MELINDUNGI TEMUAN

himedik.me


MELINDUNGI TEMUAN 


Sepanjang sejarah inovasi, paten merupakan sumber ketegangan, khususnya pada era digital. Inovasi lazimnya hasil kolaborasi dan pengembangan temuan-temuan terdahulu maka sulit menentukan secara pasti siapa tepatnya pemilik ide atau hak kekayaan intelektual.

Terkadang kepemilikan menjadi tidak penting ketika sekelompok inovator setuju untuk bekerja sama dalam proses open source sehingga buah kreativitas mereka dapat dilepaskan secara terbuka ke domain publik. Akan tetapi, inovator umumnya menginginkan pengakuan dan penghargaan. Terkadang penyebabnya ego, seperti ketika Shockley bermanuver supaya namanya dicantumkan dalam dokumen paten transistor. Kali lain, alasannya uang, terutama ketika yang terlibat perusahaan seperti Fairchild dan Texas Instruments yang tentu perlu mengganjar investor agar bisa terus memperoleh modal kerja untuk menciptakan temuan berikutnya.

Pada Januari 1959 para pengacara dan eksekutif Texas Instruments mulai terburu-buru mengumpulkan bahan untuk mendaftarkan paten sirkuit terpadu yang digagas oleh Kilby bukan karena mereka mengetahui apa yang Noyce tulis dalam buku catatannya, melainkan karena beredar rumor bahwa RCA telah mencetuskan gagasan yang sama. Mereka memutuskan mengajukan permohonan paten seluas dan seumum mungkin.

Strategi itu riskan karena menjadikan paten mudah digugat, seperti paten komputer bercakupan luas milik Mauchly dan Eckert yang kelak dibatalkan. Akan tetapi, jika diterima, paten tersebut akan menjadi senjata ofensif untuk menghalau siapa pun yang coba-coba membuat produk serupa. Aplikasi paten menyatakan temuan Kilby “adalah konsep miniaturisasi yang baru dan betul-betul lain”.

Walaupun aplikasi tersebut hanya menjabarkan dua sirkuit rancangan Kilby, tertulis pernyataan, “Tingkat kompleksitas dan jumlah konfigurasi sirkuit yang dapat dibuat dengan cara seperti ini tidaklah terbatas.” Akan tetapi, karena mereka tergesa-gesa, gambar bermacam metode untuk menyambungkan sejumlah komponen pada microchip dengan kawat tidak sempat dibuat. Satu-satunya contoh yang tersedia ialah model demonstrasi Kilby yang berjejaring kawat emas silang sengkarut. Tim Texas Instruments memutuskan menggunakan “gambar kawat ruwet” nama olok-olok yang kelak dianugerahkan untuk model tersebut sebagai ilustrasi.

Kilby sudah tahu versi yang lebih sederhana bisa dibuat menggunakan sambungan berupa cetakan garis-garis logam. Jadi, pada saat terakhir dia memberi tahu para pengacara agar membubuhkan kalimat yang mengklaim hak atas konsep itu juga. “Daripada membuat sambungan listrik menggunakan kawat emas, sambungan bisa diciptakan dengan cara lain. Contohnya ... silikon oksida bisa diuapkan ke permukaan pelat sirkuit semikonduktor .... Material seperti emas kemudian dapat diletakkan di atas bahan isolator dalam rangka menghasilkan sambungan listrik yang dibutuhkan.” Pendaftaran ini dimasukkan pada Februari 1959. 11 Ketika Texas Instruments mengumumkan temuan tersebut kepada publik pada Maret 1959, Noyce dan tim di Fairchild bergegas-gegas memasukkan permohonan paten tandingan.

Dalam rangka melindungi diri dari klaim Texas Instruments yang bercakupan luas, para pengacara Fairchild secara spesifik menjelaskan keistimewaan versi Noyce. Mereka memberi penekanan pada proses planar yang sudah Fairchild daftarkan terlebih dahulu ke kantor paten yang memfasilitasi pencetakan logam di sirkuit “untuk membuat sambungan listrik ke berbagai bagian semikonduktor”.

Lain dengan sirkuit yang “sambungan listriknya mesti dibuat dengan menempelkan kawat”, menurut permohonan paten Fairchild, metode Noyce memungkinkan “pembuatan komponen dan sambungan dengan cara yang sama pada saat berbarengan.”

Kalaupun Texas Instruments dianugerahi paten karena mampu menempatkan banyak komponen pada satu chip , Fairchild berharap bisa memperoleh paten karena menciptakan sambungan dengan garis-garis tercetak dan bukan kawat. Karena metode ini merupakan prasyarat untuk memproduksi microchip secara massal, Fairchild tahu nilai tawar mereka terkait perlindungan paten akan terdongkrak sehingga memaksa Texas Instruments meneken perjanjian lisensi silang dengan mereka. Pendaftaran Fairchild dimasukkan pada Juli 1959. 12 Sama seperti dalam perselisihan paten seputar komputer, sistem peradilan butuh bertahun-tahun untuk menekuri siapa yang sebenarnya berhak atas paten sirkuit terpadu dan pada akhirnya, persoalan itu nyatanya tidak terjawab di pengadilan.

Dua permohonan tandingan dari Texas Instruments dan Fairchild diserahkan kepada dua pemeriksa berlainan, yang masing-masing sepertinya tidak menyadari keberadaan paten lainnya. Walaupun berkasnya dimasukkan belakangan, permohonan paten Noyce disahkan terlebih dahulu pada April 1961. Noyce dinyatakan sebagai penemu microchip .

Para pengacara Texas Instruments mengajukan “gugatan berdasarkan prioritas”, mengklaim bahwa Kilby-lah yang terlebih dahulu mendapat ide. Dewan Arbitrase Paten kemudian menggelar sidang Kilby vs Noyce. Sidang mengharuskan pemeriksaan jurnal masing-masing dan kesaksian dari berbagai pihak untuk mencari tahu siapa yang kali pertama mencetuskan konsep umum; semua orang, termasuk Noyce, sepakat bahwa Kilby menelurkan idenya beberapa bulan lebih dahulu.

Akan tetapi, yang juga dipersoalkan, apakah aplikasi Kilby benar-benar mencakup proses teknologi kunci berupa pencetakan garis-garis logam di atas lapisan oksida dan bukan penggunaan banyak kawat mungil saja untuk membuat microchip .

Yang disoroti ialah kalimat yang Kilby imbuhkan di penghujung aplikasi, yakni “material seperti emas kemudian dapat diletakkan” di lapisan oksida. Apakah dia sudah menemukan proses spesifik ataukah semata-mata menyelipkan kalimat spekulatif? 13 Selagi kisruh berkepanjangan, kantor paten memperuwet keadaan dengan mengesahkan permohonan paten awal Kilby pada Juni 1964. Gugatan berdasarkan prioritas alhasil bertambah penting.

Putusan yang menguntungkan Kilby baru keluar pada Februari 1967. Delapan tahun setelah memasukkan paten, Kilby dan Texas Instruments kini dinyatakan sebagai penemu microchip . Masalahnya ialah kemelut ternyata belum usai. Fairchild naik banding dan pada November 1969, setelah mendengarkan semua argumen serta kesaksian, Pengadilan Banding Urusan Cukai dan Paten justru mementahkan kemenangan Kilby.

“Kilby gagal mendemonstrasikan,” pengadilan banding menyatakan, “bahwa istilah ‘diletakkan’... bermakna sama dengan teknik yang dewasa ini telah digunakan dalam bidang elektronika atau semikonduktor.” 14 Pengacara Kilby berusaha naik banding ke Mahkamah Agung AS, yang menolak mengadili kasus tersebut. Kemenangan Noyce, setelah tarik ulur selama sedasawarsa dan penggelontoran biaya legal sebesar lebih dari sejuta dolar, ternyata tidak bermakna secara praktis. Subjudul berita pendek di Electronic News berbunyi “Paten Dialihkan, Tetapi Takkan Ada Perubahan”. Saat itu proses hukum hampir tidak relevan lagi. Pasar microchip telah meledak sedemikian pesat sehingga semua orang berotak bisnis di Fairchild dan Texas Instruments menyadari bahwa riskan apabila mereka menyerahkan nasib ke tangan peradilan begitu saja.

Maka, pada musim panas 1966, tiga tahun sebelum keluarnya keputusan final pengadilan, Noyce dan para pengacara Fairchild bertemu dengan presiden dan penasihat hukum Texas Instruments untuk meneken kesepakatan damai. Masing-masing perusahaan menyerahkan sebagian hak kekayaan intelektual microchip kepada perusahaan satunya dan menyepakati lisensi silang.

Perusahaan-perusahaan lain harus membuat kesepakatan lisensi dengan kedua perusahaan itu, biasanya membayar biaya royalti sebesar 4% dari laba mereka. 15 Jadi, siapakah penemu microchip ? Sama seperti pertanyaan tentang siapa penemu komputer, putusan pengadilan tidak bisa memberikan jawaban memuaskan. Kemajuan hampir serempak yang diraih oleh Kilby dan Noyce menunjukkan bahwa waktu yang tepat telah tiba untuk inovasi tersebut.

Malahan, sudah banyak orang dari sepenjuru Amerika Serikat dan bahkan dunia, antara lain Werner Jacobi dari Siemens di Jerman dan Geoffrey Dummer dari Royal Radar Establishment di Britania, yang telah terlebih dahulu mengemukakan kemungkinan tentang sirkuit terpadu. Noyce dan Kilby sambil berkolaborasi dengan tim di perusahaan masing-masing kemudian menemukan metode praktis untuk memproduksi peranti semacam itu.

Walaupun Kilby mengajukan cara memadukan komponen-komponen ke dalam satu chip beberapa bulan lebih awal, capaian Noyce lebih daripada itu: dia merancang cara yang tepat untuk menyambungkan komponen-komponen tersebut satu sama lain. Desainnya dapat diproduksi massal secara efektif dan menjadi model umum bagi microchip pada masa mendatang. Terdapat satu hikmah inspiratif terkait pendekatan personal Kilby dan Noyce dalam menyikapi pertanyaan tentang siapa penemu microchip .

Mereka sama-sama orang baik, berasal dari komunitas kecil yang guyub di Midwest, dan bersahaja. Lain dengan Shockley, mereka tidak besar kepala ataupun digerogoti perasaan tak aman. Kapan pun topik tentang pengakuan dan penghargaan atas temuan mereka muncul ke permukaan, masing-masing bersikap royal dalam memuji kontribusi pihak satunya lagi. Itu sebabnya, menjadi lazim pula untuk memberi penghargaan kepada Noyce dan Kilby sebagai sesama penemu sirkuit terpadu.

Dalam salah satu sejarah lisan awal, Kilby dengan lembut menggerutu, “Sepengetahuan saya, gelar ‘sesama penemu’ biasanya tidak digunakan (untuk inovator yang bekerja secara terpisah), tetapi nyatanya itulah yang diterima.” 16 Walau demikian, Kilby akhirnya menerima dan sesudahnya malah berbesar hati.

“Saya menyesal dia sudah meninggal,” kata Kilby kepada para wartawan. “Jika dia masih di sini, saya memperkirakan kami akan berbagi hadiah ini.” Saat seorang fisikawan Swedia memperkenalkan Kilby dalam upacara penganugerahan dengan mengatakan temuannya berperan dalam meluncurkan Revolusi Digital global, Kilby menampakkan sikap terperangah nan rendah hati.

“Ketika mendengar kata-kata semacam itu,” responsnya, “saya teringat ucapan si berang-berang kepada kelinci saat mereka berdiri di dasar Bendungan Hoover, ‘Bukan aku yang membangunnya, tetapi bendungan ini memang dibuat berdasarkan gagasanku.’”

himedik.me

Belum ada Komentar untuk "MELINDUNGI TEMUAN "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel