Bisnis Anda itu harus mencolok dibanding bisnis lainnya!

telset.me


Bisnis Anda itu harus mencolok dibanding bisnis lainnya!


Unggul di antara yang sudah ada itu merupakan aspek penting dan salah satu fondasi utama dari strategi pemasaran apa pun. Pada masa sekarang ini, orang disuguhi banyak sekali pilihan. Dengan adanya internet, pilihan itu semakin bertambah lagi. Jika orang tidak dapat menemukan nomor Anda dengan mudah atau Anda tersembunyi di antara para kompetitor, Anda berada dalam masalah. Anda harus menyampaikan pesan yang sangat jelas bahwa ‘saya di sini, saya siap, ingin, dan dapat memberikan layanan’, dan lebih penting lagi bahwa Anda sangat mahir di bidang yang Anda tekuni. Ada banyak sekali cara untuk meningkatkan peluang Anda tampil mencolok dibanding yang lain, di antaranya:

Promosikan bisnis Anda dari luar ke dalam.

Promosikan bisnis Anda dengan penuh rasa bangga, bubuhkan papan nama di dinding. Saya pernah menangani perusahaan desain grafik besar yang memiliki kantor megah di salah satu simpang jalan tersibuk di kota. Mereka punya dinding besar yang terlihat dari sudut mana saja, tetapi sayang tidak memasang tanda apa pun di atasnya. Akhirnya, mereka pindah lantaran bisnisnya suram. Jika saja mereka mau menyisihkan beberapa juta untuk papan usaha sederhana, hasilnya pasti akan jauh lebih baik.

Papan nama luar-ruangan mampu memberikan efek non-stop: tujuh hari seminggu, 24 jam sehari, tak peduli kantor Anda sedang buka atau tidak. Manfaatkan media ini semaksimal mungkin. Jangan lupa soal regulasi pemerintah daerah setempat tentang peraturan pemasangan papan usaha, terutama mengenai ukurannya. Patuhi regulasi ini, tetapi buat papan usaha Anda sebesar yang diizinkan. Jangan membuat yang terlalu sesak, cukup beberapa kata yang menggarisbawahi bisnis Anda dan waktu bukanya. Buat warna yang mencolok dan periksa secara detail jangan sampai terjadi salah eja ataupun tata bahasa.

Saya pernah memiliki Sekolah Menyelam SCUBA. Suatu hari, saya meletakkan sebuah boneka di atap, lengkap dengan peralatan menyelam, dan terlihat sangat nyata. Jangkauan dan paparan yang diberikan boneka ini kepada bisnis saya cukup luar biasa karena suatu malam, boneka ini dicuri. Radio lokal, televisi, dan koran, semuanya mengabarkan berita itu dan boneka itu pun menjadi barang buruan. Belakangan, saya menghitung bahwa boneka ini berikut peristiwa hilangnya boneka tersebut setara dengan iklan senilai 200 juta dan saya tidak mengeluarkan sepeser pun.

Sebelum menyusun tulisan papan usaha, berkelilinglah dan perhatikan bisnis lain yang papan usahanya menarik. Kunjungi kantor, toko, atau pabrik pesaing Anda untuk menentukan bagaimana membuat papan bisnis Anda lebih memikat calon pelanggan.

Ingat, tulisan papan usaha Anda harus selaras dengan citra perusahaan dan warnanya. Karena jika tidak, semuanya akan terlihat kacau dan membingungkan bagi bakal pelanggan. Buat tulisan yang sederhana dan mudah dibaca.

Satu lagi, jangan lupa menyertakan waktu buka bisnis Anda ataupun jam penjualan Anda. Tentu akan sangat runyam jika orang duduk di luar kantor Anda pukul 08.15 pada hari Sabtu, bertanya tanya kapan kantor akan buka hari itu, apakah pukul 08.30, 09.00 atau pukul berapa.

Pasang pesan Anda di mobil perusahaan

Layaknya papan nama luar-ruangan, kendaraan perusahaan merupakan cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis. Hampir semua bisnis memiliki sekurang-kurangnya satu mobil perusahaan yang bisa berupa apa saja, dari truk hingga bus. Kendaraan ini pasti lebih banyak berada di jalan seharian dan mengelilingi kota. Apa ada yang lebih baik dibandingkan papan bisnis berjalan?

Namun ingat, metode ini terbilang mahal: sesuaikan dengan anggaran Anda. Mungkin, Anda bisa memulainya dengan bagian pintu saja, lalu Anda tambah sedikit demi sedikit hingga sekujur kendaraan.

Ada beberapa poin penting yang perlu diingat terkait semua bentuk iklan bergerak minimalkan kata, buat yang mudah dibaca, beritahu orang alamat Anda, dan waktu buka bisnis Anda.

Banyak perusahaan telah mengatasi hal ini dengan memasang stiker halaman kuning di kendaraan mereka. Ini bisa digunakan sepanjang perusahaan Anda memang sudah tercantum dan mudah ditemukan di buku halaman kuning. Jika tidak, jangan gunakan cara ini. Jangan buat pelanggan kesulitan menemukan Anda.

Peringatan terkait papan bisnis di kendaraan Anda akan mendapatkan sesuai yang Anda bayar, jadi pastikan bahwa penulis papan nama memberi Anda beberapa sampel karya sebelum mengerjakan milik Anda.

Saya pernah memiliki rekanan bisnis yang mungkin merupakan pengemudi terburuk di dunia. Ia cepat, agresif, dan ini berlaku di semua sudut jalan. Mungkin tidak terlalu parah jika itu dilakukan di dalam mobilnya sendiri. Tapi ini lain hal, karena ia ada di balik kemudi kendaraan kantor dan pasti akan ada banyak telepon masuk memprotes ulah dia. Tiap kali rekan saya mengendarai mobil di jalan, kami kehilangan pelanggan. Poinnya di sini adalah memastikan bahwa siapa pun yang mengendarai mobil perusahaan Anda haruslah orang yang sadar bahwa ia juga membawa nama perusahaan sehingga ia mengemudi secara aman dan tidak ugal-ugalan.

Jika orang yang mengendarai mobil perusahaan itu adalah orang yang benar-benar bertanggung jawab, jangan ragu untuk memasang plester berisi segala tentang bisnis, termasuk tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Ide cerdas lainnya adalah ide-ide klise seperti telepon besar di atas mobil pengantar pizza. Salah sebuah perusahaan yang menjual kipas penghisap udara memasang kipas di atas mobil perusahaannya, dengan tampilan yang mengesankan. Kecoa besar merupakan pilihan favorit bagi perusahaan pengendalian hama.

Jika Anda tuangkan pikiran ke dalam apa yang dikerjakan perusahaan, hasilnya bisa sangat mengagumkan secara visual. Bayangkan, sebuah toko hewan peliharaan yang memasang tulang pemancing anjing di atas mobilnya, atau bengkel yang memasang spanner besar di atas atap, bahkan mungkin (boneka) bayi berukuran besar di atas kendaraan perusahaan persewaan perlengkapan bayi. Papan bisnis di atas kendaraan perusahaan merupakan ide hebat. Papan tersebut akan mempromosikan bisnis Anda sepanjang hari dan setiap hari.

telset.me

Belum ada Komentar untuk "Bisnis Anda itu harus mencolok dibanding bisnis lainnya!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel