Ingkah Anda ketika tertawa?

Saya sepenuhnya yakin bahwa jika Anda bersenang-senang dalam apa pun yang sedang Anda lakukan, rasa kewalahan, kehilangan kendali, atau kehilangan keseimbangan tidak akan bisa mengendalikan Anda paling tidak, dampaknya akan berkurang. Bagi banyak orang, hilangnya keceriaan dalam hidup sehari-hari adalah aspek yang paling dibenci dari hidup tanpa keselarasan. Seperti yang kita bahas sepanjang fawaz.id ini, hidup yang penuh dan padat tidak selalu merupakan sesuatu yang buruk tapi hidup tanpa tawa sudah pasti merupakan sesuatu yang buruk.

Saya tahu bahwa bagi banyak orang, konsep bersenang-senang saat bekerja dianggap sedikit ‘aneh’ dan merupakan sesuatu yang sulit mereka tangani. Anda mungkin menganggapnya agak ‘eksentrik’, atau mungkin bukan merupakan urusan bisnis yang sesungguhnya. Tanpa membahas banyak sekali penelitian yang mendukung ide ini, kita perlu menghabiskan jauh lebih banyak waktu untuk bersenang-senang dalam hidup sehari-hati, terutama saat bekerja, karena ini membuat hidup Anda jauh lebih menyenangkan dan jauh lebih tidak menegangkan dan tak terkendali.

artikel ini membahas cara-cara untuk mengembalikan faktor ‘S’ ke dalam hidup Anda, dan bagi saya, ini adalah informasi paling penting yang akan Anda temui dalam fawaz.id ini.


fawaz.id


Ingkah Anda ketika tertawa?


Tekanan hidup sehari-hari semakin meningkat dari waktu ke waktu. Salah satu gejalanya yang paling terlihat jelas adalah jumlah tawa dalam hidup seseorang cenderung menurun seiring dengan meningkatnya tekanan dan stres. Tidak jelas alasan mengapa kita berhenti tertawa, tapi berat dunia di atas bahu kita adalah beban yang berat bagaimanapun kondisi hidup kita. Tekanan hidup sehari-hari yang dialami seorang remaja sekolah menengah atas yang tengah menghadapi ujian sama relevannya dengan seorang pimpinan perusahaan yang memiliki 100.000 karyawan.

Kita semua bersimpati saat ‘tekanan’ menjalankan perusahaan besar membuat hidup CEO menjadi sengsara, tapi kita mengatakan bahwa remaja terlalu melodramatis jika persiapan menghadapi ujian membuat mereka kehilangan rasa humor. Saya harus menekankan fakta bahwa semua tekanan ini bersifat relevan dan penting bagi orang yang merasakannya. Tidak ada ukuran internasional yang menyatakan bahwa perasaan yang dialami seseorang lebih penting atau signifikan dibanding perasaan yang dialami orang lain.

Namun, satu hal yang pasti: sebagian besar dari kita ingat akan masa-masa saat kita memiliki lebih sedikit tekanan dan stres dalam hidup, lebih sedikit tuntutan atas waktu, uang dan energi kita, dan secara umum kita lebih mudah tertawa dan lebih mudah membuat orang lain tertawa pada masa-masa ini. Kita beradaptasi dan fleksibel dalam menghadapi kesengsaraan, tidak berkecil hati saat menemui rintangan, dan sepertinya tidak menganggap hidup terlalu serius. Anda bisa merasakan kembali saat-saat seperti itu dan buku ini bertujuan membantu Anda menemukannya.

Luangkan waktu sejenak untuk memikirkan saat-saat Anda paling sering tertawa. Pejamkan mata dan habiskan beberapa menit dengan visualisasi ini. Mulailah berpikir tentang saat-saat Anda merasa begitu riang dan bahagia. Tahun berapakah itu? Apa yang terjadi pada saat itu? Di manakah Anda tinggal? Dengan siapakah Anda menghabiskan waktu? Di manakah Anda bekerja? Baju apa yang Anda kenakan? Apa yang Anda lakukan di akhir pekan? Musik apa yang Anda dengarkan? Apa yang Anda baca? Mobil apa yang Anda kendarai? Di manakah Anda nongkrong? Bau apa yang mengingatkan Anda pada masa-masa itu?

Sekarang buka mata Anda dan habiskan beberapa saat untuk menuliskan kata-kata yang paling bisa mendeskripsikan emosi dan perasaan Anda saat memikirkan masa-masa itu. Apa yang membuat hidup Anda terasa begitu indah? Saya yakin pada saat itu Anda juga memiliki banyak tekanan uang bisa menjadi masalah, hubungan bisa putus-sambung, ketidakjelasan akan masa depan mungkin yang paling mencemaskan, di antara tantangan-tantangan lainnya. Walaupun demikian, perasaan yang paling Anda ingat adalah keceriaan, kebahagiaan, dan tanpa beban. Jadi, apa bedanya saat itu dan saat ini?

Mengidentifikasi perbedaan ini adalah hal yang signifikan. Coba temukan satu kata yang mendeskripsikan apa yang telah berubah bagi Anda. Karena sekali Anda mengetahui kata ini, Anda akan mengenali musuh dan Anda akhirnya bisa melakukan sesuatu terhadapnya.

Sebagai contoh, misalkan satu kata yang mempengaruhi Anda itu adalah ‘tekanan’, yang berarti Anda merasakan begitu banyak tekanan untuk berkinerja, memberikan hasil, memenuhi kebutuhan apa saja. Kini Anda punya nama untuk hal yang harus berubah dalam hidup Anda. Walaupun tidak akan semudah itu untuk menyingkirkan tekanan tersebut, tapi akan relatif mudah untuk mengubah cara Anda memandangnya, memikirkannya, dan reaksi Anda terhadapnya.

Dengan melakukan latihan ini secara teratur pada saat Anda merasa kewalahan dan cemas, Anda akan merasakan dampak yang sangat positif. Latihan ini akan membantu Anda mengubah hidup dan cara Anda menghadapi masalah-masalah utama yang mencegah Anda dari mencapai keseimbangan.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Ingkah Anda ketika tertawa?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel