Ubah faktur Anda menjadi alat penjualan

himedik.me


Ubah faktur Anda menjadi alat penjualan 


Hampir semua perusahaan mengirimkan faktur dan laporan secara teratur. Faktur biasanya disebarkan ke sejumlah tangan sebelum sampai di tangan orang yang menandatangani cek. Ini merupakan peluang untuk mempromosikan bisnis Anda ke sejumlah orang yang memang sudah tahu bisnis Anda, tapi mungkin belum secara keseluruhan.

Inilah yang kerap kita sebut dengan ‘soft-sell’ atau ‘peneguhan positif’ terhadap pesan perusahaan Anda. Barang kali Anda akan menyediakan ragam produk baru, ada perubahan harga, jam bisnis, atau sekadar ingin memperkuat pesan perusahaan yang sudah Anda sebarkan.

Sebuah perusahaan software komputer yang biasa saya gunakan memanfaatkan faktur perusahaannya untuk mengenalkan anggota staf baru setiap bulan. Misalnya, faktur Januari berisi foto Bill Higgins, Sales Manager, dengan gambaran singkat riwayat karier dan tugas-tugas apa yang dijalankannya di perusahaan. Ini memberikan nuansa yang sangat personal bagi bisnisnya dan meningkatkan level kesadaran saya terkait orang-orang yang berhubungan dengan saya.

Pengenalan staf baru perusahaan juga mengurangi penekanan faktur sebagai suatu tagihan dan saya yakin bahwa saya membayar akun ini lebih cepat karena mereka memiliki rasa yang sangat pribadi. Saya juga merasa bahwa saya seolah menjadi bagian perusahaan itu, seorang pelanggan berharga yang sampai diberi unjuk sisi-dalam sebuah perusahaan sukses.

Perusahaan lain yang juga biasa saya gunakan mengirimkan pamflet berisi lelucon, pengakuan positif, motivasi, dan materi materi menarik. Sungguh seru saat menerima faktur ini dan saya tahu bahwa yang seperti ini akan cepat dibayar. Mereka telah berhasil membuat saya tertawa atau tersenyum sehingga mereka layak untuk dibayar dengan cepat. Berapa banyak tagihan yang Anda tunggu?

Saya juga mendengar bahwa metode ini digunakan saat orang terlambat membayar tagihan. Masukkan foto keluarga Anda ke dalam amplop berikut catatan singkat di sebaliknya yang berbunyi ‘berat sekali menghidupi anak-anak kami saat perusahaan Anda lamban membayar tagihan’. Ini sangat efektif. Tentunya, Anda harus memilih pelanggan yang tepat dalam hal ini (karena sebagian pasti merasa cara-cara seperti itu tidak patut). Ide ini dapat dibuat lebih humor, tergantung pada bagaimana Anda melakukannya. Misalnya, mengirim foto anjing yang memandang dengan raut sedih ke arah mangkuk makannya yang kosong, atau toples kue kosong, dan yang mirip-mirip seperti itu.

Cara lain yang tak kalah efektif agar orang teringat dan membaca faktur Anda adalah menggunakan warna yang benar benar mencolok. Faktur dikirim di atas kertas hijau fluorescent (berpendar dalam gelap). Benar-benar mencairkan suasana saat kami mengejar tagihan yang lewat tempo karena semua orang ingat faktur hijau tersebut.

Faktur bisa menjadi alat pemasaran yang ampuh. Hal paling buruk yang bisa terjadi hanyalah Anda dibayar lebih cepat. Karena Anda sudah mengirimkan faktur, satu-satunya biaya tambahan adalah pembuatan pamflet.

‘Jual’ diri Anda meski Anda sedang tidak di sana

Semua orang paling benci jika diminta menahan telepon, tapi begitulah hidup. Jika Anda memiliki teknologi untuk memutar musik nada tunggu, Anda bisa mengisinya dengan pesan perusahaan. Ini merupakan kesempatan untuk memberitahu calon pelanggan tentang perusahaan dan layanan yang Anda tawarkan.

Ada banyak sekali perusahaan yang menggunakan ‘pesan nada tunggu’ dan biayanya sangat terjangkau. Seperti mayoritas ide pemasaran lain, ide ini pada dasarnya adalah seseorang meluangkan waktu untuk mencari perusahaan yang membuat ‘pesan nada tunggu,’ lalu benar-benar memasang layanan tersebut. Tipe pemasaran ini menghasilkan citra perusahaan yang sangat bagus dan banyak perusahaan kecil berhasil menampilkan kesan sebagai perusahaan besar dengan memanfaatkan pesan nada tunggu yang profesional.

Prinsip yang sama dapat diterapkan di mesin penjawab dan voicemail pada ponsel. Banggalah terhadap bisnis Anda dan ambil setiap kesempatan untuk mempromosikan layanan Anda. Coba hal berikut:

Daripada

‘Hai, Anda menghubungi Jim Davies. Saya tidak dapat menjawab telepon Anda saat ini, silakan tinggalkan nama dan nomor Anda, saya akan menghubungiAnda secepatnya.’

 Lebih baik

‘Hai, Anda menghubungi Jim Davies dari Precision Engine Tuning, spesialis reparasi mesin di Brooklyn. Saya tidak dapat menjawab panggilan Anda saat ini, tapi saya akan dengan senang hati menghubungiAnda kembali dan mendiskusikan bagaimana Precision Engine Tuning dapat melayaniAnda.’

Buat pesan yang singkat dan langsung ke poin, manfaatkan momen bahwa orang sedang menghubungi Anda, tetapi ingat bahwa mereka selalu sibuk dan tidak mungkin mau menghabiskan sepuluh menit mendengarkan nada pesan Anda. Memang Anda tidak akan kehilangan satu sen pun jika meninggalkan pesan yang lebih panjang, tetapi jika Anda mampu mendapatkan satu tambahan klien per tahun, hasilnya akan lumayan.

Saya pernah melakukan panggilan menarik ke sebuah perusahaan keuangan besar. Seperti biasa, ada ratusan pilihan, tekan ini untuk bla-bla, tekan itu untuk bla-bla, dan akhirnya muncul pengingat, "Jika Anda muak menunggu dan muak memilih-milih, silakan tekan 9." Setelah saya tekan angka itu, ternyata isinya adalah sebuah rekaman komedian yang sedang melakukan panggilan lucu saat harus menunggu orang mengangkat telepon. Ini benar-benar membuat saya tertawa selagi menunggu salah satu staf layanan pelanggan menjawab telepon saya.

himedik.me

Belum ada Komentar untuk "Ubah faktur Anda menjadi alat penjualan "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel