IPK itu perlu loh guys!

fawaz.id


IPK itu perlu loh guys!


Kedua, seorang mahasiswa harus memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi. Bagaimanapun, seorang mahasiswa yang disebut “maha” atas “kesiswaan” harus memiliki kecerdasan intelektual untuk mampu berpikir secara logis, kritis, analitis, dan sistematis. Hal ini ditunjukkan melalui IPK yang tinggi di dalam kelas. Karena bagaimana pun, saat ini IPK lah yang menjadi indicator kualitas intelektual mahasiswa. IPK menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan dan keaktifan di dalam kelas. Bagaimana seorang mahasiswa mampu mengaku sebagai insan intelektual apabila ia tidak mampu menunjukkan kualitas pendidikan melalui IPK yang baik. Ya, ipk bukan segalanya, namun apabila ujian di kelas saja kita tidak mampu menghadapinya, bagaimana bisa kita menghadapi ujian kehidupan sesungguhnya? Karena untuk mendapatkan IPK yang baik tentu membutuhkan kedisiplinan, komitmen, tanggung jawab. Yang di landaskan dengan kejujuran. Tentu, semua itu juga dibutuhkan saat kita menghadapi berbagai macam ujian dalam kehidupan.

Penulis mencoba berbagai tips untuk mendapatkan hasil maksimal dalam perkuliahan di kelas. Pertama, baca dan pahami silabus yang diberikan oleh dosen. Sebagaimana memahami soal adalah setengah jalan dalam menjawab soal, maka memahami silabus perkuliahan menjadi salah satu langkah awal kita dalam menguasai mata kuliah. Selanjutnya, senantiasa duduk di bangku terdepan. Entah ini berlaku atau tidak bagi semua mahasiwa, namun sejak SMP penulis senantiasa memilih bangku duduk di paling depan, dan dekat dengan meja guru atau dosen. Ini dilakukan penulis agar lebh mudah berkonsentrasi dan lebih mudah bertanya apabila ada penjelasan yang kurang di mengerti. Selain itu, aktif disetiap proses perkuliahan juga akan membantu kita untuk mendapatkan hasil maksimal dalam perkuliaham. Apalagi, penilaian akhir juga ditentukan dari keaktifan mahasiswa seperti presentasi, tanya jawab, kuis, dan lain sebagainya. Akhirnya, berusaha mengajari teman sekelas yang tidak memahami adalah cara paling ampuh agar ilmu yang kita miliki benar-benar melekat erat dalam ingatan. Berbagi penulis merasakan manfaatnya berupa pemahaman yang lebih kuat dan melekat dalam ingatan kita.

Mungkin sebagian pembaca sempat mengerutkan dahi saat penulis banyak membahas tentang IPK. Tenang, penulis juga menyadari bahwa seorang mahasiswa yang mampu berkontribusi bagi bangsanya sangat tidak cukup hanya dengan mengandalkan kemampuannya di dalam kelas saja. Ipk yang tinggi hanya menghantarkan seorang mahasiswa menuju meja wawancara kerja. That’s all. Sehingga dibutuhkan kapasitas selanjutnya.

Ketiga, kemampuan seorang mahasiswa untuk terjun langsung memberikan manfaat di tengah masyarakat menjadi salah satu indicator keberhasilan pendidikan yang ia tempuh hingga saat ini. Berorganisasi menjadi salah satu cara seorang mahasiswa untuk mengasah keterampilan dan soft kill seperti kemampuan berkomunikasi, menjalin hubungan dan kerjasama, bertanggung jawab dan secara langsung terlibat aktif dalam penyelesaian masalah yang dinanti oleh bangsa ini. Seorang mahasiswa yang tidak hanya unggul di kelasm namun ia juga mampu mengimplementasikan ulmu yang ia miliki demi mencerahkan lingkungannya, seorang mahasiswa yang tidak hanya tersenyum lebar saat wisuda atas predikat cumlaude nya dan selembar ijazah di genggaman tangan namun ia juga mampu menjadi penyebab senyum lebar di setiap waja masyarakat di lingkungannya. Ya, penulis percaya bahwa permasalahan bangsa ini tidak dapat di atasi hanya dengan lembaran-lembaran ijazah. Di perlukan keringat, darah dan air mata untuk menggapainya.

Secara konkret, terlibat dalam berbagai kepanitiaan, gerakan pendidikan maupun sukarelawan menjadi cara yang ampuh bagi mahasiswa untuk melatih diri untuk terlibat aktid falam memberikan solusi bagi permasalahan di lingkungannya. Oranganisasi yang diikuti juga sangat beraga, mulai dari organisasi dalam kampus, di lingkungan tempat tinggal mapun oraganisasi masyarakat, baik di tingkat perguruan tinggi kota atau kabupaten provinsi hingga nasional oragnisasi tersebut bisa berbasis keahlian, minat atau bakat, kemahasiswaan, dan lain sebagainya. Banyak pilihan namun yang pasti tujuan berorganisasi haruslah jelas: seberapa besar manfaat yang kita bisa berikan melalui organisasi tersebut terhadap masyarakat.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "IPK itu perlu loh guys!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel