Komunikasi Pemasaran!

fawaz.id

Komunikasi Pemasaran! Industri periklanan belakangan ini menunjukkan perubahan ori entasi yang sangat signifikan dari sifatnya yang hanya sekadar me nempatkan iklan berbayar di media massa menjadi upaya penentu an dan pelaksanaan keputusan yang paling efektif dan efisien untuk berkomunikasi dengan konsumen sasaran. Berdasarkan pengamatan penulis cukup banyak strategi iklan dan promosi yang salah sasaran. Misalnya, para kandidat kepala daerah (bupati/wali kota dan guber nur) yang kerap beriklan di media massa nasional untuk memenang kan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Iklan media massa bukan satu-satunya cara terbaik untuk berpro mosi karena masih banyak cara lain yang sama atau bahkan lebih baik. Namun demikian, bukan berarti iklan di media massa menjadi tidak penting lagi, sama sekali tidak. Hanya saja setiap produk (barang dan jasa) memiliki cara-cara berpromosi yang berbeda-beda.

Untuk alasan itulah, muncul bidang studi Komunikasi Pemasaran Terpadu atau Integrated Marketing Communication (IMC) yang lebih luas dari sekadar studi periklanan. Perusahaan periklanan dewasa ini tidak lagi hanya mengurusi iklan media massa. Banyak perusahaan iklan besar juga menyediakan jasa komunikasi pemasaran terpadu ter masuk hubungan masyarakat (humas), promosi penjualan, pemasaran langsung, dan lain sebagainya.

Hampir semua program studi Periklanan dewasa ini mamasukkan IMC ke dalam kurikulumnya, maka tepatlah penulis memberikan judul fawaz.id ini Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Walaupun fawaz.id ini secara umum ditujukan bagi siapa saja yang tertarik dan memi liki minat di bidang promosi dan periklanan, namun secara khusus fawaz.id ini ditujukan bagi para mahasiswa dan pengajar program studi periklanan namun dengan muatan kurikulum baru yang lebih sesuai dengan tuntutan zaman.

Pada akhirnya, semoga kehadiran fawaz.id ini dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan dunia periklanan dan promosi di Indonesia, dan penulis selalu membuka diri terhadap kritik dan saran dari siapa saja demi perbaikan fawaz.id ini di masa yang akan datang. Kritik dan saran dapat disampaikan melalui email ke alamat moris fawaz.ajja@gmail.com.

Komunikasi pemasaran


Iklan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sistem ekonomi masyarakat. Dewasa ini, iklan sudah berkembang menjadi sistem komunikasi yang sangat penting tidak saja bagi produsen barang dan jasa tetapi juga bagi konsumen. Kemampuan iklan dan metode promosi lainnya dalam menyampaikan pesan kepada konsumen menjadikan kedua bidang tersebut memegang peran sangat penting bagi keberhasilan perusahaan. Berbagai bentuk usaha, mulai dari usaha eceran hingga perusahaan multinasional, me­ ngandalkan iklan dan promosi untuk membantu mereka memasar­ kan barang dan jasa. Pada sistem ekonomi yang berlandaskan pada pasar, konsumen semakin mengandalkan iklan dan bentuk promosi lainnya untuk mendapatkan informasi yang akan mereka gunakan un­ tuk membuat keputusan apakah akan membeli suatu produk ataukah tidak. Semakin meningkat pengeluaran (belanja) iklan dan promosi yang dilakukan perusahaan menjadi bukti bahwa tenaga pemasaran di mana pun di dunia mengakui pentingnya kegiatan iklan dan promosi. Strategi promosi peran penting pada program pemasar­ an perusahaan karena strategi promosi upaya perusahaan untuk berkomunikasi dan produk mereka kepada konsumen.

Untuk memahami peran iklan dan promosi dalam pemasaran, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian pemasaran. Komunikasi Pemasaran!

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Komunikasi Pemasaran!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel