5 Tips menghindari petir ketika bermain hp terbaru


Fawaz.id - 5 Tips menghindari petir ketika bermain hp terbaru | Hujan deras disertai dengan angin dan petir emang bisa sangat menakutkan. Apalagi ada sejumlah berita yag memperingatkan waspada ketika bermain HP, Laptop, Pc dan lain sebagainya ketika hujan dan petir.

Mengapa? Bahaya tersebut dibuktikan dengan adanyakejadian yang menewaskan beberapa orang karena mereka bermain Android hingga tersambar petir.

Pada saat cuaca buruk terjadi, memang ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan. Kemungkinan termasuk menyalakan perangkat elektronik, wifi dan semua hal yang berhubungan dengan listrik.
Sebenarnya, akibat tersambar petir bukan hanya membuat kerusakan pada properti, bangunan, ataupun HP itu sendiri yang bisa konslet. Yang paling bahaya adalah sampai kecelakaan pada manusia.

Anda pasti tidak menginginkannya bukan? Untuk itu, pada pembahasan kali ini kita akan cari tahu apa kaitan antara bermain perangkat elektronik dengan tersambar petir? Dan apa yang perlu kita lakukan untuk terhindar dari dampak buruk hujan petir tersebut? Selengkapnya silahkan simak informasi berikut ini.

Bahaya main HP saat hujan dan petir

Menurut penelitian dan fakta

Sebuah jurnal yang dirilis oleh National Oceanic and Atmospheric Administration atau NOAA menjelaskan beberapa faktor utama yang bisa mempengaruhi lokasi tempat yang dominan bisa tersambar petir. Hal ini meneguhkan bahaya menggunakan ponsel ketika cuaca sedang buruk yakni hujan dengan petir.
Faktor faktor penyebab tersebut diantaranya adalah dipengaruhi oleh ketinggian, bentuk bangunan yang runcing dan isolasi yang bisa menjadi faktor dominan terjadinya sambaran petir. Nah, dari Handphone sendiri terdapat yang namanya komponen logam.
 
Komponen logam tersebut memang ada yang bisa menangkap  sinyal seperti gelombang elektromagnetik sampai menghasilkan yang namanya medan magnet. Namun, meskipun demikian sebenarnya kandungan logam dalam HP tersebut tidaklah mampu untuk memicu terjadinya sambaran petir.
 
Seorang peneliti di bidang perubahan cuaca berkomentar bahwa benda logam kecil seperti halnya perhiasan atau barang lainnya bukanlah penyebab petir menyambar ke area tersebut. Orang orang yang tersambar petir sebenarnya sedang berada di tempat dan waktu yang salah. Seperti berada di luar ruangan dan atau tempat tinggi yang dapat memicu sambaran petir.
 
Tokoh terkemuka profesor kedokteran juga mengemukakan hal serupa. Dalam hal ini sambaran petir bisa menghantui orang orang pengguna ponsel sebagai mitos yang dipercayai kebenarannya. Padahal berdasarkan penelitian dan fakta yang ditemukan akibat sambaran petir bukanlah berasal dari penggunaan perangkat elektronik.
 
Bahkan penggunaan Handphone Android atau smartphone dilansir lebih aman dibandingkan penggunaan telephone rumah atau telephone kabel yang mempunyai potensi untuk menghantarkan listrik saat petir dalam posisi menyambar.
 

Tips aman agar tidak tersambar petir

 

1. Masuk ke dala bangunan

 
Hal yang pertama yang perlu kita lakukan adalah mencari tempat untuk berlindung. Khususnya ketika Anda mungkin sedang berada di luar ruangan. Tempat berlindung yang sebaiknya Anda pilih adalah bangunan dengan gedung, toko maupun rumah. Hindari mencari tempat berlindung dibawah pohon , sebab seringkali dalam beberapa situasi petir menyambar pohon.
 

2. Jangan berjalan kaki diluar tanpa alas kaki

 
Apabila kita berada di dalam ruangan, maka tidak masalah kalau kita tidak menggunakan alas kaki. Namun, patut untuk jadi perhatian adalah selalu gunakan alas kaki ketika Anda akan keluar ruangan. Mengapa? Sebab bisa saja petir menyambar dengan cepat di tanah tempat kita berpijak. Berjalan tanpa alas kaki bisa membuat kita tersambar dari dalam tanah.
 

3. Jangan berenang

 
Berenang adalah olahraga yang sangat menyenangkan. Tapi tidak halnya ketika cuaca sedang buruk atau bahkan hujan petir. Sebaiknya hentikan kegiatan berenang Anda. Mengapa demikian? Sebagaimana yang kita tahu air sifatnya menghantarkan arus listrik jadi bisa saja sambaran petir bisa menyambar lewat air.
 

4. Jangan gunakan telepon rumah

 
Saat adanya petir yang menyambar sebaiknya jangan gunakan telpon kabel atau telpon rumah. Sebagaimana yang sudah kita bahas telpon rumah bisa lebih berbahaya dari pada penggunaan ponsel. Untuk lebih aman, sebaiknya memang Anda tidak perlu menggunakan perangkat elektronik apapun jika tidak benar benar mendesak.
 

5. Jauhi tempat terbuka pekarangan rumah

 
Saat Anda sudah melihat tanda tanda hujan lebat dengan kilatan petir, sebaiknya Anda menjauhi tempat tempat terbuka seperti halnya taman, lapangan, sawah. Umumnya petir juga akan mencari tanah untuk melepaskan energinya. Sesuai dengan poin pertama dalam tips ini carilah bangunan yang aman seperti rumah atau toko.
 
Sumber : mastimon.com/bahayamainhpandroidsaathujanpetirdaninilahtipsaman

Belum ada Komentar untuk "5 Tips menghindari petir ketika bermain hp terbaru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel