Ingat tanggal-tanggal penting

telset.me


Ingat tanggal-tanggal penting 


Anda dapat menunjukkan ketertarikan kepada pelanggan dengan mengingat hari-hari penting mereka (misalnya hari ulang tahun atau hari jadi pernikahan). Ini merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk menghubungi mereka dan mengucapkan selamat, juga terima kasih karena sudah berbisnis dengan Anda.

Cari tahu hari ulang tahun pelanggan Anda dengan melakukan survei singkat. Jika Anda memiliki klub dan sejenisnya, jadikan informasi ini sebagai bagian formulir pendaftaran. Kirimi pelanggan sebuah kartu ucapan ulang tahun dan berikan penawaran khusus baginya sebagai wujud terima kasih Anda.

Dalam hal ini, pelanggan bisa berupa siapa pun, entah itu pelanggan biasa hingga para CEO di sebuah perusahaan yang menjadi tempat Anda memasok barang. Luangkan waktu untuk menulisi sendiri kartu tersebut. Jangan kesankan seolah kartu tersebut dikirim secara massal. Berikan komentar yang tulus, tetapi jangan terlalu personal jika Anda memang tidak begitu mengenal baik yang bersangkutan.

Saya ingat ketika mengunjungi toko video lokal dan saya telah menentukan pilihan film apa yang saya sewa, komputer toko tersebut mengeluarkan suara lucu. Si petugas yang melayani saya memandang dan mengucapkan ‘Selamat Ulang Tahun’. Lebih jauh lagi, ia memberitahu bahwa saya boleh memilih dua video bebas biaya sewa, plus sebuah es krim untuk merayakan ulang tahun saya. Saya sangat terkesan oleh layanan ini dan saya merasa sangat spesial. Jika Anda menjalankan suatu bisnis berbasis-komputer seperti ini, mudah sekali Anda mengingat ulang tahun pelanggan (komputer yang akan mengingatkan Anda).

Apa harus hari ulang tahun? Tentu saja tidak. Anda bisa menggunakan kartu ucapan terima kasih, misalnya, ‘sudah dua belas bulan Anda tidak berkunjung ke tempat kami’. Saya kerap tidak habis pikir mengapa mereka yang merayakan pernikahan sama sekali tidak mengirimkan kartu hari jadi pernikahan mereka. Nah, ini merupakan peluang bisnis besar.

Berapa banyak kartu ulang tahun yang Anda dapatkan dari pemasok atau perusahaan dalam kapasitas Anda sebagai pelanggan? Jadilah yang berbeda dan lebih penting lagi, jadilah bisnis yang diingat orang. Perhatian terhadap detail kecil dapat menjadi kunci besar menuju kesuksesan.

Minta rujukan dari pelanggan Anda

Rujukan itu tak lain adalah saat Anda bertanya kepada seorang pelanggan tentang seseorang yang ia kenal, yang mungkin dapat menggunakan layanan atau produk yang Anda tawarkan. Ide utama dari rujukan ini adalah Anda menghubungi orang yang dirujuk dan beritahu mereka bahwa pelanggan Anda tadi telah merekomendasikan agar Anda menghubunginya.

Ini mirip dengan memiliki orang dalam. Dengan menyebutkan nama teman atau pelanggan sebagai rekomendasi, otomatis Anda sudah siap memasuki ‘pintu’ mereka. Rujukan merupakan cara jitu untuk menciptakan jalinan bisnis baru.

Menciptakan sebuah sistem agar klien Anda kini dapat memberikan nama teman atau kolega mereka yang barang kali tertarik dengan produk atau layanan Anda merupakan cara murah untuk memperbesar bisnis Anda. Ide bagus juga semisal Anda memberikan semacam penghargaan bagi pelanggan yang memberi rujukan, misalnya berupa produk atau layanan gratis.

Banyak bisnis berkualitas memperoleh sebagian besar bisnis mereka dari rujukan pelanggan. Anda harus merasa yakin saat meminta rujukan dari pelanggan jika mereka puas dengan hasil kerja Anda, kemungkinan besar mereka pun akan dengan senang hati memberi Anda jalan ke pelanggan baru. Anda akan terkejut dengan sebetapa antusias orang dalam membantu Anda mempromosikan bisnis Anda itu.

Sebagai praktik bisnis yang lumrah, sebuah ide bagus jika Anda berbicara dengan pelanggan setelah semua pekerjaan diselesaikan sehingga Anda bisa memastikan bahwa mereka 100% terpuaskan. Ini merupakan waktu sempurna untuk meminta rujukan, juga untuk benar-benar memastikan bahwa mereka sepenuhnya terpuaskan dengan hasil kerja Anda.

Selalu jaga sikap terus-terang dan jujur. Tak jarang, saya mengatakan langsung kepada pelanggan saya kapan saya tidak boleh diganggu karena harus mengerjakan banyak tugas. Tiba-tiba saja saya sudah memiliki sebuah tim beranggotakan sales representative yang mencarikan jalinan bisnis untuk saya. Ini membuat saya tidak enak dan saya pun menelepon mereka untuk mengucapkan terima kasih. Akan ada saja orang-orang sinis di dunia ini, tapi saya percaya bahwa mayoritas orang akan meluangkan diri untuk membantu orang lain. Sebagai imbal balik dari hal ini, saya selalu memberikan 100% diri saya kepada orang lain yang telah membantu saya. Jangan takut meminta pelanggan Anda memberi rujukan bagi bisnis Anda.

telset.me

Belum ada Komentar untuk "Ingat tanggal-tanggal penting "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel