Jalani hidup dengan benar!

fawaz.id


Jalani hidup dengan benar!


Saya sangat yakin akan pentingnya memulai hari dengan tepat. Jika Anda memulai hari dengan buruk, sepanjang hari Anda akan merasa tidak enak. Luangkan waktu di setiap pagi untuk memulai hari dengan baik-baik, fokus, dan seimbang demi meletakkan dasar untuk sisa hari Anda.

Saya biasanya menghabiskan beberapa menit di atas tempat tidur, memikirkan hari yang akan datang, mempersiapkan pikiran saya agar berfungsi dengan baik. Atau jika cuaca hari itu baik, saya akan duduk di balkon dan menyaksikan matahari muncul di atas bukit dan menikmati sensasi hangatnya di atas kulit wajah. Apa pun yang terjadi kemudian, jelas ada hubungan antara apa yang saya rasakan di awal hari dan bagaimana hari itu berlangsung.

Dulu saya bangun saat matahari belum terbit, minum kopi, mandi dengan cepat dan pergi bekerja, kemudian langsung beraktivitas penuh dari menit saya tiba di tempat kerja sampai menit saya meninggalkannya, yang biasanya jauh di penghujung hari. Ini adalah cara hidup yang sangat membuat stres hampir tidak ada ruang untuk berhenti, bernapas, atau menikmati apa yang terjadi di sekeliling Anda.

Sejak mengubah cara memulai hari, saya merasa jauh lebih baik, lebih memegang kendali, lebih rileks, dan siap menghadapi hari dan segala tantangannya dengan tenang.

Cara ini berhasil bagi saya, tapi saya tidak bisa menjanjikan bahwa cara ini juga akan berhasil bagi Anda. Yang penting adalah mulailah melakukan beberapa ritual relaksasi dalam hidup Anda. Ritual ini akan menyingkirkan kekacauan, mengurangi rasa kewalahan, memberikan ketenangan dan kejelasan dalam hidup sehari-hari, dan ini semua akan membuat Anda merasa jauh lebih baik.

Apa yang bisa saya lakukan hari ini? 


Rencanakan untuk memulai hari esok dengan cara yang baru, meluangkan waktu hanya untuk diri Anda, memikirkan apa yang akan terjadi nanti, memvisualisasikan semua hal baik yang akan terjadi, dan kesuksesan yang akan Anda nikmati. Cara ini sungguh berhasil.

Penghargaan bagi diri anda!


Satu hal yang saya amati dari para pemilik bisnis kecil adalah mereka biasanya kesulitan menerima gagasan memberikan penghargaan kepada diri sendiri. Mereka seringkali mengasosiasikan penghargaan semata-mata dengan pertimbangan finansial. Dalam rangka membuat semua perubahan yang telah kita bahas, Anda mungkin akan menghadapi lebih dari sedikit kekacauan dalam jangka pendek sebelum keseimbangan mulai dirasakan. Hal ini normal, tapi kekacauan itu bisa menggelisahkan, dan kita perlu memberikan penghargaan pada diri sendiri sepanjang proses ini.

Saya menyarankan Anda membuat daftar (ya, saya tahu, lagi lagi membuat daftar!) berisi hal-hal yang Anda anggap sebagai penghargaan. Beberapa mungkin berupa objek materiil, yang lain mungkin lebih bersifat simbolis. Ini tak jadi masalah yang penting adalah penghargaan tersebut berupa hal-hal yang benar-benar Anda sukai dan inginkan.

Tambahkan penghargaan-penghargaan ini ke dalam daftar perubahan yang diperlukan untuk mencapai keseimbangan, masukkan di tempat-tempat yang strategis sehingga saat Anda mengubah kebiasaan tersebut, Anda bisa mendapatkan penghargaan itu. Sebagai contoh, Anda mungkin menulis bahwa selama seminggu Anda tidak akan bekerja sampai lebih dari jam 6 sore, apa pun yang terjadi. Jika Anda bisa mencapai gol ini, ganjarannya adalah membelikan diri Anda alat pancing baru. Atau, jika Anda berkomitmen pergi ke pusat kebugaran dua kali seminggu dan Anda melakukannya selama satu bulan tanpa absen, Anda mendapatkan satu makan malam di restoran favorit Anda. Namun, Anda harus membuat perubahan sebelum meminta penghargaan.

Ini adalah bagian dari proses pemrograman ulang yang harus Anda jalankan. Ada banyak nama untuk ‘pemrograman ulang’ dan ada banyak cara untuk melakukannya, tapi aktivitas ini bermanfaat. Kita perlu diberi penghargaan apa pun artinya bagi kita secara individu untuk benar-benar merasakan bahwa apa yang kita lakukan memang berfaedah.

Apa yang bisa saya lakukan hari ini? 


Perjelas apa yang Anda anggap sebagai penghargaan, kemudian pastikan agar Anda memberikan diri penghargaan ini saat mencapai gol atau target yang telah ditentukan. Penghargaan tersebut tidak perlu besar, mungkin berupa sesuatu yang sederhana seperti meluangkan waktu untuk menelepon teman.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Jalani hidup dengan benar!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel