4 tips membaca dan memahami buku terbaru 2020



Fawaz.id - 4 tips membaca dan memahami buku terbaru 2020 | Berapa lama waktu anda yang dihabiskan untuk membaca beberapa buku literasi? Apakah satu buku anda mampu membaca dalam satu hari atau bahkan satu minggu?.  Minggu jika anda menjawab satu minggu itu terbilang cukup lama untuk andak membaca sekaligus membiasakan diri anda untuk literasi.


Sebenarnya memahami dan membaca buku literasi dapat anda lakukan dalam waktu yang amat singkat, satu hari saja anda sudah dapat membaca sebuah buku tergantung pada tebal dan kata-kata yang ada dalam buku tersebut apakah sulit dimengerti atau tidak.

Namun kecepatan anda dalam membaca sebuah buku dapat diasah dengan membiasakan diri anda menjadi pribadi yang lebih produktif. Jika tidak percaya anda sekarang sedang membaca artikel ini yang menandakan anda sedang produktif dan penasaran bagaimana meningkatkan kecepatan dan minat baca pada diri anda sendiri.

Maka dari itu inilah 4 tips membaca dan memahami buku terbaru 2020 dengan cepat dan mudah


1. Tentukan jadwal anda untuk membaca isi buku

Tentukan jadwal anda untuk literasi buku. Kenapa harus menentukan jadwal, bukannya jika ingin membaca buku bebas mau kapan saja dan dimana saja? Hal ini adalah pertanyaan yang salah yang dianggap seseorang itu benar.

Kenapa author bisa menyebut pertanyaan itu salah karena jika anda memiliki jadwal membaca buku anda sudah mengatur waktu dan jam anda terkhusus untuk membaca buku. Misalnya saja anda memiliki jadwal bertemu dengan pelanggan anda pada jam 11 siang yang berarti anda sudah memiliki jadwal untuk bertemu pelanggan jam 11 siang nanti.

Begitu juga dengan membaca buku anda harus membuat waktu sendiri untuk membaca buku lama durasi yang minimum dan maksimalnya yaitu 1-3 jam perhari untuk anda membaca isi buku. Tidak terlalu berat bagi anda yang hobi membaca namun begitu berat bagi seseorang yang tidak suka baca.

2. Preview buku yang anda punya

Preview ini cocok bagi anda yang sedang berada di toko buku sebut saja G dalam toko buku tersebut anda serasa berada di sebuah surga karena anda bebas membaca Preview buku yang tepat berada di belakang buku biasanya. Anda bisa memilih buku apa saja yang menurut anda menarik dan akan dibaca ketika anda sudah membelinya.

Jangan sampai anda tidak melakukan Preview buku terlebih dahulu, bisa saja anda asal mengambil buku ditoko buku tersebut secara acak namun anda tidak memiliki tujuan dan apakah buku tersebut memiliki manfaat besar terhadap kebutuhan anda atau tidak.

Lakukanlah peninjauan seperti halnya anda sedang menonton sebuah trailer film, dibawa enjoy dan asik untuk dilihat bedanya jika buku harus anda baca dan pahami. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran awal tentang isi buku yang anda ingin beli dan memudahkan anda untuk membaca nya ketika sudah dibeli. Biasanya seseorang akan membaca Preview buku terletak di belakang cover buku.

3. Tulis ringkasan buku tersebut

Ketika anda sedang membaca buku namun tiba-tiba anda lupa apakah topik dari sub halaman 1 apakah kevin menikah dengan Juliet atau tidak hal yang dapat anda lakukan untuk mempermudah anda agar tidak lupa isi bagian dari halaman 1 dengan cara membuat atau menulis ringkasan terhadap poin-poin tertentu saja yang menurut anda itu krusial.

Bertujuan untuk mempertahankan pemahaman anda terkadang anda bisa lupa. Karena manusia tempatnya lupa.

4. Pasang Maker atau pembatas buku

Ketika anda sedang membaca buku dan anda tiba-tiba saja mengantuk lalu isi buku yang sedang anda baca tertutup. Untuk meminimalisir kejadian tersebut anda bisa pasang maker yang biasanya sudah disediakan oleh pencetak buku tersebut.

Hal ini bertujuan agar anda dapat melanjutkan bacaan secara berurutan dan memahami isi buku secara baik dan berurutan.


Itulah 4 tips membaca dan memahami buku terbaru 2020 semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang baru ingin memulai mencintai atau menjadikan membaca buku sebagai hobi baru anda.

Belum ada Komentar untuk "4 tips membaca dan memahami buku terbaru 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel