Sejarah komputer harus tahu!

wowkece.me


Sejarah komputer harus tahu!


Terkadang sukses atau tidaknya inovasi bergantung pada waktu. Mujur benar apabila ide besar terlontar saat telah tersedia teknologi yang memadai untuk mengimplementasikannya. Salah satu contohnya ialah ide untuk mengirim manusia ke bulan yang muncul tepat ketika perkembangan teknologi telah mengenal microchip sehingga sistem berpandukan komputer dapat diinkorporasikan ke bagian kerucut hidung roket.

Kali lain ide terlahir jauh sebelum zamannya sehingga terkesan nyeleneh . Charles Babbage menerbitkan makalah mengenai komputer canggih pada 1837. Namun, baru seratus tahun berselang kemajuan teknologi menghasilkan seluruh perangkat yang dibutuhkan untuk merakit mesin yang Babbage angan-angankan.

Sejumlah kemajuan terkesan remeh. Namun, perkembangan dihasilkan bukan hanya oleh lompatan besar, melainkan juga akumulasi ratusan langkah kecil. Contohnya, kartu berlubang seperti yang Babbage lihat di mesin tenun Jacquard dan idenya dia pinjam untuk digunakan di Mesin Analitis rekaannya. Kartu berlubang disempurnakan sehingga nantinya pas untuk dimanfaatkan dalam komputer karena Herman Hollerith, pegawai Biro Sensus AS, gemas akan tabulasi Sensus 1880 secara manual yang membutuhkan waktu hampir delapan tahun. Dia pun bertekad tabulasi Sensus 1890 bisa dikerjakan secara otomatis.

Terinspirasi oleh kondektur kereta api yang membuat lubang-lubang berlainan di tiket untuk menandai ciri-ciri tiap penumpang (jenis kelamin, tinggi badan, umur, warna rambut), Hollerith merancang kartu berlubang yang terdiri atas 12 baris dan 24 lajur untuk mencatat fakta-fakta relevan mengenai tiap orang yang disensus. Kartu-kartu tersebut kemudian disisipkan ke celah antara sederet cawan raksa dan sederet jarum berpegas. Bila terdapat lubang, akan dihasilkan rangkaian listrik tertutup.

Mesin tersebut bukan saja dapat merekapitulasi jumlah total mentah, melainkan juga kombinasi beberapa ciri, semisal jumlah laki-laki yang sudah menikah atau jumlah perempuan yang lahir di luar negeri. Berkat tabulator Hollerith, Sensus AS 1890 dirampungkan dalam waktu satu dan bukan delapan tahun. Itulah kali pertama rangkaian listrik digunakan untuk memproses informasi besar-besaran, sedangkan perusahaan yang didirikan oleh Hollerith nantinya, pada 1924, setelah sejumlah merger dan akuisisi, mewujud menjadi International Business Machines Corporation atau IBM.

Kita dapat memandang inovasi sebagai akumulasi ratusan kemajuan kecil, seperti pencacah atau pembaca kartu berlubang. Di tempat-tempat seperti IBM, yang spesialisasinya menyempurnakan kreasi dari hari ke hari lewat kerja tim, inilah cara yang lebih berterima untuk melihat inovasi. Sejumlah teknologi terpenting pada zaman kita, seperti teknologi fracking yang dikembangkan sepanjang enam dasawarsa terakhir untuk mengekstraksi gas alam, terlahir berkat akumulasi sekian banyak inovasi kecil-kecilan dan segelintir terobosan besar.

Terkait komputer, memang banyak kemajuan inkremental yang diciptakan oleh para insinyur anonim di tempat-tempat seperti IBM. Namun, itu saja belum cukup. Walaupun dapat mengompilasi data, mesin-mesin yang diproduksi IBM awal abad ke-20 tidak bisa disebut komputer. Mesin-mesin tersebut bahkan tidak bagus-bagus amat sebagai kalkulator; kerjanya payah. Untuk melahirkan komputer sesungguhnya, di samping beratus-ratus kemajuan minor, dibutuhkan lompatan besar nan imajinatif dari para visioner yang kreatif.

wowkece.me

Belum ada Komentar untuk "Sejarah komputer harus tahu!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel