MINIMALKAN EKSPEKTASI

fawaz.id


HILANGKAN RASA TAKUT !


Takut gagal, takut mengambil risiko, takut tak punya modal. Semua itu kerap dirasakan pebisnis pemula. Menurut Bob Sa dino, untuk menjadi pengusaha harus berani menghilangkan semua ketakutan itu.

Memang benar, menjadi pengusaha sangat berbeda de ngan karyawan yang sudah pasti gajian setiap bulan. Menja di pengusaha berarti Anda bergelut dengan ketidakpastian. Apakah setiap bulan ada uang masuk atau apakah bulan beri kutnya Anda bangkrut? Semua itu harus dihadapi, bukan dija dikan penghalang utama.

JANGAN BANYAK RENCANA


Banyak orang berpikir untuk memulai bisnis, seseorang harus belajar dan bersekolah bisnis terlebih dulu. Minimal ia paham ilmu ekonomi dan marketing. Menurut Bob justru itu adalah kesalahan.

Semakin banyak rencana, maka akan semakin lama orang memulai. ”Bisnis ada rencana A, rencana B, bahkan sampai rencana Z. Kalau gagal di rencana A, pakai rencana B, begitu seterusnya. Dan jika gagal semua, maka tidak ada yang jadi. Bisnis kok ribet, sudah jangan banyak rencana!” demikian sa ran Bob Sadino.

TAKE ACTION!


Kunci sukses adalah menjadi goblok, tidak banyak mikir tapi banyak action! Menurut Bob Sadino, kebanyakan mikir tidak akan membuat Anda berhasil, tapi justru akan membuat Anda stress! Cukup Lakukan dan Kerjakan! Seperti tagline sebuah iklan sepatu terkenal,JUST DO IT!

MINIMALKAN EKSPEKTASI


Ini yang unik dari Bob Sadino. Bahkan dalam bukunya ia me nulis ketika berbisnis, ia selalu berharap rugi. Pastinya ini hal yang aneh. Mana ada orang berbisnis mau rugi, harapannya pasti mendapat untung.

Bob juga mengatakan “Ketika berbisnis saya berharap rugi. Apakah saya rugi terus? Tentu kadang untung kadang juga rugi. Begitu juga yang berharap untung, Apa untung te rus? Kadang-kadang juga rugi kan? Ya sama saja. Ketika Anda berharap banyak, maka Anda akan kecewa besar. Berharap meski sedikit, Anda tetap akan kecewa! Maka dari itu, jangan mengharap!

KEMAUAN DAN TEKAD BULAT


Untuk benar-benar menjadi pengusaha harus punya kemau an. Meskipun begitu ternyata kemauan saja belum cukup! Ha rus punya tekad bulat, sebab menjadi pengusaha tidak mudah dan banyak rintangannya! Jika kita sudah punya tekat yang benar-benar bulat, tentu tak ada rintangan yang berat. Semua itu hanyalah proses yang harus dilalui untuk benar-benar menjadi pengusaha.

TAHAN BANTING, JANGAN CENGENG


Ada kalanya seseorang yang ingin berbisnis, belum apa-apa sudah bingung akan modal. Ketika sudah memiliki modal, ma lah bingung mau berbisnis apa? Saat modal sudah ada, jenis bisnis sudah ditentukan, ia bingung mencari cara pemasaran. Wah, pebisnis seperti ini mungkin sebaiknya mencari pekerja an lain saja, tidak usah menjadi pengusaha.

Menjadi seorang pengusaha berarti sikap dan mental Anda akan benar-benar diuji. Seorang pengusaha yang benar benar sukses bukan karena kepintarannya, modalnya, ataupun bisnisnya, akan tetapi lebih dari itu. Sikap dan mental yang benar-benar matang bak intan berlian mahal nilainya.

BERSYUKUR PADA SANG PENCIPTA


Bob Sadino selalu mengatakan, ketika Anda sudah selesai dan mendapatkan semua keinginan Anda, bersyukurlah pada sang pencipta! Jangan lupa, semua sukses bukan hanya kare na usaha Anda semata. Semua itu tak akan pernah bisa tanpa doa orang-orang tercinta serta izin dan kuasa-Nya.

Dan yang perlu digaris bawahi pesan penting dari Bob Sadino adalah: “Aset terbesar yang tidak ternilai yang ada pada dirimu adalah KEBEBASAN”

Selamat jalan Bob Sadino.

Terima kasih atas motivasi-motivasinya yang selalu mem buat kami semangat menjadi pengusaha sejati. Semoga akan selalu menjadi amal jariah yang selalu mengalir pahalanya. Se moga Indonesia segera memiliki pengusaha sebanyak lebih dari 2% seperti yang dicita-citakan almarhum Bob Sadino.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "MINIMALKAN EKSPEKTASI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel