3 Tips bedakan toko online asli dan palsu terbaru 2020


Fawaz.id - 3 Tips bedakan toko online asli dan palsu terbaru 2020 | Beberapa tahun belakangan ini, banyak toko online di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Hal ini disebabkan karena tingginya antusias dan minat masyarakat Indonesia untuk membeli berbagai jenis produk secara online dan malas untuk membelinya langsung ke toko secara offline.

Karena dengan membelinya melalui toko online akan lebih menghemat banyak waktu. Selain itu, harga produk yang dijual di toko online juga biasanya tergolong sangat murah ketimbang di toko-toko yang ada di pasaran. Itulah alasan mengapa banyak orang lebih memilih untuk membeli berbagai jenis produk di situs marketplace yang ada di Indonesia.

Hal ini tentunya sangat memberikan keuntungan yang sangat besar bagi para penggiat online shop. Karena dengan begitu, penjualan mereka bisa jadi lebih naik dari biasanya. Mereka juga bisa akan mendapatkan lebih banyak pembeli. Karena untuk  memasarkan produk ke situs marketplace dapat dikatakan gratis, bahkan sama sekali tidak mengeluarkan modal untuk memasarkannya.

Meskipun begitu, Anda harus selalu berhati-hati saat membeli produk di toko online. Walaupun dapat dikatakan aman, namun ada juga orang-orang yang sering memanfaatkan kesempatan ini untuk menipu. Ada baiknya sebelum Anda memutuskan membeli produk di toko online untuk menelitinya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar Anda tidak menjadi sasaran empuk para penipu.

Dan pada tulisan kali ini saya akan membahas tentang Tips Bedakan Toko Online Real dan Toko Online Penipu. Semoga dengan membaca tips ini, Anda semua yang sering berbelanja di toko online dapat membedakan mana toko online yang benar-benar terpercaya dan mana toko online penipu. Penasaran apa saja tipsnya? Mari kita simak ulasan selengkapnya!

3 Tips bedakan toko online asli dan palsu terbaru 2020


1. Toko Online Real Biasanya Memiliki Identitas yang Jelas

Tips pertama yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melihat identitas dari toko online tersebut. Mulai dari nama toko, nama pemilik toko, alamat, detail toko dan yang lain sebagainya. Toko online real biasanya memiliki identitas yang jelas. Bahkan, biasanya mereka juga memiliki surat izin yang sudah dilegalitas. Sangat jauh berbeda sekali dengan toko online penipu.

Toko online penipu biasanya sangat merahasiakan identitas mereka. Hal ini dilakukan agar keberadaan mereka sangat sulit sekali dilacak oleh para korbannya. Maka dari itu, jika Anda menemukan toko online yang merahasiakan atau identitasnya tidak dapat diketahui dengan jelas, sudah dapat dipastikan toko online tersebut adalah penipu. Usahakanlah untuk menggunakan toko online yang memiliki identitas yang jelas.

2. Toko Online Penipu Biasanya Menjual Barang dengan Harga yang Sangat Murah

Selain melihat identitas, tips selanjutnya yang harus Anda perhatikan untuk membedakan toko online real dengan penipu yaitu dengan melihat harga produk yang dijual. Biasanya, toko online penipu akan menjual produk dengan harga yang sangat murah. Bahkan, harga yang dijual sangat jauh berbeda dari yang ada di pasaran. Mereka juga akan sering memberikan promo yang tidak masuk akal. Misalnya saja beli 1 gratis 1.

Toko online penipu biasanya sering menjual produk elektronik. Contohnya saja seperti smartphone iPhone 11. Mereka biasa sering menjual dengan harga 1 hingga 2 jutaan saja. Sungguh harga yang tidak masuk akal. Mereka menjual dengan harga yang sangat murah agar banyak orang-orang tergiur dan berminat untuk membeli produk yang mereka jual.

Jika Anda sering sekali menemukan toko online yang menjual produk dengan harga yang sangat murah, sudah dapat dipastikan bahwa toko online tersebut adalah penipu. Sangat berbeda sekali dengan toko online real. Toko online real akan senantiasa menjual produk dengan harga yang sama seperti yang ada di pasaran. Jikapun ada perbedaan harga, maka perbedaan harga tersebut tidak akan jauh seperti yang ada di pasaran.

Maka dari itu berhati-hatilah saat akan membeli produk di toko online. Pastikan terlebih dahulu harga produk yang dijual sama seperti yang ada di pasaran. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar Anda tidak masuk dalam jebakan toko online penipu. Telitilah sebelum membeli dan satu hal lagi jangan pernah tergiur dengan harga murah.

3. Lihat Testimoni dari Para Pelanggan

Testimoni merupakan salah satu hal yang tidak akan luput dari keberadaan toko online. Semakin banyak testimoni dan feedback positif yang diberikan oleh para pelanggan, maka semakin tinggi juga kredibilitas dari toko online tersebut. Toko online real biasanya akan memiliki banyak sekali testimoni dan juga feedback positif dari para pelanggan.

Sangat jauh berbeda sekali tentunya dengan toko online penipu. Toko online penipu biasaya tidak memiliki testimoni dan juga feedback positif dari para pelanggan. Jikapun mereka memiliki testimoni, maka Anda juga harus berhati-hati. Bisa jadi testimoni tersebut palsu dan hanya dibuat-dibuat saja oleh mereka. Untuk memastikan keaslian testimoni tersebut, Anda mungkin juga bisa meminta detail pembelian yang dilakukan oleh orang-orang yang ada pada testimoni yang mereka masukkan.

Itulah beberapa 3 Tips bedakan toko online asli dan palsu terbaru 2020. Mudah-mudahan dengan membaca tulisan di atas, Anda semua bisa terhindar dari jebakan para toko online penipu. Semoga Bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel