Strategi penulisan artikel, terbaru!

telset.me


Strategi penulisan artikel, terbaru!


Literatur ilmiah yang sering disingkat sebagai literatur, adalah publikasi ilmiah yang melaporkan pekerjaan empiris dan teoritis asli dalam ilmu-ilmu alam dan sosial, dan dalam bidang akademik. Penerbitan akademis adalah proses publikasi artikel ilmiah ke dalam jurnal ilmiah atau dalam bentuk buku terbitan, yang sering membutuhkan proses peer-review. Penelitian ilmiah asli diterbitkan untuk pertama kalinya dalam jurnal ilmiah disebut literatur primer. Paten dan laporan teknis, untuk hasil penelitian kecil dan rekayasa dan desain pekerjaan (termasuk perangkat lunak komputer), juga dapat dianggap literaturprimer. Literatur sekunder termasuk artikel review (yang merangkum temuan penelitian yang diterbitkan untuk mengekpos hasil penelitian baru) dan buku (untuk proyek-proyek besar atau argumen yang luas, termasuk kompilasi dari artikel). Literatur tersier mungkin termasuk ensiklopedi dan karya-karya serupa yang ditujukan untuk konsumsi publik luas.

Sebagai seorang ilmuwan, kita diharapkan untuk berbagi pekerjaan penelitian dengan orang lain dalam berbagai bentuk. Publikasi yang paling mudah disebarluaskan adalah dengan menulis artikel yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah, dimana setiap orang mudah mengaksesnya tanpa batas tempat dan waktu. Artikel yang memiliki standar kualitas yang tinggi, akan secara resmi disebarluaskan, diarsipkan dan disitasi banyak peneliti lainnya. Oleh karena itu, artikel ilmiah yang berkualitas tinggi di jurnal dengan reputasi terbaik merupakan sesuatu yang berharga, referensi abadi bagi para ilmuwan lainnya - dan untuk diri kita juga. Bahkan, jumlah artikel yang telah publikasi dengan impact factor (IF) tinggi sering dipasang sebagai refleksi dari prestasi ilmiah kita. Menulis karya ilmiah berkualitas tinggi membutuhkan waktu, tetapi waktu yang diinvestasikan dengan baik.

Harus disadari bahwa setiap jenis artikel ilmiah spesifik sesuai disiplin ilmunya, melayani tujuan yang berbeda, dan dinilai dengan kriteria yang berbeda. Penulis mengirimkan karyanya ke dalam format yang sesuai agar peluang diterimanya besar.

Langkah yang harus dilakukan

Langkah-langkah yang sebaiknya disiapkan untuk memudahkan dalam menulis dan mengembangkan tulisannya, oleh karena itu pastikan bahwa yang akan ditulis memenuhi persyaratan, meliputi:

Orisinalitas - Menghasilkan ide orisinalitas dari kerangka berfikir yangPenulisbangun sendiri, dan pengembangan inovatifsaat melakukan penelitian. Hal ini akan membantu untuk meningkatkan kualitas isi tulisan dariartikel ilmiahyang disusun Penulis.

Latar Belakang pengetahuan - Pelajari semua literatur secara menyeluruh sebelum Penulis mulai menulis naskah. Sangat penting dalam mensitasi karya ilmiah, buku atau makalah klasik yang relevan, maupun karya terbaru. Sebagian besar universitas memiliki akses ke perpustakaan digital yang luas, dan sebaiknya Penulis membiasakan diri dengan sistem baru/terbaru untuk memudahkan proses menulis dan mengedit tulisannya. Jika Penulis tidak tahu dimana mencari literatur yang relevan, disarankan mencari makalah review pada topik yang relevan dengan pekerjaan Penulis. Ulasan pada jurnal review sering memberikan cara penulisan yang konprehensif, diawali dari publikasi yang lama yang relevan dan publikasi terbaru yang linier dengan kajian ilmiah yang ingin kita publikasikan.

Konsolidasi informasi penting - Pastikan bahwa Penulis memiliki semua data yang diperlukan tersedia, termasuk angka, grafik dan tabel, serta daftar referensi yang paling penting.

Tujuan yang akan di capai

Berbagai jenis publikasi jurnal terbit sesuai dengan disiplin ilmu yang ada. Hal ini penting disadari bahwa setiap jenis publikasi yang ada selama ini, memiliki tujuan yang berbeda, dan karenanya dinilai dengan kriteria yang berbeda. Jenis publikasi ilmiah yang ditulis harus jelas dan dalam penyusunannya mengikuti pedoman yang ditetapkan untuk jenis jurnal publikasi tertentu. Setiap jurnal memiliki gaya masing-masing yang dirinci dalam petunjuk untuk penulis (instructions to authors) atau panduan untuk penulis (guide for authors).

Pada setiap waznd.me telah diuraikan dengan jelas dan runut agar pembaca memahami dengan mudah. Pada waznd.meg 1 dan 2 disampaikan definisi dan strategi jitu publikasi ilmiah, hal ini menjelaskan terkadang penolakan tulisan kita bukan hanya karena bahasa yang digunakan tetapi juga penataan gambar dan tabel, menata kerangka berfikir yang ingin disampaikan, tulisan yang informatif dan tidak meluas ke hal-hal yang tidak diperlukan dan hal yang kurang diperhatikan padahal penting untuk penulisan yang benar. Penjelasan tentang dasar-dasar mendesaindan menulis karya ilmiah diawali dengan logika penyusunan, konsep riset yang dijalankan, memilih tipe manuskrip, struktur penulisan dan penyusunan urutan penulis yang benar dijabarkan pada waznd.me.

Etik riset sangat dijunjung tinggi dalam sebuah riset termasuk juga plagiarisme, fabrikasi dan data yang keliru, dijelaskan di waznd.me 14. Kelengkapan saat mendaftarkan manuscript atau naskah ilmiah, bukan sekedar hanya mensubmit naskah tersebut tetapi juga harus dilengkapi persyaratan-persyaratan yang lain. Untuk persyaratan tersebut pada waznd.me 15 menyampaikanakan kebutuhan kelengkapan persyaratan tersebut, seperti cover letter, title page, copyright transfer agreement, Highlight abstracting, dan conflict of interest, semua dibahas dengan tuntas.

telset.me

Belum ada Komentar untuk "Strategi penulisan artikel, terbaru!"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel