Pendapatan tambahan usaha ekstra!

akurat.me


Pendapatan tambahan usaha ekstra!


Belakangan ini akuntan saya mengenalkan ide yang saya yakin bisa dimanfaatkan berbagai tipe bisnis lainnya. Ia menjelaskan karena semakin ketatnya peraturan departemen perpajakan, beberapa kliennya diaudit setiap tahun. Ini bukan hal di luar kebiasaan, hanya caranya saja yang berbeda. Adil halnya jika Anda berbisnis dan suatu saat Anda diaudit.

Saat seorang klien diaudit, ada banyak pengeluaran terutama tagihan dari akuntannya yang harus menghabiskan banyak waktu memilah-milah catatan dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh departemen perpajakan. Jadi, di atas denda yang mungkin mereka terima, klien juga menerima tagihan beberapa puluh juta dari akuntan. Ini merupakan pengalaman tak menyenangkan bagi semua pihak yang terlibat.

Akuntan saya memperkenalkan ‘asuransi audit’. Artinya, sebagai klien Anda dapat membayar beberapa juta per tahun dan jika Anda sampai diaudit, semua tagihan akuntan Anda akan dijamin oleh asuransi ini. Karena semakin tingginya kemungkinan terjadi audit, asuransi seperti ini menjadi sangat luar biasa.

Akuntan saya mendanai sendiri asuransi ini. Semua uang yang dikumpulkan dari kebijakan tersebut disatukan. Jika ia punya banyak klien yang diaudit, boleh jadi ia ‘kalah’. Tapi jika klien yang diaudit hanya sedikit, ia berhasil mendapatkan pemasukan. Dan sekali lagi, semua orang menjadi pemenang. Sebagai klien, saya lega karena saat diaudit saya tidak perlu was-was mendapati tagihan akuntan dalam jumlah besar. Saya juga yakin bahwa ini merupakan layanan luar biasa. Jika akuntan saya berhasil mendapatkan beberapa rupiah, baik juga untuknya karena sudah memiliki inisiatif bagus.

Mungkin, ada banyak ide seperti ini yang dapat diterapkan ke bisnis Anda. Tidak saja menghasilkan pendapatan eksta bagi bisnis, tetapi juga akan memberikan ketenangan tersendiri bagi pelanggan Anda. Saya punya seorang teman di industri persewaan mobil yang mengatakan bahwa mereka kerap menghasilkan uang yang lebih banyak dari asuransi ketimbang dari persewaan mobil. Kuncinya di sini adalah, Anda menanggung risiko di pihak pelanggan secara gratis.

Saya pernah melakukan perjalanan menyaksikan ikan paus di Boston, AS beberapa tahun lalu. Perusahaan tersebut membuat pernyataan berani. Jika Anda tidak melihat ikan paus muncul, mereka bersedia mengembalikan setengah dari uang yang sudah Anda keluarkan. Ini benar-benar tawaran yang adil. Dan karena tidak ada perusahaan lain yang memberikan penawaran sama, saya pun menggunakan perusahaan ini dan melihat sekitar tiga puluh ikan paus. Saya diberitahu bahwa di setiap perjalanan dengan perusahaan ini, mereka selalu melihat ikan paus. Jadi bagi perusahaan, penawaran ini cukup aman.

Saya pernah melihat ide asuransi yang kurang lebih sama di Borneo: Anda bisa mengikuti perjalanan memancing cukup dengan biaya 1 juta. Jika Anda bersedia membayar lagi 100 ribu, Anda mendapat jaminan 100 % uang kembali jika Anda tidak mendapatkan satu ikan pun. Mereka membayar asuransinya sendiri. Saya ingin tahu siapa pemilik bisnis ini dan saya bertanya berapa banyak klaim asuransi yang diterimanya. Ia menjawab, ada 5 orang yang mengklaim asuransi dalam sepuluh tahun belakangan (‘mereka tidak dapat menangkap ikan di dalam tong dengan bazooka’), dan hampir 90 % penumpangnya bersedia membayar tambahan 100 ribu tersebut. Pebisnis cerdas ini telah menaikkan pendapatannya sebesar 10 %, hanya dengan pengeluaran yang sangat kecil. Saya tidak mungkin berkesimpulan bahwa orang orang yang pergi memancing itu hanya lantaran ada penawaran asuransi semacam itu.

Masih tak jauh dari kelautan, saya ingat pernah pergi menyelam di Vanuatu, yang airnya memang sangat jernih (tembus pandang). Jika jarak pandang di air itu turun kurang dari 20 meter, Anda boleh menyelam gratis. Asuransi ini seharga 200 ribu per hari. Tapi sebagai penggemar menyelam, mana mungkin saya menolak penawaran ini? Sekali lagi, sang pemilik mengatakan bahwa terkadang cuaca buruk membuat mereka harus memberikan selam gratis. Namun, si pemilik lebih sering menang karena normalnya tingkat visibilitas air di atas 50 meter. Bisnis ini mampu menaikkan pendapatan sebesar hampir 25 % hanya dengan mengenalkan asuransi baru.

Satu-satunya hal yang cukup berbahaya di bidang ini adalah memastikan bahwa Anda sangat sangat jelas tentang apa yang dijamin asuransi dan bagaimana Anda akan mengukurnya. Seperti yang diungkapkan akuntan saya, jika saya mendatanginya sembari menghisap cerutu Kuba dan menenteng koper berisi tagihan tagihan belum tertandai, kemungkinan besar ia akan menghadapi masalah. Pastikan penawaran Anda benar-benar jelas. Ingat, jika Anda mengambil uang dari orang lain, mereka pasti berharap ada sesuatu sebagai imbal baliknya. Pastikan memberikan itu kepada mereka.

Di sisi baiknya, mungkin Anda dapat menaikkan bisnis cukup dengan menawarkan layanan atau asuransi baru yang benar-benar tidak akan membangkrutkan Anda.

akurat.me

Belum ada Komentar untuk "Pendapatan tambahan usaha ekstra!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel