Manfaat orientasi pasar!

fawaz.id


Manfaat orientasi pasar!


Beberapa penelitian di berbagai industri memperlihatkan bahwa orientasi pasar berkontribusi nyata dalam mendukung kinerja bisnis. Penelitian tentang orientasi pasar di perbankan di Indonesia juga mem­ perlihatkan hasil bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja bisnis (Suryani, 2012). Ini berarti bahwa pengembangan budaya orientasi pasar menjadi penting kalau Bank ingin meraih kinerja bisnis unggul.

Kajian tentang orientasi pasar di berbagai penelitian memperli­ hatkan bahwa orientasi pasar berkontribusi positif terhadap kinerja keuangan perusahaan, karyawan, nasabah, dan keinovasian (Jaworski & Kohli, 1996). Penelitian terkini hasilnya juga sebagian besar konsisten dengan hasil penelitian Jaworski dan Kohli. Dari beberapa studi yang dilakukan orientasi pasar berkontribusi pada:

Kinerja keuangan. Perusahaan yang dalam pengelolaan bisnisnya mendasarkan pada orientasi pasar ternyata kinerja bisnisnya bagus. Hasil studi yang dilakukan sejak 1993 memperlihatkan bahwa orientasi pasar ber­ dampak pada peningkatan kinerja bisnis (Deshpande’, Farley, Web­ ster & Webster, 1989); (Jaworski & Kohli, 1993). Semakin tinggi orientasi pasar, semakin tinggi profitabilitas perusahaan. Penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh terhadap Return On Assets (ROA), penjualan dan keberhasilan produk baru (Slater & Narver, 1994). Studi yang dilakukan Suryani (2002) pada peru­ sahaan surat kabar menunjukkan bahwa orientasi pasar berpenga­ ruh positif terhadap kinerja bisnis, dan pada industri perbankan menunjukkan hasil yang sama (Suryani, 2012).

Manfaat orientasi pasar! - Ketepatan strategi pemasaran. Perusahaan yang berorientasi pasar akan aktif mencari informasi perubahan lingkungan, termasuk perubahan keinginan nasabah, strategi yang dilakukan pesaing, regulasi Bank Indonesia, dan lain­ lain, sehingga Bank dapat melakukan respons yang cepat dan tepat. Bank yang berorientasi pasar akan senantiasa terdorong melaku­ kan upaya aktif menanggapi apa yang dibutuhkan nasabahnya. Per­ usahaan yang memiliki orientasi pasar tinggi, mempunyai kualitas produk yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang orientasi pasarnya rendah. Penelitian Pelham dan Wilson menunjukkan bahwa orientasi pasar berhubungan positif dengan persepsi manajer terhadap kualitas produk relatif (Pelham & Wil­ son, 1996). Manajer yang berasal dari perusahaan dengan orientasi pasar tinggi menilai kualitas produknya relatif lebih baik.

Semangat kerja dan komitmen karyawan. Pengaruh orientasi pasar terhadap karyawan dapat dijelaskan me­ lalui aktivitas­aktivitas yang biasanya dilakukan. Di perusahaan yang berorientasi pasar, aktivitas koordinasi antardivisi akan lebih banyak dan lebih sering dilakukan. Masing­masing bagian di peru­ sahaan melakukan upaya untuk menganalisis data dan informasi yang relevan untuk memenuhi keinginan dan harapan nasabahnya. Koordinasi yang baik dapat diwujudkan jika komunikasi intraor­ ganisasional berlangsung dengan baik. Komunikasi yang intens ini secara tidak langsung mempererat hubungan antarpersonal dan an­ tarbagian, sehingga ada pemahaman yang baik tentang rekan kerja di dalam perusahaan. Kondisi ini akan mendorong karyawan ber­ sikap posisitf dan puas terhadap situasi kerja. Hal ini berdampak pada keeratan hubungan dan kebersamaan dalam bekerja. Peneli­tian Jaworski dan Kohli menunjukkan bahwa semakin tinggi orien­ tasi pasar perusahaan, semakin tinggi semangat karyawan kepada korps dan kepuasan kerja (Jaworksi & Kohli, 1993).

Manfaat orientasi pasar! - Keinovasian perusahaan. Perusahaan, termasuk Bank yang berorientasi pasar akan terdo­ rong untuk selalu mencari ide­ide baru dan pemikiran inovatifguna memenuhi kebutuhan dan keinginan nasabah. Studi yang dilaku­ kan di China menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap keinovasian (Liu & Su, 2014). Modifikasi produk, inovasi layanan, dan kreativitas dalam komunikasi pemasaran akan banyak terjadi pada perusahaan yang berorientasi pasar.

Mengapa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja bis­ nis? Hal ini dapat dijelaskan dari studi Ngo dan O’Cass yang membuk­ tikan bahwa orientasi pasar mampu mendorong perusahaan memiliki sumber daya pemasaran dan kapabilitas pemasaran perusahaan. Sema­ kin tinggi orientasi pasar perusahaan, semakin baik sumber daya dan kapabilitas pemasarannya (Ngo & O’Cass, 2012).

Terimakasih telah membaca Manfaat orientasi pasar!.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Manfaat orientasi pasar!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel