Pastikan agar segalanya dibuat tertulis

fawaz.id


Pastikan agar segalanya dibuat tertulis 


Era persetujuan hanya dengan berjabat tangan sedihnya telah berakhir. Jika Anda menemukan banyak persetujuan bisnis Anda yang dibuat hanya secara lisan dan tidak ada bukti tertulis, Anda harus meninjau ulang cara Anda berbisnis.

Saya telah bekerja keras mengembangkan sistem yang melindungi kami dan perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan kami. Jika segalanya dibuat secara tertulis dan kedua pihak menyimpan salinannya, maka sebenarnya tidak ada ruang untuk penyanggahan di kemudian hari. Seperti banyak hubungan lainnya, segalanya mungkin baik-baik saja pada tahap awal, tapi jika hubungan itu memburuk, Anda harus memiliki dokumen yang bisa melindungi Anda.

Semua persetujuan dengan pemasok, staf, konsumen, pengacara, dan sebagainya, harus dikonfirmasi secara tertulis. Kebiasaan bagus lain yang harus dimiliki adalah menuliskan ikhtisar rapat dan diskusi dalam buku harian Anda. Jika di masa depan terjadi perselisihan, buku harian Anda bisa diserahkan sebagai bukti. Saya harus memberikan bukti dalam urusan hukum beberapa tahun lalu dan saya menyerahkan buku harian saya yang menguraikan rapat pada tanggal tertentu, apa yang didiskusikan dan segala tindak lanjutnya.

Inti dari kiat ini adalah untuk mendorong Anda menuliskan semua informasi yang mungkin akan menjadi penting di kemudian hari. Arsipkan di tempat yang Anda tahu bisa Anda temukan jika memerlukannya. Simpan buku harian Anda yang lama. Saya memiliki buku harian sejak 12 tahun lalu. Kini saya menggunakan buku harian saya untuk mencatat segala hal yang bisa disengketakan di kemudian hari.

Kiat pribadi


Selain aktivitas bisnis sehari-hari yang harus kita hadapi, ada banyak perangkap pribadi yang bisa kita temui dalam bisnis. Banyak di antaranya yang bisa mempengaruhi kesuksesan bisnis secara keseluruhan, sehingga kita harus mempertimbangkannya jika ingin mendongkrak perkembangan bisnis.

Bab ini menyoroti aspek-aspek menjalankan bisnis yang bisa berdampak pada diri Anda secara pribadi, mencakup stres dan kelesuan, mengelola kehidupan rumah tangga dan bisnis, dan bentuk pengembangan sederhana yang akan bermanfaat bagi Anda dan bisnis Anda. Ide-ide yang akan kita bahas dalam bab ini sebagai berikut.

Mulai bisnis dengan merasa segar dan sehat


Saya sangat suka memulai bisnis atau proyek baru dengan perasaan segar dan sehat. Untuk bisa bertahan dan membangun fondasi yang kuat, Anda membutuhkan pikiran yang jernih dan tubuh dengan energi yang cukup untuk menjalankan perintah Anda.

Tahap awal suatu bisnis baru bisa sangat menyenangkan. Selalu ada banyak yang harus dikerjakan, dan perhatian Anda harus dipusatkan pada berbagai area, yang seringkali membutuhkan keterampilan dan keahlian di luar pengalaman hidup normal Anda sehari-hari. Ini juga merupakan saat-saat yang sangat menantang, dan dalam banyak aspek juga menyulitkan, apalagi jika Anda mulai memiliki pikiran negatif terutama tentang semua uang yang Anda keluarkan untuk mendirikan bisnis.

Oleh sebab itu, Anda harus merasa sehat, baik secara mental maupun fisik. Jika Anda memulai dengan perasaan lelah, kemungkinan besar Anda hanya akan merasa lebih buruk lagi seiring dengan berjalannya waktu. Anda harus jeli dan fokus, dan memiliki rencana penyerbuan yang jelas. Keahlian dalam pekerjaan penting untuk dimiliki dalam mendirikan bisnis yang sukses, tapi stamina dan pikiran jernih juga sama pentingnya.

Saya melihat banyak orang yang menjalankan bisnis kecil dengan lesu, bergerak tanpa antusiasme atau gairah. Menurut pengalaman saya, konsumen tidak suka berhubungan dengan orang-orang seperti ini karena mereka terkesan negatif.

Jika Anda berhenti dari pekerjaan lama Anda di hari Jumat dan memulai bisnis Anda sendiri di hari Senin, maka Anda mungkin akan menghadapi masalah. Istirahatlah, olah raga dan makan yang benar. Bangun diri Anda sehingga saat memulai bisnis, Anda akan tahan banting dan penuh antusias terhadap proyek yang akan Anda kerjakan.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Pastikan agar segalanya dibuat tertulis "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel