10 Software desain animasi 3D terbaru 2020


Fawaz.id – 10 Software desain animasi 3D terbaru 2020 | Melakukan aktivitas berupa menggambar animasi dengan 3 Dimensi telah menjadi hobi bagi banyak kalangan. Ada yang mendalaminya sebagai sekedar suka saja ada juga yang menjadikan hobi tersebut sebagai pekerjaan dan menghasilkan cuan dari aktivitas menggambar animasi 3 Dimensi itu.

Karena menjadi sebuah kebutuhan dengan hasil yang menjanjikan, maka sekarang banyak bermunculan sekolah atau fakultas yang menyediakan pendidikan berupa animator. Seperti halnya seorang illustrator yang erat kaitannya dengan design dan mendesain, telah banyak aplikasi perangkat lunak animasi 3D yang cocok digunakan untuk pemula.

Perangkat lunak untuk desain 3 Dimensi yang canggih ada yang gratis dan juga yang berbayar. Masing-masing memili fitur yang berbeda maka dari itu penyesuaian dengan pengguna lebih diutamakan.

Bagi anda yang tertarik menggunakan software animasi 3 Dimensi yang mudah perlu memilih aplikasi perangkat lunak yang mendukung.

Memilih aplikasi perangkat lunak yang salah maka hasilnya tidak akan sesuai dengan harapan model 3 Dimensi yang diinginkan.

Hal lain yang turut mempengaruhi adalah kemampuan dan skill dari pengguna itu sendiri. Namun, jangan memikirkan secara berlebihan sebagai berikut akan disajikan aplikasi pembuat animasi 3 Dimensi terbaik untuk pemula dan lanjutan yang layak anda coba dan galuti.

10 Software desain animasi 3D terbaru 2020


1. Autodesk Maya


Autodesk Maya adalah sebuah software pertama yang disebut sebagai aplikasi pembuat animasi 3 dimensi yang memiliki banyak keunggulan. Kemunculannya aplikasi Autodesk Maya sangat cocok bagi anda yang pemula. Terdapat banyak fitur yang lengkap namun tidak sebanding dengan harga aplikasi Autodesk Maya yang ditawarkan. Meskipun termasuk kedalam software yang berbayar dan tentunya bukan free, pemula masih dapat mendapatkannya secara gratis.

2. Blender


Blender adalah aplikasi dari open sourch paling terkenal di dunia digital. Aplikasi Blender ini meskipun termasuk dalam software yang gratisan, kualitasnya tidak kalah dengan banyak aplikasi lainnya yang berbayar. Di dalamnya, anda sebegai seorang pengguna dan juga pemula sudah profesional sekalipun untuk membuat konten yang beragam. Kekurangannya sedikit sulit digunakan untuk pemula.

3. Cinema 4D


Software Cinema 4D  ini paling direkomendasikan untuk para pemula. Mengapa demikian? Sebab Cinema 4D ini tidak serumit aplikasi Blender dan Autodesk Maya. Selain itu dalam pemanfaatannya sendiri, Anda tidak perlu spesifikasi laptop yang mempuni. Meskipun demikian hasilnya akan sama baik dengan software 3D terbaik lainnya. Percaya atau tidak, aplikasi ini memang cocok untuk pemula.

4. Autodesk Mudbox


Software Autodesk Mudbox ini memiliki kegunaan yang beragam. Mulai dari untuk modelling 3D, pahat dan texturing. Sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan Anda untuk menghasilkan gambar animasi sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya menciptakan karakter karakter hasil dari imajinasi Anda sendiri, pasti akan sangat seru. Hasilnya pun bukan main main karena sangat bagus untuk level pemula. Sayangnya tidak ada versi gratis dalam aplikasi Autodesk Mudbox.


5. Zbrush


Kegunaan Zbrush hampir sama dengan Autodesk Mudbox yaitu untuk modelling 3D, pahat dan texturing. Kualitas yang diberikan pun sebenarnya tidak kalah bagus dan cocok untuk memenuhi kebutuhan imajinasi Anda. Selain itu Anda dimungkinkan untuk mengekspor model 3D dari aplikasi lainnya sehingga memberikan tulang dengan teknik rigging serta menggerakkannya.

Ada banyak sekali fasilitas dan fitur lengkap yang bisa Anda dapatkan di aplikasi pembuat animasi tiga dimensi yang dinamai Zbrush ini. Sangat bisa diandalkan untuk semua kalangan termasuk Anda yang masih awam atau pemula dalam hal menggunakan ataupun teknik membuat desain.

6. Posser


Posser adalah jenis perangkat lunak 3D yang dapat dimanfaatkan untuk modelling karakter manusia. Hasil animasi yang diciptakan pun sangat bagus serta lebih realistis daripada aplikasi yang lainnya. Selain itu, para pemula akan semakin dimudahkan juga dalam hal penggunaannya karena sangat praktis dan tidak rumit.

Dari segi kemudahan fitur memang software yang satu ini tidak bisa diragukan lagi kehadirannya. Meskipun sebagaimana yang kita tahu ada banyak perangkat lunak yang bagus, Posser menjadi salah satu yang paling layak untuk dicoba.

7. Carrara


Carrara adalah perangkat lunak keluaran dari DAZ 3D. Aplikasi yang satu ini dapat dikatakan berbeda dengan aplikasi yang lainnya sebab software carrara digunakan untuk membuat sebuah simulasi. Sebagai contoh simulasi kecelakaan mobil, banjir, ledakan api dan lain sebagainya. Selain itu carrara juga mampu mengkomposisikan antara rekaman nyata dengan animasi simulasi loh.

8. Autodesk 3Ds Max


Yang tidak ketinggalan disebutkan dalam daftar ini adalah Autodesk 3D Max yang sebenarnya adalah kakak dari maya yang asalnya sama dari autodesk. Jika Anda menyimak pada software pertama yang kita sebutkan pada daftar ini, software Autodesk 3D Max lebih rumit dari pada maya. Namun walaupun begitu, Aplikasi ini cukup mudah digunakan untuk mode script  di permainan. Sehingga Anda akan bisa menggunakannya juga untuk membuat sebuah game.

9. 3D Slash


Pernah mendengar kepopuleran dari aplikasi 3D Slash yang satu ini? Yup, aplikasi ini memiliki banyak sekali pujian sebagai alat pemodelan animasi 3D termudah dipasaran loh. Bagaimana tidak? Fitur antarmukanya sangat unik. Selain itu aplikasi ini juga menawarkan pengalaman yang intuitif. Anda akan menemui seperangkat tool lalu pengguna dapat memulai berkarya membuat model dengan memotong kubus. Menarik sekali bukan?

10. Bforartist


Aplikasi animasi 3D berikutnya dalam daftar ini adalah Bforartist. Aplikasi ini sendiri merupakan jawaban dari para pengguna aplikasi animasi 3 dimensi yang merasa kesulitan dalam hal pemanfaatan khususnya terkait antarmuka pengguna. Software yang satu ini mampu menjadi solusi yang praktis untuk para pemUla yang bingung dengan banyaknya aplikasi.

Ada banyak alasan mengapa Bforartist memang mudah digunakan. Sebagai contoh di Bforartist mempunyai tema yang mudah dibaca. Hal ini dikarenakan sang pengembang sudah memilih dan menerapkan font baru yang bisa meningkatkan skema warna menjadi lebih kontras dan baik.

Uraian diatas adalah 10 Software desain animasi 3D terbaru 2020. Dari deskripsi singkat yang diberikan Anda akan dibantu untuk lebih mengenal kelebihan dan kekurangannya. Anda juga diberi tahu fitur dan fasilitas lengkap dari aplikasi pembuat animasi tiga dimensi tersebut.

Mungkin Anda yang sudah lama menekuni dunia desain mendesain animasi sudah tidak asing lagi dengan 10 Software desain animasi 3D terbaru 2020. Sebab deretan aplikasi canggih tersebut termasuk perangkat populer yang memiliki banyak penggemar sampai dengan sekarang. Berbagai versi terbaru yang dimunculkan akan sangat membantu Anda mencipkan gambar animasi terbaik. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "10 Software desain animasi 3D terbaru 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel