Daftar kata-kata negatif bakarlah!

fawaz.id


Daftar kata-kata negatif bakarlah!


Dulu saya punya kebiasaan buruk. Setiap kali ada teman, kolega, atau rekan kerja yang bertanya apa kabar, jawaban standar saya kurang lebih: ‘Saya begitu sibuk sampai tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Benar-benar edan jam kerja saya begitu panjang, saya tidak yakin apakah saya akan maju dan yang jelas saya tidak mencari klien baru lagi.’ Jawaban ini adalah reaksi dari terlalu sibuk selama beberapa tahun.

Kemudian terjadi hal-hal yang membuat saya sadar bahwa saya sedang menuju jalan yang berbahaya. Pada suatu hari, saya betul-betul mendengarkan apa yang saya katakan saat seorang teman bertanya apa kabar; dengan terkejut saya menyadari bahwa saya menjawab dengan omelan standar saya tanpa memikirkan bagaimana sebenarnya keadaan saya. Mata teman saya berkaca kaca, menunjukkan bahwa ia bosan dan mengantuk, tapi mulut saya terus bergerak dengan sendirinya. Saat tindakan kecil yang aneh dan negatif ini berlangsung, saya sadar bahwa saya sedang memperkuat keyakinan negatif.

Hal kedua yang saya rasakan adalah orang-orang tidak lagi merekomendasikan klien ke saya. Saya sadar bahwa tingkat rujukan kami menurun dan pada awalnya saya berpikir bahwa mungkin saya melakukan suatu kesalahan memang ya, tapi bukan seperti yang saya pikirkan. Saya bertanya ke beberapa kolega dekat mengapa hal ini terjadi dan bersiap untuk mendengar berita buruk. Mereka memandang saya dengan lumayan bingung dan berkata, ‘Andrew, kamu selalu begitu sibuk. Kami tidak mau mengirimkan lebih banyak klien lagi ke kamu karena kamu sendiri yang mengatakan tidak menginginkan klien baru.’

Jelaslah sudah! Saya harus membangun kembali seluruh proses berpikir dan berucap, saya harus menahan diri. Saya membuat daftar kata, frase, istilah, dan kutipan negatif yang saya gunakan dan jumlahnya banyak juga. Sejak hari itu, saya berkomitmen untuk tidak lagi menggunakan semua itu dan saya berhasil. Bahkan segera setalah saya mulai memberikan ‘jawaban standar’ jenis apa pun, saya akan berhenti bicara, lalu berpikir, baru kemudian memulai lagi. Akhirnya saya tidak membutuhkan daftar itu lagi, jadi saya mencabutnya dari dinding dan membakarnya.

Saya menyarankan Anda untuk melakukan yang sama. Jika kita cukup sering mengatakan pada orang lain bahwa hidup ini mengerikan, sangat sulit untuk menjalankan bisnis milik sendiri, para staf sangat menyebalkan, pasar sepi, kondisi keuangan buruk, maka semua pemikiran ini akan menjadi kenyataan.

Jika Anda mengubah hal-hal negatif tersebut menjadi positif, hasilnya akan mengejutkan. Sejak saat itu, tingkat rujukan saya telah meningkat tajam dan saya tidak akan pernah mengeluhkan betapa sibuknya diri saya lagi.

Kata-kata yang menggambarkan hidup anda!


Buat daftar kata-kata yang menggambarkan hidup Anda saat ini dan bagaimana hidup yang Anda inginkan pada masa depan. Petunjuk ini adalah lanjutan dari petunjuk #14 tapi sedikit lebih spesifik membahas bagaimana Anda bisa mengubah cara berpikir. Menurut pengalaman, orang-orangyang positif dan energikdalam menghadapi hidup dan bisnis selalu jauh lebih bahagia dan seimbang. Jika Anda mendengarkan dengan cermat apa yang mereka katakan, Anda akan melihat bahwa kata-kata mereka mencerminkan pemikiran mereka dan itulah kuncinya.

Belum lama ini saya dipijat untuk menghilangkan rasa sakit akibat terlalu banyak tekanan pada leher. Tukang pijat itu terus menerus berbicara dan mulai membuat saya kesal karena saya sedang sangat kesakitan. Namun, saya memutuskan untuk tidak lagi merasa kasihan terhadap diri sendiri dan mulai mendengarkan kata-katanya. Ia sangat mengagumkan. Ia mengoceh tentang betapa ia mencintai pekerjaannya bisa bertemu dengan banyak orang, sambil memandang tamannya di luar jendela, bepergian ke mana mana. Saya pikir ia pasti masih baru dalam bidang itu, tapi kemudian ia mengatakan bahwa ia telah bekerja sebagai tukang pijat selama 20 tahun. Saya terperangah. Dua puluh tahun menggosokkan minyak di atas punggung orang lain dan ia masih tetap mencintainya hari ini, sama seperti waktu ia baru mulai dulu. Luar biasa.

Seringkali kita kesulitan mengidentifikasi apa yang disukai dan tidak disukai dari hidup. Saya menciptakan suatu latihan untuk diri sendiri beberapa tahun yang lalu. Latihan itu dimulai dengan mendeskripsikan tentang bagaimana saya memandang hidup saya pada saat itu apa yang saya sukai, apa yang tidak saya sukai, dan apa yang ingin saya ubah. Kemudian saya menuliskan deskripsi lain tentang hidup seperti apa yang saya inginkan, sampai ke berapa banyak uang yang ingin dihasilkan, pacar seperti apa yang diinginkan, tempat-tempat mana yang ingin dikunjungi, dan kapan, bahkan jenis mobil apa yang ingin saya kendarai.

Jadi, saya memiliki dua lembar kertas, selembar di masing masing tangan. Yang satu mengatakan kondisi saya hari ini dan satunya lagi mendeskripsikan kondisi seperti apa yang saya inginkan. Kini di kepala saya ada gambaran yang jelas tentang ke mana saya harus melangkah dan mengapa.

Ini merupakan latihan yang ampuh dalam berbagai level. Pertama, latihan ini membuat Anda berhenti dan berpikir tentang apa yang hilang dalam hidup dan apa yang benar-benar ingin Anda capai. Secara statistik, jumlah orang yang menuliskan gol mereka seperti ini adalah kurang dari 5%. Namun, yang cukup menarik adalah orang-orang yang paling sukses biasanya termasuk dalam grup itu.

Menetapkan gol yang ingin dicapai bisa sulit dilakukan. Saya cenderung membaginya menjadi beberapa kategori, termasuk bisnis, hubungan, kesehatan, keuangan, dan spiritual. Terlepas dari bagaimana Anda ingin menetapkan tujuan, melakukan itu saja sudah merupakan awal yang baik. Bersikaplah sedikit fleksibel. Ini bukanlah ujian ketika hanya ada jawaban yang benar dan salah.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Daftar kata-kata negatif bakarlah!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel