Keyakinan yang membuat hidup tak terkendali?

fawaz.id


Keyakinan yang membuat hidup tak terkendali?


Keyakinan-keyakinan yang membatasi memang sangat menarik. Sebagian besar dari kita mewarisinya dari orangtua atau orang lain yang berpengaruh dalam hidup kita atau bahkan dari media. Keyakinan ini bisa menghalangi kita dari tampil menonjol dalam hidup.

Saya melihat contoh ekstrem dari keyakinan yang membatasi dalam perjalanan ke Sri Lanka belum lama ini. Di panti asuhan gajah, saya melihat gajah-gajah yang ditahan di tempatnya masing masing dengan seutas tali yang diikatkan di salah satu kaki belakang mereka. Gajah jelas bisa memutuskan tali tersebut dalam beberapa detik, tapi mereka tidak pernah melakukannya. Alasannya dijelaskan oleh salah seorang pawang mereka.

Saat bayi gajah dibawa ke tempat itu, kaki mereka diikat dengan rantai untuk menahan mereka agar tetap berada di dalam kandang. Tentu saja mereka berontak dan berusaha kabur, tapi pada akhirnya mereka menyerah dan menerima bahwa setiap kali mereka diikat, tidak ada gunanya untuk melawan. Setelah beberapa waktu, rantai itu diganti dengan tali yang tebal, kemudian dengan tali yang semakin tipis sampai akhirnya menggunakan tali setipis sekarang. Namun saat ini, sedikit tekanan pada kaki mereka pun telah membuat gajah-gajah itu berpikir bahwa mereka tidak bisa beranjak dari tempat mereka. Tanpa mempertimbangkan etika dari perlakukan seperti ini, kita bisa dengan jelas melihat bagaimana keyakinan yang membatasi digunakan untuk mengendalikan gajah gajah itu.

Manusia tidak jauh berbeda. Kita semua memiliki keyakinan yang membatasi diri masing-masing. Banyak buku yang ditulis tentang konsep ini dan berbagai cara telah dikembangkan untuk mengatasi keyakinan inti kita yang negatif.

Dalam bisnis, saya melihat lima keyakinan negatif yang utama berikut setiap hari. Saya percaya keyakinan seperti ini sungguh bisa mengekang orang-orang dari meraih kesuksesan dan membuat hidup para pemilik bisnis menjadi jauh lebih sulit dari yang seharusnya:

  1. Bisnis kecil memang sulit dijalankan. 
  2. Anda harus bekerja dalam jam kerja yang panjang untuk bisa sukses dalam bisnis sendiri. 
  3. Anda tidak akan pernah bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang sangat besar dari bisnis kecil. 
  4. Anda harus mengorbankan banyak hal untuk memiliki bisnis sendiri. 
  5. Sebagian besar bisnis kecil akhirnya gagal. 

Jika Anda meyakini hal-hal di atas, mengapa Anda berbisnis? Dengan sedikit malu, saya harus mengakui bahwa saya sendiri meyakininya selama bertahun-tahun. Kini saya memandangnya hampir sebagai tantangan pribadi untuk membuktikannya salah.

Seiring dengan berjalannya waktu dan dengan nasihat yang bermanfaat dari begitu banyak orang yang tidak bisa dituliskan di sini, saya akhirnya menyadari bahwa keyakinan-keyakinan tersebut tidak benar.

  • Sama sekali tidak ada alasan mengapa memiliki bisnis kecil harus lebih sulit daripada cara mencari nafkah yang lain. 
  • Bekerja dalam jam kerja yang panjang bukan syarat untuk membangun bisnis yang sukses.
  • Saya mengenal banyak sekali orang yang telah dan masih menghasilkan jutaan dolar per tahun dari bisnis kecil mereka. 
  • Saya tidak menganggap apa pun yang saya lakukan dalam berbisnis sebagai pengorbanan itu hanya masalah menentukan prioritas. 

Sebagian besar bisnis kecil gagal karena alasan yang bisa diduga. Jika Anda mengetahui jebakan-jebakan ini, kemungkinan sukses Anda akan sangat tinggi.

Apa saja keyakinan negatif yang menghalangi Anda? Galilah dalam-dalam dan cari tahu saraf-saraf mana yang tersentil saat Anda menyelidiki beberapa pemikiran di atas. Setelah mengidentifikasi keyakinan yang membatasi, gantilah setiap keyakinan itu dengan yang positif. Butuh waktu untuk mengubah keyakinan negatif, tapi Anda pasti bisa melakukannya jika tekun dan gigih.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Keyakinan yang membuat hidup tak terkendali?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel