3 Jenis kopi terkenal di Indonesia terbaru 2020


Fawaz.id - 3 Jenis kopi terkenal di Indonesia terbaru 2020 | Kopi merupakan sarapan para mas-mas setiap hari tanpa adanya kopi hidup seseorang tidak dapat berpikir jernih.
Itulah yang saya terima dari nikmat nya meminum kopi. Memang kopi mengandung kafein yang mengakibatkan kecanduan.
Namun disisi lain juga memiliki manfaat yang begitu banyak mulai dari dapat membantu seseorang dalam proses berpikir.
Misalnya seorang penulis perlu adanya kopi untuk berimajinasi. Dan lain sebagainya.
Berikut ini merupakan 3 jenis kopi terkenal di indonesia yang tidak kalah bersaing dengan produk luar.

1. Liberika

Sama seperti jenis tanaman kopi lain kopi liberika dari afrika tepatnya dari Liberia, Afrika barat. Tinggi pohon kopi liberika bisa mencapai 9 meteran.
Selain lebih tinggi daripad ajenis tanaman kopi lain, ukuran dauh cabang bunga dan buahnya lebih besar dari jenis tanaman kopi lainnya.
Kopi liberika didatangkan ke indonesia pada abadke 19 untuk menggantikan kopi arabika yang terserang hama penyakit daun.

Meskipun jenis kopi ini memiliki ukuran buah yang paling besar, tetapi penyusutannya selama pengolahan sangat tinggi.
Akibatnya bobot buah keringnya sangat sedikit, hanya 10 persen dari bobot basah. Hal ini membuat para petani enggan membudidayakan kopi liberika padahal liberika memiliki karakter seperti arabika yaitu tidak terlalu pahit. Namun, mutu kopi ini secara umum berada di bawah arabika dan robusta.
Jenis kopi liberika yang unggul di dalam negeri, di antaranya liberoid meranti 1(lim1) dan liberoid meranti2(lim2) yang merupakan hasil seleksi pada populasi kopi liberoid di desa kedaburapat, kecamatan rangsang pesisir, riau.

2. Excelsa

Jenis kopi yang juga ditemukan di afrika barat ini sangat cocok di budidayakan di dataran rendah, karena tahan terhadap serangan penyakit tanaman kopi. Bahkan jenis kopi ini mampu hidup lahan gambut.
Tinggi pohon kopi excelsa bisa mencapai 20 meter. Bentuk daunnya besar dan lebar dengan warna hijau keabu-abuan kulit buahnya lembut bisa dikupas dengan mudah oleh tangan.
Produktivitas kopi excelsa pertahunnya mencapai 800 hingga 1.200 kg/ha kopi excelsa mempunyai cita rasa dan aroma yang kuat serta dominan pahit.
Namun dibandingkan dengan arabika dan robusta, persentase jumlah tanaman kopi excelsa sangat sedikit.

3. Kopi luwak

Merupakan jenis kopi khas dan unik dari dalam negeri kopi luwak bisa berasal dari jenis kopi arabika ataupun robusta. Proses pencernaan biji kopi matang di dalam tubuh luwak menyebabkan perubahan komposisi protein dan asam amino pada biji kopi yang belum disangrai.
Kopi luwak memiliki cita rasa yang unik dan unggul. Sehingga kopi luwak banyak diproduksi secara alami atau memanfaatkan luwak yang ditangkarkan.
Kepopuleran kopi luwak di dunia dimulai ketiak oprah winfrey melalui acaranya menampilkan dan mendemonstrasikan pembuatan kopi luwak.
Sejak itu, kopi luwak mendunia bahkan menjadi kopi dengan harga tertinggi yang diakui oleh guiness book of record.
Awalnya kopi luwak dikonsumi oleh para pekerja perkebunan yang dilarang memetik dan mengonsumsi buah kopi pada era kolonial belanda.
Para pekerja yang penasaran dengan cita rasa kopi pun memanfaatkan biji kopi hasil pencernaan luwak yang ditemukan di kebun kopi.
Para pekerja mengumpulkannya, kemudian membersihkannya dan mengolah biji kopi tersebut menjadi minuman kopi.
with enough coffee nothing is impossible.

Belum ada Komentar untuk "3 Jenis kopi terkenal di Indonesia terbaru 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel