Kebiasaan lama susah hilang

fawaz.id


Kebiasaan lama susah hilang


Walaupun sudah baik untuk mengakui bahwa butuh waktu untuk membentuk kebiasaan-kebiasaan yang mencegah kita dari menjaga keseimbangan antara kehidupan dan bisnis. Dan kemudian butuh waktu juga untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut, kita harus menguasai proses perubahan itu dan mengendalikannya.

Ini berarti setelah mengidentifikasi semua gangguan, kebiasaan buruk, hal-hal yang membuat kita gila, serta apa pun yang membuat hidup kita kacau, kita harus sungguh-sungguh mengambil langkah untuk mengubahnya. Kita tidak bisa mengusir masalah hanya dengan mengidentifikasikannya saja.

Kita tidak mungkin bisa mengubah semua kebiasaan buruk hanya dalam semalam. Semua orang yang pernah membuat daftar resolusi Tahun Baru, pasti akrab dengan pahitnya kekalahan yang dirasakan pada sekitar tanggal 1 Februari saat tidak ada yang berubah dalam diri atau hidup Anda. Kita harus mengatur kecepatan kerja dan merencanakan implementasi perubahan yang terkendali. Banyak dari perubahan ini yang mungkin juga akan mempengaruhi orang lain. Orang-orang ini mungkin membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan diri.

Kita harus menentukan jangka waktu untuk mengubah setiap kebiasaan buruk yang telah telanjur kita miliki. Aturlah sepantasnya, prioritaskan kebiasaan-kebiasaan yang harus sesegera mungkin diubah, dan tentukan jangka waktu untuk mencapainya. Dalam satu hari atau satu minggu, terserah Anda. Namun, tuliskan semua ini di atas kertas, kemudian letakkan di tempat yang mencolok dan baca setiap hari.

Setelah mengikutiartikel sebelumnya, apakah Anda sedang berusaha membuat perubahan? Apakah sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan? Jika tidak, mengapa tidak, dan apa yang harus Anda lakukan untuk kembali sesuai jadwal? Dengan memahami bahwa hidup Anda akan tetap sama seperti sekarang jika Anda tidak mengubah masalah-masalah ini seharusnya sudah cukup memotivasi Anda untuk benar-benar berusaha. Namun, kebiasaan-kebiasaan itu tidak akan berubah sendiri dan beberapa akan lebih sulit disingkirkan dibanding yang lainnya.

Apa yang bisa saya lakukan hari ini? 


Tuliskan daftarnya, tentukan jangka waktu untuk mengatasi setiap masalah dan buat komitmen dalam hati untuk mencapai setiap target.

Kembangkan rencana serbu Anda dan letakkan di tempat yang terlihat 


Sampai di sini, kita telah mencapai beberapa langkah kunci dalam proses ini. Kita telah menerima bahwa kita harus berubah, kita telah mengidentifikasikan di mana letak kesalahan, kebiasaan buruk yang telah kita bentuk dan gangguan sehari-hari yang mencegah kita menjaga keseimbangan hidup. Kita telah menentukan prioritasnya, menentukan jangka waktu pelaksanaannya dan mengetahui dengan jelas kapan kita ingin menyelesaikan perubahan-perubahan ini. Langkah berikutnya adalah menentukan apa yang harus dilakukan untuk membuat perubahan-perubahan ini. Di sinilah kita harus benar-benar memperjelas segala sesuatunya. Apa saja tindakan yang harus kita ambil untuk membuat perubahan-perubahan tersebut?

Sebuah contoh yang saya ingat jelas terjadi beberapa tahun yang lalu. Akhirnya saya memutuskan bahwa saya harus memperbugar tubuh dan mengurangi berat badan. Kelebihan berat badan saya semakin serius dan saya tinggal menunggu waktu mati saja. (Saya memiliki motivasi yang tepat.) Jadi, saya membuat daftar semua hal yang menghalangi usaha saya menjadi bugar, hal-hal yang membuat berat badan saya naik, dan yang secara umum membuat kondisi tubuh saya sedemikian rupa.

Sebagian besar hal-hal yang saya tulis adalah alasan yang dibuat-buat tidak punya waktu, bisnis membutuhkan perhatian saya, jika saya tidak memperhatikannya maka bisnis bisa kacau, klien-klien akan meninggalkan jika saya tidak menjawab panggilan telepon mereka dari pagi buta hingga larut malam, saya terlalu sibuk untuk istirahat makan siang yang sepantasnya, jadi saya makan sambil kerja, dan sebagainya. Jika ditinjau lagi, hal-hal di atas tidak ada yang benar, tapi saya telah belajar untuk mempercayai propaganda saya sendiri.

Kemudian saya menentukan gol-gol saya. Gol-gol itu memang besar, tapi demikianlah sebagian besar gol saya. Saya ingin menurunkan 50 kilogram berat badan dan mendaki gunung tertinggi di Australia (922 meter di atas permukaan laut jauh lebih pendek dari Gunung Everest, tapi dalam pikiran saya keduanya tidak terlalu berbeda).

Lalu saya menentukan jangka waktu untuk mencapai setiap gol ini. Tiga tahun untuk menurunkan berat badan (keputusan ini berdasarkan nasihat profesional) dan satu tahun untuk bisa mendaki gunung tersebut.

Langkah berikutnya adalah membuat rencana aksi untuk mencapainya. Saya bergabung dalam pusat kebugaran di tempat yang sama dengan satu tim pelatih pribadi yang memulai prosesnya. Mereka memeriksa kondisi kesejahteraan saya secara keseluruhan, gol-gol saya, dan kenyataan situasi. Saya tidak akan pernah bisa menjadi pemakan taoge, jadi mereka mengembangkan rencana yang cocok untuk saya. Kami sering merevisinya, selalu dengan mengingat gol-gol saya. Saya menempelkannya di pintu rumah di samping lembar gol saya dan saya membaca kedua lembar kertas itu setiap pagi saat keluar rumah.

Dengan gembira saya mengatakan bahwa kedua gol itu telah tercapai. Bagi saya, tantangan terbesar dalam hidup saya pada tahap itu telah teratasi. Saya sadar bahwa saya bisa menerapkan proses sederhana yang sama untuk memecahkan segala jenis masalah, tapi terutama masalah yang mempengaruhi keseimbangan hidup dan bisnis.

Penting untuk memerinci sampai langkah demi langkah semua tindakan yang harus Anda ambil untuk mengadakan perubahan yang signifikan. Jika tidak, gol-gol itu jarang bisa tercapai.

Apa yang bisa saya lakukan hari ini? 


Tuliskan rencana serbu Anda dengan lengkap dan tempelkan di dinding atau tempat lain yang sering Anda lihat. Setelah Anda menyelesaikan tugas yang ada dalam daftar itu, coret satu demi satu sehingga Anda bisa memantau hasil yang Anda dapatkan.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Kebiasaan lama susah hilang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel