5 Cara mengelola masalah keuangan

fawaz.id


5 Cara mengelola masalah keuangan 


Ada dua jenis bisnis bisnis yang pernah mengalami masalah keuangan dan bisnis yang akan mengalami kesulitan keuangan. Sudah menjadi fakta bahwa dalam berbisnis, cepat atau lambat, Anda akan menghadapi masalah keuangan. Teman baik saya telah berbisnis selama lebih dari 30 tahun. Kira-kira lima tahun yang lalu, di usia 55 tahun, ia hampir jatuh bangkrut. Saya takjub dengan betapa tenangnya ia menceritakan kisah ini. Saat ini, ia adalah pemegang saham utama dan CEO dalam sebuah perusahaan beromzet $300 juta per tahun. Itulah sifat bisnis yang berubah-ubah. Selama bertahun tahun, kondisi keuangan bisnis saya pernah mengalami pasang surut dan saya duga ini masih akan terus berlanjut. Oleh sebab itu, saya telah mempelajari beberapa hal tentang cara menghadapi masalah keuangan.

Berikut adalah beberapa petunjuk untuk menghindari masalah keuangan:


  1. Simpan catatan yang lengkap dan pekerjaan ahli pembukuan yang hebat. Ketahui berapa tepatnya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Anda per hari, per bulan, dan per tahun. Dari angka ini, Anda akan mengetahui berapa target yang harus dicapai. 
  2. Belajar mengelola arus kas Anda. Anda akan rugi jika tidak bisa mengelolanya dengan baik.  
  3. Jangan menggunakan uang sebelum menerimanya. Anda belum memilikinya sebelum uang itu ada dalam rekening Anda. 
  4. Cari tahu apakah Anda mendapatkan keuntungan dari produk atau jasa yang Anda jual. Anda mungkin mengira bahwa Anda mendapat laba, tapi setelah diperiksa lebih cermat, mungkin Anda menemukan bahwa faktanya tidak demikian. 


Jika Anda benar-benar mengalami masalah keuangan, yang artinya Anda mengalami kesulitan melunasi tagihan, kelima petunjuk berikut akan membantu Anda keluar dari mara bahaya:

  1. Jujurlah pada diri sendiri tentang situasi yang ada. Jangan mengabaikannya atau meyakini bahwa sebuah keajaiban akan terjadi dan memperbaiki segalanya. Semakin cepat Anda menghadapinya, semakin baik. 
  2. Minta nasihat. Penasihat profesional tidak akan menghakimi Anda, tugas mereka adalah membantu Anda. Selalu ada pilihan, bahkan jika saat ini Anda merasa tidak punya pilihan. 
  3. Bicara dengan teman atau mentor bisnis kemungkinan besar mereka juga pernah mengalami hal yang sama dan mungkin bisa memberikan informasi yang sangat praktis dan membantu. Selain itu, akan sangat membantu jika Anda bisa membicarakan masalah Anda dengan orang lain. 
  4. Komunikasikan situasi Anda dan apa yang akan Anda lakukan untuk mengatasinya pada para kreditor Anda. 
  5. Biasanya Anda akan menemukan bahwa Anda punya dua pilihan yang sangat sederhana kurangi pengeluaran atau tingkatkan pemasukan. Idealnya, lakukan keduanya. Mengelola masalah keuangan seringkali menjadi jauh lebih mudah karena Anda hanya perlu fokus pada dua area sederhana ini saja. 

Dan ingat: mengkhawatirkan tentang uang tidak ada gunanya kecuali membuat Anda sakit maag dan menambah uban di kepala Anda yang jelas tidak akan mendatangkan uang.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mengelola masalah keuangan ?

Jika uang tidak menjadi masalah bagi Anda, selamat! Namun, jangan terlalu berpuas diri. Jika Anda benar-benar mengkhawatirkan keuangan Anda, ikuti petunjuk saya dan ambil tindakan. Percayalah pada saya, Anda akan merasa jauh lebih baik jika mengetahui bahwa Anda mengambil langkah proaktif untuk mengatasi situasi tersebut.

Terimakasi telah membaca Cara mengelola masalah keuangan.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "5 Cara mengelola masalah keuangan "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel