HUKUM MOORE

himedik.me


HUKUM MOORE 


Demikianlah pola untuk alat elektronik dewasa ini. Tiap tahun alat-alat elektronik semakin kecil, murah, cepat, canggih. Pada 1960 dan 1970-an hal itu terjadi karena dua industri yang saling terkait  komputer dan microchip tumbuh berkembang secara berbarengan. “Sinergi antara komponen dan aplikasi baru menyebabkan keduanya tumbuh secara eksplosif,” tulis Noyce kelak. 22 Sinergi semacam itu terjadi juga setengah abad sebelumnya, antara industri minyak dan kendaraan bermotor. Terkait inovasi, satu pelajaran penting yang mesti digarisbawahi: pahami industri-industri mana saja yang bersimbiosis supaya kita bisa mengambil keuntungan dari efek sinergisnya.

Agar bisa dengan mudah menerapkan pelajaran tersebut, para wirausahawan dan pemodal ventura memerlukan panduan akurat yang sederhana untuk memprediksi tren. Untungnya Gordon Moore menyediakan panduan tersebut. Tepat saat penjualan microchip mulai melambung, dia diminta membuat perkiraan pasar. Karya tulisnya, yang berjudul “Menjejalkan Semakin Banyak Komponen ke Sirkuit Terpadu” (“Cramming More Components on to Integrated Circuits”), diterbitkan di majalah Electronics edisi April 1965.

Moore memulai artikel dengan meneropong ke masa depan digital. “Sirkuit terpadu akan membukakan jalan bagi inovasi- inovasi ajaib seperti komputer rumah atau setidak-tidaknya, terminal yang terhubung ke komputer sentral kontrol otomatis untuk mobil, dan alat komunikasi personal portabel,” tulisnya.

Kemudian, Moore mengutarakan prediksi jitu yang akan membuatnya terkenal. “Kompleksitas komponen biaya minimum telah meningkat dengan laju berlipat dua per tahun,” komentarnya. “Tren ini kemungkinan besar akan tetap konstan selama setidak-tidaknya sepuluh tahun.” 23 Sederhananya, Moore menyampaikan jumlah transistor yang dapat dijejalkan, secara ekonomis, ke microchip berlipat dua tiap tahun dan dia memperkirakan yang demikian akan terus berlanjut setidak-tidaknya sampai sepuluh tahun. Seorang profesor di Caltech yang merupakan teman Moore menjuluki pernyataan tersebut sebagai “ Hukum Moore”.

Pada 1975, ketika sepuluh tahun telah berlalu, Moore terbukti benar. Dia lantas memodifikasi hukumnya, meramalkan bahwa jumlah transistor yang bisa dijejalkan ke dalam chip akan “berlipat dua per dua tahun daripada per satu tahun”. Seorang kolega, David House, mengajukan modifikasi lebih lanjut yang sekarang sering kali digunakan yaitu “performa” chip akan berlipat dua per 18 bulan karena semakin banyak jumlah transistor yang dimasukkan ke chip , semakin meningkat pula kemampuan kerjanya secara keseluruhan. Setengah abad sesudah dikemukakan, rumus Moore dan macam-macam variasinya ternyata masih akurat, sekaligus membantu kita memetakan salah satu periode tersubur penciptaan inovasi dan kekayaan dalam sejarah umat manusia.

Hukum Moore nyatanya menjadi lebih dari sekadar prediksi. Industri menjadikannya target juga, yang lantas tercapai alhasil mewujudkan ramalan Moore. Contoh pertamanya pada 1964, saat Moore tengah merumuskan hukumnya. Noyce memutuskan Fairchild akan menjual microchip yang paling sederhana dengan harga di bawah biaya produksinya. Moore menyebut strategi ini sebagai “sumbangan jasa Bob bagi industri semikonduktor”.

Noyce tahu harga murah akan mendorong para pembuat peranti elektronik untuk menginkorporasikan microchip ke dalam produk baru mereka. Dia juga tahu harga murah akan menstimulasi permintaan, volume tinggi produksi, dan keekonomisan, sehingga mewujudkan Hukum Moore. 24 Tidak mengejutkan jika Fairchild Camera and Instrument akhirnya memutuskan, pada 1959, membeli Fairchild Semiconductor. Kedelapan pendiri sontak menjadi kaya, tetapi benih-benih perselisihan pun tumbuh karenanya. Para eksekutif Fairchild Camera and Instrument yang bermarkas di Pesisir Timur AS menepis permintaan Noyce untuk membagi-bagikan opsi saham kepada para insinyur baru dan berjasa, juga mengisap laba divisi semikonduktor untuk diinvestasikan ke bidang yang relatif menjemukan dan kurang sukses, semisal kamera film rumahan dan mesin cap.

Masalah internal merebak pula di Palo Alto. Para insinyur mulai keluar bak kutu loncat, alumni Fairchild tersebar ke sepenjuru lembah sehingga menumbuhkan dan memekarkan perusahaan-perusahaan lain. Insiden paling mencolok terjadi pada 1961 ketika Jean Hoerni dan tiga dari delapan pengkhianat Shockley meninggalkan Fairchild untuk bergabung dengan usaha rintisan, Teledyne, yang didanai oleh Arthur Rock.

Insinyur lainnya lantas menyusul dan pada 1968; Noyce sendiri siap untuk angkat kaki. Dia luput dipromosikan ke jabatan petinggi di Fairchild, membuatnya kesal, tetapi Noyce juga sadar bahwa dia sesungguhnya tidak ingin naik jabatan.

Fairchild, sebagai satu perusahaan keseluruhan dan bahkan divisi semikonduktornya saja di Palo Alto, sudah terlampau besar dan birokratis. Noyce ingin menanggalkan tugas manajerial dan kembali ke lab. “Bagaimana kalau kita dirikan perusahaan baru?” tanya Noyce kepada Moore suatu hari. “Aku suka di sini,” timpal Moore. 25 Noyce dan Moore telah membantu menciptakan kultur baru di dunia teknologi California kultur pindah dari perusahaan mapan untuk mendirikan usaha baru. Namun, pada usia kepala empat, Moore tidak lagi senekat dahulu dalam mengambil risiko. Noyce terus mendesak sampai, menjelang musim panas 1968, dia memberi tahu Moore bahwa apa pun yang terjadi, dia akan pergi.

“Dia pandai memengaruhi orang agar ikut-ikutan,” kata Moore bertahun-tahun kemudian sambil tertawa. “Jadi, saya akhirnya berkata, ‘Ya, sudah, ayo pergi.’” 26 “Seiring dengan semakin besarnya (perusahaan), saya semakin kurang menikmati pekerjaan sehari-hari,” tulis Noyce dalam surat pengunduran dirinya untuk Sherman Fairchild. “Mungkin salah satu sebabnya karena saya tumbuh besar di kota kecil.

Saya mendambakan hubungan personal yang dekat layaknya di satu kota kecil pula. Kini kita mempekerjakan karyawan yang populasinya dua kali lipat ‘kampung halaman’ terbesar saya.” Noyce mengatakan bahwa dia berharap bisa “berdekatan lagi dengan teknologi”. 27 Saat Noyce menelepon Arthur Rock, yang berperan menggalang dana dan kesepakatan untuk mendirikan Fairchild Semiconductor, Rock serta merta bertanya, “Kenapa baru sekarang?”

himedik.me

Belum ada Komentar untuk "HUKUM MOORE "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel