). Perlu diketahui bahwa terjadinya inflasi tidak selalu menjadi pertanda buruk bagi perekono mian, asalkan tingkat inflasi masih dalam batas yang wa jar, yaitu dibawah 10%. Inflasi akan menjadi buruk ketika laju inflasi tidak terkendali atau berada di luar target yang sudah ditetapkan Bank Indonesia. Oleh karena itu, Bank Indonesia selaku bank sentral memegang peranan strategis dalam melakukan kebijakan, yaitu menjaga kestabilan nilai rupiah baik terhadap barang dan jasa, serta mata uang negara lain. berikut ini tingkat inflasi dalam kurun waktu beberapa tahun yang lalu.

Selama kurun waktu 10 tahun terakhir, kondisi inflasi di Indonesia masih belum stabil. Tahun 2008 mengalami kenaikan yang cukup tajam, sebaliknya pada tahun 2009 mengalami penurunan hingga berada pada tingkat inflasi 2,78 persen. Pada tahun 2015 dan 2016 tingkat inflasi sudah sesuai dengan yang ditargetkan oleh pemerintah yaitu pada tingkat 4 persen dengan standar deviasi 1 persen. Mari kita perhatikan ratarata inflasi selama 10 tahun terakhir, yaitu 5,93 persen per tahun atau berada dalam golongan inflasi ringan. Arti lainnya adalah dalam 10 tahun terakhir tingkat inflasi mencapai 59,3%. Anda bayangkan betapa inflasi dapat mengikis daya beli dan memiskinkan masyarakat jika ke naikan pendapatan tidak bisa melampaui kenaikan inflasi.

Perlu diketahui bahwa hidup ini tidak bisa lepas dari inflasi, terbukti dair tahun ke tahun harga kebutuhan pokok baik sandang, pangan dan papan terus mengalami peninngkatan sedangkan di sisi lain kita terkadang lupa menghitung sebarapa besar kenaikan penghasilan sesungguhnya jika dibandingkan dengan kenaikan kebutuhan hidup masyarakat. tahukah jika uang sejumlah 1 juta yang anda miliki saat ini nilainya sama dengan 500 ribu pada tahun lalu? jadi apabila anda ditawari uang sebesar 1 juta rupiah hari ini atau satu tahun mendatang, mana menerima uang hari ini karena uang tersebut dapat segera dibelanjakan atau di investasikan.

Konsep nilai waktu uang (time value of money) menya takan bahwa jumlah kas yang sama pada hari ini lebih ber makna daripada hari esok. Artinya bahwa uang yang tersedia pada saat ini memiliki nilai yang lebih berharga dibanding kan dengan uang dalam jumlah yang sama yang tersedia pada masa mendatang. Inflasi akan menyebabkan uang yang kita miliki semakin tergerus daya belinya karena kenaikan harga barang dan jasa. Sebagai contoh, dahulu pada tahun 1990an harga motor sekitar 2,5 juta, sedangkan saat ini harga kendaraan bermotor mencapai 12 juta hingga 20 juta.

inflasi sebagai salah satu gejala ekonomi tentunya memiliki dampak yang dirasakan oleh masyarakat. dampak dari adanya inflasi memberikan efek besar terhadap perekonomian, salah satu yaitu harga kebutuhan pokok akan melambung tinggi. mari kita lihat bagaimana harga harga kebutuhan pokok berubah dari tahun ke tahun data dalam tabel menunjukan bahwa harga kebutuhan pokok dari tahun ke tahun mengalami kenaikan, harga cenderung naik secara terus-menerus sehingga mengakibatkan nilai yang menjadi turun.

Meningkatnya harga kebutuhan pokok tersebut akan berdampak dalam hal pemenuhan kebutuhan seharihari. Lihat saja jika pada tahun 2010 dengan uang 10 ribu maka kita akan mendapatkan beras hampir 1,5 kilogram, namun pada tahun 2016 uang 10 ribu tidak cukup untuk membeli beras 1 kilogram. Pendapatan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup semakin hari terasa berat, terlebih bagi masyarakat yang berpendapatan tetap, hal tersebut akan merugikan karena pendapatan riilnya akan menurun. Pen dapatan yang diterima setiap tahunnya tidak sebanding dengan kenaikan inflasi sehingga nantinya akan mengalami masalah keuangan untuk memenuhi kebutuhan hidup seharihari.

apakah anda mengalami hal tersebut? penerimaan gaji setiap bulan cenderung tetap sedangkan harga kebutuhan pokok semakin meningkat. Padahal, kebutuhan hidup tidak hanya kebutuhan pokok saja. serangkaian peristiwa penting yang anda rencanakan di masa depan seperti biaya pendidikan, menikah, membeli rumah baru, liburan, dan lain sebaginya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. jika nada hanya mengendalkan tabungan saja yang nilai bunganya semakin teregrus oleh inflasi,  rasanya susah utnuk mencapai kemampanan finansial dimasa depan.

Berbicara mengenai kenaikan harga secara terus menerus atau inflasi menjadi salah satu penyebab mengapa kita wa jib melakukan investasi. Investasi berkaitan dengan usaha penarikan sumber dana yang digunakan untuk pengadaan barang modal pada saat sekarang, sehingga di masa depan barang modal tersebut akan memberikan keuntungan. Jadi, pada dasarnya investasi seperti membeli barang pada saat ini untuk kemudian dijual kembali di masa depan dengan harga yang lebih. Investasi dilakukan untuk melindungi nilai, baik terhadap dana atau aset yang sudah ada atau yang akan dimiliki di kemudian hari sehingga nilainya tidak mengalami penurunan tetapi mengalami peningkatan. Oleh karena itu, berinvestasilah, karena investasi merupakan langkah yang paling tepat untuk melindungi kekayaan Anda dari ancaman inflasi serta sebagai sarana mempersiapkan kebutuhan di masa depan.

akurat.me

Belum ada Komentar untuk "Inflasi menggrogoti nilai uang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel