Tawarkan berdasarkan hasil!

akurat.me


Tawarkan berdasarkan hasil!


Banyak pemilik bisnis percaya bahwa menggaji seseorang itu sudah merupakan insentif sehingga mereka harusnya sudah menunjukkan kinerja yang maksimal. Sayangnya, bukan seperti inilah yang terjadi. Hampir semua bisnis dapat meningkatkan pendapatannya secara dramatis jika stafnya menjual produk lebih banyak. Begitu staf Anda tahu bagaimana caranya menjual, cobalah berikan insentif kepadanya bisnis Anda akan menerima untung. Insentif dapat diberikan dalam tiga bentuk, yaitu uang, pengakuan, dan jabatan.

a. Uang. Tawarkan semacam tunjangan uang kepada staf jika ia berhasil mencetak penjualan lebih banyak. Saya pernah bekerja di beberapa perusahaan yang sebagian stafnya mendapatkan gaji plus komisi, sementara sebagian lainnya hanya mendapatkan gaji. Tentunya, staf yang mendapatkan gaji plus komisi memiliki prestasi penjualan yang jauh lebih baik. Realitas dari situasi ini adalah secara umum orang lebih memikirkan keuangan pribadinya ketimbang keuangan perusahaan tempat mereka bekerja ini sangat manusiawi. Jika Anda dapat menyusun sebuah insentif uang bagi staf berdasarkan kinerja mereka, Anda akan terkejut melihat peningkatan penjualan yang terjadi.

b. Pengakuan. Implementasikan skema ‘Staf Bulan Ini’. Jika bisnis Anda tidak memiliki program pengakuan seperti ini, pertimbangkan untuk memulainya. Riset kerap membuktikan bahwa orang ingin dianggap penting. Anda dapat melakukan hal ini dengan mengatakan terima kasih atas kerja yang luar biasa. Lebih baik lagi jika Anda dapat memberikan hadiah atau semacamnya. Sekali lagi, perhatikan perusahaan besar seperti McDonald. Kapan pun Anda masuk ke sana, akan selalu terpampang foto staf terbaik bulan itu dengan posisi yang cukup tinggi. Bayangkan betapa bangganya staf tersebut.

Saya telah melihat perusahaan memberikan penghargaan besar kepada staf yang prestasinya luar biasa. Sebuah hotel besar yang saya kenal menawarkan tempat parkir terbaik di gedung itu bagi staf terbaik bulan itu. Tempat itu menjadi miliknya selama sebulan penghargaan. Penawaran lain bagi staf terbaik ini adalah bebas memilih giliran jaga (shift) selama sebulan penuh. Sebagian perusahaan menawarkan paket perawatan diri seperti pijat, potong rambut, menikur, atau pedikur bagi staf berprestasi bulan tersebut. Kunci di dalam menawarkan hadiah pengakuan keberhasilan ini adalah penyesuaian terhadap bisnis Anda. Bisa sesuatu sederhana, misalnya dua tiket nonton bioskop atau sekotak cokelat sebagai ucapan terima kasih akan memiliki efek yang sangat langgeng.

c. Jabatan. Banyak staf termotivasi oleh kenaikan posisi di dalam perusahaan. Pemberian tanggung jawab yang lebih besar kerap menjadi motivasi besar bagi mereka. Sayangnya, hampir semua pebisnis menghabiskan separuh hari kerjanya berusaha mengurangi beban tanggung jawabnya untuk mengurangi stres. Karena inilah, mereka lupa bahwa banyak di antara stafnya ingin sekali mendapatkan tanggung jawab lebih. Saya kerap melihat anggota staf menengah berubah menjadi anggota staf penting begitu mereka diserahi tanggung jawab. Jika seseorang melakukan pekerjaan dengan baik dan layak mendapatkan pengakuan, beri mereka jabatan. Hampir semua orang menyukai jabatan dan tanggung jawab yang melekat padanya. Daripada tetap menjadi SPG, Anda bisa memberinya jabatan misalnya Senior Sales Executive. Belakangan, jabatan ‘Direktur’ bahkan sudah sangat populer. Perusahaan besar memiliki ‘Direktur Penjualan dan Pemasaran’, ‘Direktur Operasi’, dan ‘Direktur Administrasi’.

Jika staf Anda senang, mereka akan mencetak penjualan lebih banyak lagi dan akan memberikan layanan lebih baik kepada para pelanggan. Jadinya, semua orang pun menang.

akurat.me

Belum ada Komentar untuk "Tawarkan berdasarkan hasil!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel