Pahami pembangunan jaringan dan manfaatnya!

fawaz.id


Pahami pembangunan jaringan dan manfaatnya!


Ada orang yang tidak suka membangun jejaring, ada juga yang berkembang pesat karenanya. Jika ingin sukses dalam menjual, Anda tidak-bisa-tidak harus membangun jejaring. Di sinilah Anda bisa mendapatkan kontak dan rujukan yang akan mendatangkan setumpuk penjualan baru.

Saya pikir, masalah terbesar yang dihadapi banyak orang adalah rasa canggung saat berada dalam lingkungan membangun jejaring: Apa yang akan saya katakan? Saya tidak kenal siapa- siapa. Apa saya akan terpaksa mendengarkan cerocos orang yang membosankan?

Seiring dengan makin tidak efektifnya iklan, kita harus membawa pesan kita ke lapangan. Kegiatan membangun jejaring adalah cara untuk berinteraksi langsung agar kita bisa mempresentasikan produk atau jasa kita ke konsumen potensial. Saya sedikit rewel terhadap urusan ketika akan membangun jejaring, hanya karena waktu yang terlalu berharga tidak ingin saya hambur-hamburkan. Beberapa acara yang sedikit disamarkan sebagai acara membangun jejaring sebenarnya hanyalah alasan untuk pesta minum-minum. Acara lainnya dipenuhi oleh tipe orang yang salah untuk jenis bisnis saya. Beberapa acara diselenggarkan begitu buruk sehingga Anda tidak bisa berharap untuk mendapatkan kontak yang layak. Oleh sebab itu, saya selalu melakukan pekerjaan rumah: menyelidiki acara “membangun jaringan” yang ingin saya hadiri. Saya ingin tahu siapa yang akan ada di sana, format acara malam itu, tempat acara dan informasi relevan lainnya yang bisa memberi tahu, apakah acara itu akan bermanfaat atau tidak.

Tak diragukan bahwa semakin banyak orang yang Anda temui, semakin banyak petunjuk penjualan yang akan Anda dapatkan. Namun, ada banyak jenis kesempatan membangun jejaring ada yang terstruktur, ada yang informal. Nasihat saya sederhana saja:

1. Hadiriacaraapapun,tetapisebelumnyaperlumempersiapkan diri agar paham apa yang Anda kerjakan dan tanyakan pada orang lain di acar tersebut.

2. Cari persamaan antara Anda dan lawan bicara, yang memungkinkan Anda bisa melakukan bisnis bersama dengannya.

3. Selalu bawa kartu nama dan brosur.

4. Selalu bawa buku dan pena untuk membuat catatan yang akan membantu Anda dalam menindaklanjuti orang-orang yang Anda temui.

5. Setiap kali percakapan tersendat, ajukan pertanyaan terbuka seperti: Ceritakan tentang industri Anda? Bagaimana Anda bisa sampai masuk ke industri ini? Menurut Anda mengapa produk/jasa Anda bisa sesukses ini?

6. Beredar Anda di sana untuk bertemu dengan orang-orang baru. Hindari menghabiskan waktu hanya dengan orang yang sudah Anda kenal atau orang yang itu-itu saja.

7. Jangan terlalu banyak minum.

Terima konsep membangun jejaring, Anda tidak akan pernah kekurangan petunjuk penjualan. Ingat untuk memilih acara- acara yang akan Anda hadiri dengan bijak dan selalu persiapkan diri.

Menampilkan produk anda kehalayak ramai!


Akhirnya sudah tiba saatnya untuk mempresentasikan produk Anda pada konsumen potensial. Kadangkala, untuk mencapai tahap ini saja sudah merupakan suatu tantangan, tapi pekerjaan yang sulit akan segera dimulai.

Mempresentasikan dan mempromosikan produk ada seninya tersendiri, dan ada banyak buku yang didedikasikan untuk subjek ini. Saya akan membagi beberapa ide kunci yang akan membantu meningkatkan kesuksesan presentasi Anda dan memberikan Anda lebih banyak penjualan.

Lakukan sesuatu untuk mendapatkan kesan!


Belum lama ini, seorang perwakilan penjualan datang untuk memberi tahu saya tentang serangkaian printer baru. Saya tidak menyangka akan tergugah oleh presentasinya. Kebetulan saya memang sedang membutuhkan printer baru yang berteknologi tinggi. Dia telah melakukan pekerjaan rumahnya. Dia mengumpulkan informasi dari manajer kantor saya tentang jenis cetakan yang kami lakukan, jenis mesin yang kami perlukan, volumenya, dan lain-lain. Jadi, dia tidak perlu banyak bertanya pada saya. Setelah beberapa menit obrolan pendahuluan, dia mengeluarkan alat pengatur waktu yang digunakan untuk merebus telur, tipe kuno yang ada pasir di bagian tengahnya. Dia meletakkannya di atas meja dan berkata, “Dalam waktu yang diperlukan untuk merebus telur, saya akan memberikan lima alasan yang sangat menarik untuk membeli mesin ini dari saya hari ini.”

Dia jelas mendapatkan perhatian saya! Saya bersandar di kursi dan bertanya-tanya bagaimana dia akan meyakinkan saya untuk membeli printer seharga $10.000 dalam waktu tiga menit. Dia melanjutkan:

Alasan 1 Printer ini telah dipilih sebagai yang terbaik dalam kelasnya oleh 100 perusahaan terkemuka di dunia.

Alasan 2 Kami telah membuat paket khusus sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan satu sen pun untuk merawat printer ini selama usia pakainya.

Alasan 3 Saya sudah menghitung bahwa berdasarkan beban kerja printer Anda yang sekarang, mesin ini akan membantu Anda menghemat $3.000 per tahun.

Alasan 4 Sebelumnya, kami telah setuju untuk memberikan Anda paket finansial. Yang berarti, Anda bisa membayar cicilan bulanan yang jumlahnya kecil selama Anda menginginkan mesin ini, dan tidak ada syarat periode minimal yang mewajibkan Anda menggunakan printer ini selama periode tertentu.

Alasan 5 Saya membawa satu printer ini di mobil van luar sana dan seorang staf siap memasang dan menginstalasinya sekarang juga. Hanya dibutuhkan satu tanda tangan, maka transaksi ini selesai.

Menurut Anda, apa saya membeli printer itu? Tentu saja. Dan perusahaan itu menepati semua janjinya. Kebanyakan penjual memberikan presentasi kuno yang membosankan. Mereka melakukan apa yang selama ini mereka lakukan dan hasilnya menjemukan dan tidak efektif. Saya menyarankan Anda mencari cara untuk membuat presentasi Anda bisa meninggalkan kesan yang mendalam. Buatlah sesuatu yang lain daripada yang lain, ambil risiko, dan tonjolkan diri Anda.

Untuk catatan, saya menanyakan perwakilan penjualan itu berapa rasio keberhasilan presentasinya. Dia bisa menjual printer ke sembilan dari setiap sepuluh orang yang ditemuinya. Nah, ini baru mengesankan.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Pahami pembangunan jaringan dan manfaatnya!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel