Sisihkan waktu Anda untuk merenung!

fawaz.id


Sisihkan waktu Anda untuk merenung!


Sebelum mengambil tindakan dan mulai mengubah segalanya dalam hidup, saya menyarankan Anda menyisihkan waktu untuk merenungkan bagaimana hidup Anda saat ini dan bagaimana dulu Anda membayangkan hidup Anda semestinya. Saya yakin beberapa hal akan sesuai dengan keinginan Anda, tapi pasti juga ada bagian bagian yang tidak berhasil.

Dalam kondisi gila saat sebagian besar dari kita biasanya menjalani hidup, kita memiliki sedikit waktu hanya untuk duduk dan merenung tapi menurut saya renungan adalah alat yang sangat hebat. Dengan merenungkan perjalanan yang membawa Anda sampai ke titik ini dalam hidup berarti kita mengingat segala hal, yang baik maupun yang buruk, semua impian dan keinginan. Dengan merenungkan ini, berarti Anda sedang menilai kondisi Anda saat ini, dan ini bisa benar-benar mendorong proses perubahan karena Anda akan termotivasi oleh harapan-harapan masa lalu Anda terhadap hidup.

Ada alasan mengapa meditasi telah menjadi begitu populer dalam budaya barat modern tentu saja mengingat bahwa meditasi telah populer dalam beberapa budaya lain selama ribuan tahun. (Mungkin kami tidak bereaksi secepat itu). Merenung dengan tenang adalah suatu bentuk meditasi dan hasilnya akan sangat bermanfaat jika kita meluangkan waktu dan menciptakan lingkungan yang tepat untuk melakukannya.

Jadi, selain menyarankan Anda meluangkan waktu untuk merenungkan kondisi Anda hari ini, saya juga sangat menyarankan Anda menyediakan waktu untuk merenung setiap hari mungkin pada penghujung hari atau mungkin pada pagi hari setelah bangun tidur. Terserah Anda kapan melakukannya, tapi hal-hal yang perlu direnungkan adalah "Bagaimana hari yang baru saja Anda alami? Apa saja yang berjalan dengan baik dan apa saja yang tidak? Apa yang bisa Anda lakukan dengan lebih baik? Apa yang bisa Anda banggakan?"

Hal yang lucu tentang merenung adalah Anda harus melatih pikiran untuk melakukannya; Anda harus mengajukan pertanyaan pertanyaan. Pada tahap awal, pikirkan empat atau lima pertanyaan dan tanyakan pada diri Anda pada saat sesi merenung harian yang dipilih. Setelah beberapa saat, pertanyaan-pertanyaan itu akan terbentuk dalam pikiran Anda secara otomatis. Aktivitas ini akan sangat menenangkan dan Anda akan lebih mampu menghentikan kebiasaan buruk jika telah menyadarinya sehari-hari.

Apa yang bisa saya lakukan hari ini? 


Luangkan waktu untuk duduk dan berpikir, jauh dari telepon, pelanggan, keluarga, atau gangguan lain yang bisa mencegah Anda dari berpikir jernih. Kemudian duduk dan renungkan, atau mungkin tuliskan beberapa hal yang ada di pikiran Anda. Namun, secara umum berdamailah dengan segala hal yang telah terjadi dan membawa Anda sampai titik ini dalam hidup. Kemudiakan sediakan waktu untuk melakukan aktivitas ini setiap hari.

Pahami musuh Anda apa saja yang membuat Anda kelimpungan?

Jika ada orang yang bertanya apa yang mengganggu keseimbangan antara bisnis dan hidup saya, saya bisa dengan mudah menyebutkannya:

Terlalu banyak membuat komitmen atas waktu saya (saya tidak bisa mengatakan tidak dan saya menjadi bersemangat jika ada proyek baru yang menarik).

Aspek-aspek menjalankan perusahaan yang tidak saya kuasai dengan baik (pembukuan, prosedur operasional, dan sebagainya).

Gangguan sehari-hari yang menghalangi saya menyelesaikan pekerjaan (saya menerima ratusan surel, tak terhitung berapa panggilan telepon, surat, tamu, dan sebagainya setiap hari).

Internet saya mencintainya sekaligus terganggu olehnya, dan harus mencari-cari waktu untuk mengerjakan proyek yang belum saya selesaikan akibat perhatian yang teralihkan oleh internet (seperti yang bisa Anda tebak, rentang perhatian saya sangat pendek).

Manajemen waktu yang buruk. 


Inilah saya yang sepenuhnya jujur tentang diri saya sendiri. Saya menyelesaikan banyak pekerjaan, jam kerja saya panjang, dan saya memiliki harapan yang tinggi terhadap diri sendiri, tapi semua hal di atas mengacaukan saya lebih cepat dari apa pun juga. Saya beruntung karena memiliki tim hebat yang bekerja bersama saya; mereka sangat sadar akan semua hal di atas dan melakukan yang terbaik untuk mencegahnya dari mempengaruhi saya.

Saya menyarankan Anda untuk menuliskan daftar masalah Anda sendiri. Apa saja yang menyebabkan frustrasi terbesar dalam bisnis Anda? Apakah kekhawatiran tentang uang? Pengaturan staf? Apakah disebabkan oleh para pemasok? Atau pelanggan? Sekali lagi, jika bisa, usahakan untuk menuliskannya dengan spesifik. Seringkali kita belum sungguh-sungguh meluangkan waktu untuk memikirkan penyebab kegelisahan kita sehari-hari. Setelah menuliskannya, Anda bisa mulai mengatasinya dan bahkan yang lebih penting, Anda bisa meminta bantuan orang-orang di sekitar Anda yang pada umumnya bisa melihat bahwa Anda sedang perlahan-lahan menghancurkan diri sendiri saat melawan perasaan panik karena kewalahan menjalankan bisnis.

Apa yang bisa saya lakukan hari ini? 


Buat daftar masalah yang sepertinya menyebabkan kesedihan terbesar dalam hidup Anda sehari-hari. Setelah menuliskannya, letakkan di tempat yang mencolok dan buatlah komitmen untuk mengatasi setiap masalah tersebut secara tuntas. Minta orang-orang untuk membantu Anda.

fawaz.id

Belum ada Komentar untuk "Sisihkan waktu Anda untuk merenung!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel