5 Cara Mengatasi Salah Jurusan Kuliah Terbaru 2020


Fawaz – 5 Cara Mengatasi Salah Jurusan Kuliah Terbaru 2020 | Jika anda merasa membuat kesalahan saat memilih jurusan kuliah, tenang saja, anda tidak sendirian kok. Salah memilih jurusan kuliah bukan berarti bencana bagi anda. Yuk baca tips di bawah ini untuk tahu apa saja yang bisa anda lakukan jika anda salah jurusan.

1. Jangan mudah putus asa


Sangat mudah untuk berpikir ngga ada lagi yang bisa anda lakukan saat  salah memilih jurusan kuliah. Alhasil, anda pun tetap berdiam di jurusan yang salah dan memasrahkan masa depan pada takdir.

Padahal, tidak ada kata terlambat untuk mengejar impian yang anda miliki. Anda selalu bisa mengundurkan diri dari jurusan anda saat ini, lalu mengejar ujian selanjutnya di jurusan yang benar-benar anda minati.

Mungkin anda merasa jika anda melakukan itu, anda akan membuang waktu saja. Tapi tidak ada gunanya menyesali masa lalu. Jika anda mengundurkan diri merupakan keputusan yang terbaik untuk anda, lakukan saja. Toh, anda pun melakukannya demi masa depan anda bukan?

2. Temukan masalah anda


Sebelum melakukan hal yang drastic, pertama-tama anda harus mencari tahu di mana letak kesalahan anda saat memilih jurusan. Apakah itu karena jurusannya tidak sesuai dengan kemampuan anda? Atau mungkin anda merasa tidak nyaman dengan situasi belajarnya? Atau pelajarannya tidak sesuai dengan apa yang anda bayangkan dan hal itu berpengaruh pada nilai anda.

Jika hal itu masih belum bisa anda perbaiki, ada baiknya anda perhitungkan kembali masak-masak apa yang akan anda lakukan selanjutnya.

3. Cari support temen anda atau keluarga


Setelah anda menemukan letak masalah anda, anda bisa mencari dukungan. Mulai dari teman, keluarga, hingga pacar anda. Cobalah anda cari tahu tempat dimana anda bisa bercerita tentang permasalahan anda dengan tenang dan terbuka. Mungkin pihak kampus pun bisa membantu masalah yang sedang anda hadapi.

4. Ganti jurusan


Bukan hal yang mudah untuk dilakukan, tapi hal ini jauh lebih baik daripada meninggalkan perkuliahan anda begitu saja tanpa pesan apapun. Jika anda masih menyukai kampus anda, tapi merasa bahwa anda salah jurusan, anda bisa mencoba bertanya pada jurusan anda untuk kemungkinan pindah jurusan.

5. Pindah kampus sesuai yang anda sukai


Jika problem ada pada kampus anda, ada baiknya anda hindari pergi ke kampus setelah anda menyelsaikan masalah anda di sana. Pergi ketempat yang dapat memicu pikiran anda tidak sehat. Segeralah ambil ancang-ancang untuk langkah ke depan dan pelajari terlebih dahulu jurusan yang anda incar sebelum mendafar kuliah lagi melalui jalur SBMPTN atau UM.

Nah itulah tips yang mungkin anda bisa lakukan karean sudah merasa salah memilih jurusan kuliah. Untuk kedepannya pastikan anda memikirkan secara matang-matang sebelum membuat suatu keputusan.

Terimakasih telah membaca 5 Cara Mengatasi Salah Jurusan Kuliah Terbaru 2020 semoga dengan adanya artikel ini membuat anda memikirkan kembali untuk pindah kampus atau pindah universitas, curhat masalah yang anda hadapi ke orang-orang sekitar anda baik itu teman, pacar atau keluarga. Jangan merasa dan beranggapan anda salah memilih jurusan kuliah. Jika anda merasa demikian mungkin anda tidak memiliki kecocokan terhadap mata kuliah atau dosen. Jangan cepat berpikir jika anda salah masuk jurusan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel