Harga saham

telset.me


Harga saham


Ketika kita melakukan transaksi saham, kita tidak akan pernah bisa lepas dari komponen harga. Naik turunya harga inilah yang kita harapkan bisa mendatangkan keuntungan bagi kita. Dalam transaksi saham, ada dua macam harga, yaitu harga bid (permintaan pasar) dan harga offer (penawaran pasar).

Selisih antara harga bid dan harga offer ini disebut dengan istilah spread. Harga bid merupakan harga permintaan pasar, artinya pasar siap membeli saham yang kita miliki pada harga tersebut. Jika kita memiliki saham dan ingin menjualnya dalam waktu seketika, transaksi yang diberlakukan kepada kita menggunakan harga bid.

Harga offer merupakan harga penawaran pasar, artinya pasar siap menjual saham yang kita inginkan pada harga tersebut. Jika kita memiliki dana tunai dan ingin membeli saham tersebut dalam waktu seketika, transaksi yang diber lakukan kepada kita akan menggunakan harga offer.

Saat ini kita akan membahas mengenai harga bid dan offer dengan menggunakan salah satu contoh nyata dari saham TLKM yang pernah terjadi.

Perhatikanlah papan harga dari saham TLKM tersebut. Terlihat bahwa harga bid saat itu adalah 9700 dan offer adalah 9800.Jika kita memiliki uang tunai dan ingin membeli saham TKLM saat itujuga, kita bisa membelinya dengan harga 9800 per lembar saham. Demikian juga sebaliknya, jika kita telah memiliki saham TLKM dan ingin menjualnya seketika, saham yang kita miliki tersebut akan laku terjual dengan harga 9700 per lembar saham.

Pada saat harga saham TLKM berada pada bid 9700 dan offer 9800 tersebut, terdapat selisih sebesar Rp100. Angka tersebut dikenal dengan istilah spread.

Fraksi Harga Dalam melakukan transaksi saham, jumlah kelipatan penawaran dan maksimal penawaran serta permintaan tidak boleh sembarangan. Ada aturan yang mengaturnya sehingga memiliki keseragaman.

Besar kecilnya fraksi harga tergantung dari harga saham yang diperdagangkan. Semakin besar harga sebuah saham, fraksi yang digunakan lebih besar pula. Faktor yang menentukan besar-kecilnya fraksi harga ini adalah pihak Bursa Efek Indonesia.

Kita akan membahas salah satu harga saham, yaitu saham dari PT Jasa Marga yang memiliki kode saham JSMR

Kita perhatikan harga saham JSMR diperdagangkan pada rentang harga antara Rp500 per lembar saham hingga Rp2.000 per lembar saham sehingga menggunakan fraksi 10. Saat ini, harga bid offer dari saham JSMR adalah 1880/1890. Perhatikan bahwa setiap kali kenaikan atau penurunan terjadi pada saham tersebut, pasti merupakan kelipatan 10 rupiah. Tidak akan pernah terjadi harga saham JSeandainya harga saham JSMR terus bergerak naik dan menyentuh angka Rp2.000 per lembar saham, jika terjadi kenaikan lagi secara otomatis akan menggunakan fraksi harga di atasnya, yaitu dengan kelipatan Rp25 per lembar saham. Ketika harga saham JSMR adalah Rp2.000 per lembar, kenaikan selanjutnya adalah Rp2.025 per lembar saham kemudian Rp2.050 per lembar saham dan seterusnya.

Jika kemudian berbalik arah lagi, harga saham JSMR dari harga Rp2.000 per lembar saham akan turun menjadi Rp1.990 per lembar saham, kemudian Rp1.980 per lembar saham dan seterusnya.Tidak akan pernah terjadiharga saham JSMR berada pada level harga Rp2.010 per lembar saham atau Rp2.012 per lembar saham. Jika kita memaksakan diri untuk memasukkan order permintaan dan penawaran yang menyalahi aturan fraksi, order yang kita lakukan tersebut akan secara otomatis dibatalkan.

Mekanisme Antrean

Hal berikutnya yang harus kita ketahuiadalah mekanisme antrean. Pada transaksi saham, kita bisa memasukkan harga penawaran atau permintaan sesuai keinginan kita. Tentunya dengan tetap memperhatikan aturan fraksi yang ada.
Jika kita ingin membeli saham dengan harga di bawah harga offer yang berlaku saat ini, keinginan kita tersebut akan masuk dalam daftar antrean beli. Sebaliknya, jika kita ingin menjual saham yang kita miliki dengan harga di atas harga bid yang berlaku saat ini, keinginan kita tersebut akan masuk dalam daftar antrean jual.

Perhatikan harga saham BBCA yang berlaku saat ini. Harga bid adalah 4675 dan harga offer adalah 4700. Jika kita memiliki uang tunai dan ingin membeli langsung saham BBCA, kita akan mendapatkan saham BBCA tersebut dengan harga 4700 per lembar saham. Jika kita memiliki saham BBCA dan ingin menjual langsung, kita akan mendapatkan dana tunai sebesar 4675 per lembar saham. Jika kita ingin membeli dengan harga di bawah 4700, order yang kita lakukan akan masuk dalam daftar antrean, demikian juga jika kita ingin menjual dengan harga diatas 4675 order yang kita lakukan akan masuk dalam daftar antrean.

Saat ini kita akan mencoba memahami arti dari antrean dengan tetap menggunakan contoh saham BBCA. Jika kita memiliki dana tunai, tetapi ingin membeli saham BBCA dengan harga 4500 per lembar saham, order yang kita masukkan tersebut akan tercatat dalam daftar antrean.

Misalkan saja kita ingin membeli saham BBCA pada harga 4500 sebanyak 100 lot. Perhatikan pada papan harga saham BBCA, terlihat bahwa yang ingin membeli saham BBCA dengan harga 4500 tidak hanya kita. Ada orang lain yang menginginkan hal yang sama. Ada permintaan saham BBCA pada harga 4500 sebanyak 61 lot. Jika order yang kita miliki dimasukkan ke dalam sistem, jumlah tersebut akan berubah, yaitu dari 61 lot menjadi 161 lot karena kita ingin membeli 100 lot. Jumlah 100 lot tersebut adalah antrean baru yang kita masukkan.

Jika kita ingin membeli saham BBCA pada harga 4600 sebanyak 100 lot, order kita tersebutjuga akan masuk dalam daftar antrean. Antrean beli saham BBCA pada harga 4600 yang semula tertulis sejumlah 1529 akan berubah menjadi 1629. Penambahan tersebut dikarenakan kita memasukkan permintaan beli sebanyak 100 lot dalam antrean.

telset.me

Belum ada Komentar untuk "Harga saham"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel