Budidaya Jahe dalam Polybag


Fawaz.id - Budidaya Jahe dalam Polybag | Disaat musim penghujan datang enaknya jika santai dan meminum secangkir teh jahe, bandrek atau olahan minuman dari jahe lainnya. Jenis tanaman rimpang yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Bisa menjadi rempah-rempah masakan. Dan bisa juga menjadi minuman yang menyegarkan dahaga.

Pada artikel ini author akan mngupas cara praktis budidaya jahe tidak perlu lahan lebar yang terpenting mau belajar. Author akan mencoba menanam jahe dengan polybag atau karung. Terserah ingin menggunakan jahe jenis apa saja. Jahe merah, Jahe gajah dan Jahe emprit. Adapun hal yang harus kita siapkan yaitu : bibit jahe, penyimpanan polybag atau karung, tanah humus (tanah hitam) penanaman, pemupukan, perawatan.

1. Bibit Jahe yang dominan(Indukan)

Sebelum kita menanam jahe, sebaiknya anda cari bibit yang sudah tua(indukan) atau terdapat bnyak calon mata tunas pada rimpang dan jangan menggunakan bibit jahe yang masih muda.

2. Penyemaian

Setelah bibit sudah tersedia dalam poin pertama. Langkah berikutnya adalah proses penyemaian bibit jahe. Sediakan tempat penyemaian jahe ukuran 60x40cm bisa dari bekas keranjang buah atau membuat kotak dari papan. Semakin semua bibit secukupnya diwadah pnyemaian dengan jarak 10cm. Usahakan bibit jangan terlalu tenggelam agar rimpang cepat tumbuh tunas baru lakukan penyiraman dipagi hari. Media pembibitan diletakkan ditempat yang teduh usahakan gunakan tanah campuran dengan kompos dan sekam padi.

3. Polybag 

Untuk penanaman cari polybag yg berukuran 10kg, dengan kualitas bagus. Isi polybag dengan tanah gembur yang bercampur kompos, sebelum diberi bibit jahe taburi tanah dengan abu dolomit atau abu dapur secukupnya pengisian tanah dilakukan 1 minggu sebelum pemindahan bibit jahe dari media semai. Lakukan penyiraman agar abu dolomit menyerap dan kadar asam pada tanah netral.

4. Penanaman

Nah perlu anda ketahui, waktu yang tepat untuk memindahkan benih jahe adalah sore hari karena ada waktu 6 jam/1 malam untuk jahe beradaptasi dengan tempat yg baru. Tanam 1 polybag 1 bibit saja tengglamkan bibit 9cm didalam polybag yang sudah kita isi tanah tadi lalu letakkan jahe ditengah-tengahnya.

Lalu jika sudah selesai letakan polybag ditempat teduh selama 1 minggu.setelah itu baru kita letakkan ditempat yg terkena sinar matahari.

5. Pemupukan perawatan

Lakukan pemupukan awal dengan cara cor atau dengan pupuk kandang yg sudah kering.

Cara menanam jahe di dalam polybag 


Larutkan 1 genggam pupuk npk 16x16 dengan 10 liter air lalu siramkan ke polybag lakukan pengecoran 4 hari sekali. Setelah jahe semakin berkembang kita bisa langsung memupukan secara langsung tanpa cor namun dilakukan 1 bulan sekali dengan syarat setelah dipupuk usahakan langsung ditimbun tanah lagi atau kompos. Siram tanaman setiap sore hari jika masuk musim kemarau ada baiknya polybag di masukan kantong plastik yang lebih besar agar air dan unsur pupuk tertahan dikantong plastik. Namun penyiraman harus memperhatikan bnyaknya air yang dikantong plastik tersebut. Nah selesailah budidaya jahe dalan polybag tinggal tunggu sampai jahe siap panen dengan umur 8 bulan atau sampai daun jahe mengering dan berbunga.

Terimakasih telah membaca Budidaya jahe dalam polybag semoga bermanfaat bagi anda yang ingin menjadi pengusaha jahe atau sekedar ingin menanam lalu di ambil khasiatnya.

Belum ada Komentar untuk "Budidaya Jahe dalam Polybag "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel