Ucapan terimakasi untuk jalinan Bisnis

telset.me


Ucapan terimakasi untuk jalinan Bisnis


Poin yang telah saya tekankan di buku ini adalah pentingnya memberitahu pelanggan bahwa Anda menghargai mereka. Cara yang sangat mudah untuk melakukannya adalah mengirimkan kartu ucapan terima kasih.

Saya pernah bekerja sebagai manajer penjualan selama beberapa tahun untuk sebuah perusahaan kapal pesiar. Tugas saya waktu itu adalah memanggil pemborong di Asia dan Amerika. Semua bisnis yang kami terima sudah merupakan bonus karena kami memulai dari nol. Manajemen kami sangat menghargai kepercayaan yang diperlihatkan perusahaan ini kepada kami, yaitu dengan mengirimkan pelanggan mereka ke kapal kami. Untuk menyampaikan rasa terima kasih ini, dibuatlah semacam piagam penghargaan yang dikirim ke beragam perusahaan atas pencapaian target tertentu. Kami mengirimkan piagam penghargaan atas pemesanan perdana dan ketika bisnis semakin besar, piagam pun semakin jarang, tetapi nilainya semakin tinggi.

Dulu saya bertanya-tanya apakah perusahaan sebesar ini benar-benar peduli ingin mendapatkan piagam kecil dari pelaku kecil seperti kami yang ada di belahan bumi lain. Seiring waktu, saya melakukan panggilan kepada sekitar 100 perusahaan secara teratur dan saya pun mengetahui bahwa semua mereka menampilkan piagam penghargaanya dengan penuh hormat, biasanya di ruang tunggu atau ruang rapat. Itulah saya benar-benar mengerti bahwa semua orang itu senang dihargai.

Berkat itu saya juga mengerti bahwa bisnis kami semakin terpapar luas karena mampu berada di tempat terhormat di dinding perusahaan-perjalanan besar. Dinding yang sama tempat banyak pelanggan mereka datang untuk memesan kapal.

Setiap bisnis memiliki pelanggan yang berbelanja banyak dan sedikit. Susun anggaran yang sesuai dengan bisnis Anda dan buatlah piagam penghargaan dari itu. Wujudnya bisa sesederhana surat kepada perusahaan atau piagam khusus yang menunjukkan tipe bisnis yang Anda jalankan.

Saya pernah menerima hadiah ucapan terima kasih dari seorang akuntan. Wujudnya adalah kalkulator dengan tombol yang sangat besar. Nama perusahaan tercetak di kalkulator, berikut sebuah pesan yang berbunyi, “Kami sangat menghargai bisnis Anda.” Surat yang menyertai hadiah ini menjelaskan bahwa, seperti kalkulator yang ‘mudah digunakan’ itu, mereka ingin memberikan layanan yang ‘mudah digunakan’ kepada bisnis saya. Saya rasa ide ini sangat cerdas dan saya pun bahkan teringat selama bertahun tahun.

Belakangan kami melakukan sebuah survei besar terhadap wisatawan yang bertolak dari sebuah bandara internasional. Ini merupakan proyek rumit yang memakai banyak komunikasi antara bisnis kami dan pihak manajemen bandara. Perwakilan dari bandara sangat profesional dan membantu. Asisten perempuan ini benar benar menjadikan proyek berjalan mulus dan sukses.

Setelah proyek selesai, kami mengirimkan banyak bunga dan surat yang menyatakan rasa terima kasih kami atas bantuan yang telah kami terima. Inilah yang selalu kami lakukan. Jika seseorang keluar dari tempatnya untuk memberikan bantuan, kami pun tidak segan-segan keluar dari tempat kami untuk mengulurkan bantuan. Tak jarang, kami mengirimkan surat kepada bos mereka yang isinya adalah betapa luar biasanya orang yang sudah melampaui batas pekerjaan dan bersedia membantu kami dalam proyek tertentu.

Kami selalu tulus dalam memuji dan kami pun hanya melakukannya kepada orang yang benar-benar telah membantu.

Menariknya, kapan pun kami berurusan dengan orang yang sama untuk kali yang lain, mereka selalu dengan senang hati membantu. Kami juga menghasilkan banyak bisnis dengan melakukan ini karena orang yang kami ucapi terima kasih juga memberitahu orang lain bahwa kami adalah perusahaan yang luar biasa untuk diajak bekerjasama.

Ucapan ‘terima kasih’ bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Belakangan, kami membeli damper senilai 2 juta untuk promosi yang sedang kami jalankan. Sebagai ucapan terima kasih, sang tukang roti memberi kami roti Italia gurih berukuran besar. Sekarang, ini hanya hadiah kecil dari mereka tapi kami sangat menghargainya dan mengingat bahasa tubuh mereka dengan menuliskannya di buku ini. Sekarang, kami selalu membeli roti dari penjual ini.

Andalah yang menentukan bagaimana cara terbaik untuk menghargai pelanggan dan rekanan bisnis. Mereka pasti akan mengingat dan Anda akan memetik ekstra bisnis dan iklan getok tular (word-of-mouth) yang biayanya sangat kecil.

Berapa banyak surat ucapan terima kasih (tulis-tangan) yang Anda terima setiap hari? Jika kotak surat Anda seperti yang saya punya, tebakan saya jawabannya adalah nol. Orang enggan menulis surat ucapan terima kasih, tapi mereka harus melakukannya. Belilah beberapa perangko, kartu pos, atau kartu ucapan selamat dari toko terdekat, dan mulailah menulis. Respons yang Anda dapatkan dijamin membludak seketika. Jika ingin memelihara bisnis Anda dalam waktu lama, Anda harus memperlihatkan bahwa Anda menghargai pelanggan dan bisnis mereka.

Salah satu tenaga-penjual mobil paling sukses di Amerika Serikat menghabiskan lebih banyak uangnya untuk membeli kartu dan perangko setiap tahun ketimbang yang didapatkan oleh hampir semua koleganya. Ia mampu menjual antara lima hingga enam kendaraan setiap hari dan hampir semua pelanggan hanya membeli kendaraan darinya. Ia mengirimkan kartu ucapan ulang tahun, kartu ucapan terima kasih, kartu Natal, dalam jumlah yang sangat banyak. Hasilnya adalah kumpulan klien loyal yang menjadi pelanggan dan sekaligus temannya.

Siapa yang harus mengirimi Anda kartu ataupun surat ucapan terima kasih? Jawabannya adalah siapa saja.

telset.me

Belum ada Komentar untuk "Ucapan terimakasi untuk jalinan Bisnis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel