MICROCHIP LEPAS LANDAS

himedik.me


MICROCHIP LEPAS LANDAS 


Pasar besar pertama untuk microchip adalah militer. Pada 1962 Strategic Air Command mendesain rudal baru berbasis darat, Minuteman II, yang masing-masing membutuhkan dua ribu microchip untuk sistem kendalinya saja. Texas Instruments memenangi hak sebagai supplier utama. Pada 1965 tujuh Minuteman dirakit tiap minggu dan Angkatan Laut juga membeli microchip untuk rudal kapal selamnya, Polaris. Lembaga-lembaga pengadaan logistik militer dengan cerdik berkoordinasi padahal mereka ini jarang-jarang melupakan persaingan antar-Angkatan untuk menstandarkan desain microchip . Westinghouse dan RCA kemudian mulai menyuplai sirkuit terpadu juga.

Oleh sebab itu, harga pasar segera saja anjlok sehingga microchip bukan saja ekonomis untuk rudal, melainkan juga untuk consumer product . Fairchild pun menjual chip kepada para pembuat senjata, tetapi lebih waswas akan kerja sama dengan pihak militer ketimbang para pesaingnya. Dalam hubungan militer tradisional, kontraktor bekerja diam-diam dengan perwira berseragam, yang bukan hanya mengatur pembelian, melainkan sekaligus menitahkan dan mengotak-atik desain.

Noyce yakin kemitraan semacam itu mengekang inovasi. “Arah penelitian ditentukan oleh orang-orang yang kurang kompeten.” 19 Dia bersikeras agar Fairchild mendanai pengembangan chip dengan uang sendiri sehingga berhak terus mengontrol proses tersebut. Jika produk Fairchild bagus, Noyce meyakini kontraktor militer ujung-ujungnya akan membeli juga.

Dan, ternyata benar. Program antariksa sipil Amerika Serikat menjadi faktor berikutnya yang mendongkrak produksi microchip . Pada Mei 1961 Presiden John F. Kennedy menyatakan, “Saya yakin sebelum dekade ini usai, bangsa ini sudah mencapai sasaran, yaitu mendaratkan manusia di bulan dan mengembalikannya dengan selamat ke bumi.” Misi tersebut, yang dikenal dengan nama program Apollo, membutuhkan komputer pemandu yang muat di dalam moncong pesawat ulang alik. Alhasil, dirancanglah komputer semacam itu dari nol, juga menggunakan microchip paling canggih yang bisa dibuat. Akhirnya, dirakitlah 75 Apollo Guidance Computer, masing-masing memuat lima ribu microchip yang seluruhnya identik. Fairchild memperoleh kontrak sebagai supplier .

Program tersebut tercapai beberapa bulan sebelum tenggat waktu Kennedy, yakni Juli 1969, ketika Neil Armstrong menjejakkan kaki di bulan. Saat itu program Apollo telah membeli lebih dari sejuta microchip . Permintaan pemerintah yang besar (dan dapat diprediksi) menyebabkan harga per unit microchip merosot dengan cepat.

 Chip purwarupa pertama untuk Apollo Guidance Computer berharga $1.000. Saat microchip dikeluarkan dari jalur produksi biasa, harga per unitnya hanya $20. Harga rata-rata microchip dalam rudal Minuteman senilai $50 pada 1962; pada 1968 menjadi $2. Maka, terbukalah peluang memasukkan microchip ke dalam alat untuk konsumen biasa. 20 Consumer product pertama yang menggunakan sirkuit terpadu ialah alat bantu dengar karena ukurannya mesti sangat kecil dan tetap akan terjual sekalipun agak mahal. Namun, permintaan alat bantu dengar nyatanya terbatas. Itu sebabnya, Presiden Texas Instruments, Pat Haggerty, mengulangi taktik yang telah terbukti ampuh pada masa lalu. Menciptakan alat baru termasuk ke dalam aspek inovasi juga; begitu pula dengan mengarang-ngarang cara populer untuk mempergunakan alat baru tersebut.

Haggerty dan perusahaannya piawai melakukan kedua hal itu. Sebelas tahun setelah memperkenalkan radio saku guna menciptakan pasar besar untuk transistor yang tidak mahal, Haggerty menjajaki kemungkinan yang sama untuk microchip . Ide yang terbetik di benaknya ialah kalkulator saku.

Di dalam pesawat dengan Jack Kilby, Haggerty menggambarkan idenya dan memberi Kilby pesan berikut: buatlah kalkulator genggam yang fungsinya sama dengan mesin hitung raksasa ribuan dolar yang bertengger di meja-meja kantor.

Usahakan agar mesin itu efisien sehingga bisa diberdayakan oleh kalkulator, cukup untuk dimasukkan ke saku baju, dan relatif murah sehingga bisa saja dibeli secara mendadak oleh konsumen yang impulsif. Pada 1967 Kilby dan tim memproduksi kalkulator yang memenuhi hampir semua keinginan Haggerty. Kalkulator itu hanya bisa mengerjakan empat operasi (tambah, kurang, kali, dan bagi) serta agak berat (satu kilogram kurang sedikit) dan masih kurang murah ($150). 21 Namun, produk itu sukses besar. Terbukalah pasar baru untuk peranti yang semula tidak dibutuhkan oleh orang-orang (atau setidak-tidaknya, demikianlah yang mereka kira). Sesuai kecenderungan yang biasa, kalkulator pun kian lama kian kecil, kian canggih, dan kian murah.

Pada 1972 harga kalkulator saku telah merosot menjadi $100, sedangkan angka penjualan telah mencapai 5 juta unit. Pada 1975 harga turun menjadi $25 saja, sedangkan angka penjualan berlipat dua tiap tahunnya. Pada 2014 kalkulator saku Texas Instruments dijual seharga 3 dolar 62 sen di Walmart.

himedik.me

Belum ada Komentar untuk "MICROCHIP LEPAS LANDAS "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel