Tujuan perilaku organisasi!

fawaz.id


Tujuan perilaku organisasi!


Perilaku mengacu pada apa yang dilakukan individu serta bagaimana sikap dan perilaku mereka. Sedangkan organisasi adalah suatu unit sosial yang terstruktur, terdiri dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam pencapaian tujuan kolektif. Perilaku Organisasi merupakan suatu bidang studi yang mengkaji bagaimana individu, kelompok, dan struktur memengaruhi dan dipengaruhi oleh perilaku dalam organisasi. Studi ini sering diterapkan untuk mengatasi isu-isu di tempat kerja, seperti motivasi, produktivitas-kinerja, bekerja dalam kelompok, kepuasan kerja hingga manajemen konflik. Para pemimpin atau manajer sering menerapkan pengetahuan yang diperoleh dari penelitian Perilaku Organisasi untuk membantu mereka dalam mengelola organisasi secara lebih efektif.

Perilaku Organisasi merupakan suatu studi yang sangat menarik. Kajian ini berkaitan dengan perilaku yang diharapkan dari seorang individu dalam organisasi. Studi ini menjadi lebih menantang ketika faktor-faktor situasional juga turut berinteraksi. Tidak ada dua individu yang cenderung berperilaku dengan cara yang sama dalam situasi kerja tertentu. Hal ini menjadi prediktabilitas seorang manajer tentang perilaku individu karena tidak ada yang absolut dalam perilaku manusia.

Pimpinan harus mampu menjelaskan, memprediksi, mengevaluasi dan me-modifikasi perilaku individu/ bawahan. Sebagian besar proses tersebut akan tergantung pada pengetahuan, keterampilan dan pengalaman yang bersangkutan dalam menangani kelompok besar orang dalam situasi yang beragam. Sistem nilai, kecerdasan emosional, budaya organisasi, desain pekerjaan dan lingkungan kerja adalah sebagian determinan penting dalam menentukan perilaku manusia.

Tujuan perilaku organisasi! - Namun, studi ini sebenarnya juga dapat dimanfaatkan oleh semua orang. Apalagi tidak sedikit pegawai/karyawan yang memiliki peran kepemimpinan informal. Mereka sering diharapkan untuk memainkan peran yang lebih proaktif dalam mencapai keberhasilan organisasi. Perilaku Organisasi pun tidak hanya bagi para pimpinan dan pegawainya. Bahkan wiraswasta yang berbisnis secara individu juga pasti berinteraksi dengan individu dan organisasi lain sebagai bagian dari bidang pekerjaan mereka. Perilaku Organisasi berlaku sama, baik untuk semua situasi di mana kita berinteraksi dengan orang lain, berbagi pengalaman, bekerja pada tujuan, atau bertemu untuk memecahkan masalah.

Studi Perilaku Organisasi bukan tergantung pada perlakuan yang berdasarkan insting, tetapi pada upaya untuk mengumpulkan informasi yang bermanfaat tentang permasalahan secara ilmiah. Menggunakan informasi dan menafsirkan temuan sehingga perilaku individu dan kelompok dapat diarahkan sesuai dengan harapan. Para psikolog, ilmuwan dan akademisi sosial telah melakukan penelitian tentang berbagai isu terkait dengan perilaku organisasi. Kinerja dan kepuasan kerja pegawai merupakan penentu keberhasilan tujuan individu dan organisasi.

Definisi dan ruang lingkup!

Tujuan perilaku organisasi! - Sebagai studi, maka Perilaku Organisasi dampak individu, kelompok dan struktur perilaku dalam organisasi tujuan menerapkan pengetahuan tersebut organisasi. Definisi tersebut memiliki 3 (tiga) unsur utama: pertama, perilaku organisasi merupakan suatu studi investigasi individu dan kelompok, kedua, dampak struktur organisasi pada perilaku manusia dan ketiga, penerapan pengetahuan untuk mencapai efektivitas organisasi. Faktor-faktor yang interaktif dan dampak dari perilaku seperti itu diterapkan pada berbagai sistem untuk mencapai tujuan. Sifat studi perilaku organisasi adalah investigasi untuk membangun hubungan sebab-akibat.

Adapun ruang lingkup perilaku organisasi dapat meliputi sebagai berikut:

1. Desain organisasi yang efektif

2. Dampak kepribadian dan nilai pada kinerja

3. Dinamika kelompok

4. Motivasi pegawai

5. Kepemimpinan

6. Komunikasi efektif

7. Dampak budaya pada perilaku organisasi

8. Manajemen konflik

9. Pengambilan keputusan

10. Pengembangan organisasi

11. Kekuasaan dan politik

Terimakasih telah membaca Tujuan perilaku organisasi!.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Tujuan perilaku organisasi!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel