Definisi dan Ruang Lingkup Ekologi 2020


Fawaz.id - Definisi dan Ruang Lingkup Ekologi 2020. Kata ekologi pertama kali dirumuskan oleh Ernest Haeckel seorang ahli biologi berkebangsaan jerman pada tahun 1869. Ernest mendifinisikan ekologi sebagai suatu keseluruhan pengetahuan yang berkaitan dengan hubungan antara organisme dengan lingkungannya yang bersifat organic dan anorganik.

Ekologi sendiri berasal dari yunani yang terdiri dari dua kata yaitu oikos dan logos. Oikos yang berarti rumah atau tempat untuk hidup dan logs berarti ilmu pengetahuan.

Selanjutnya ekologi didefinisikan sebagai ilmuyang mempelajari hubungan adanya timbal balik antara MH dengan lingkungannya atau ilmu yang dimana mempelajari pengaruh factor lingkungan terhadap jasad hidup sehingga dapat dipastikan tidak ada satu MH yang hidup dan kehidupannya terisolasi.

Eksistensi suatu MH di bumi karena adanya hubungan timbal balik antara sesame MH dan lingkungannya.

Jika ditinjau dari perspektif lingkungan perairan maka ekologi peraian adalah ilmu yang mempelajari hubungan adanya timbal balik antara organisme perairan dengan lingkungannya serta hubungan antara kelompok dalam lingkungan perairan.

Hubungan antarkelompok organisme tidak akan berjalan dengan baik jika salah satu kelompok organisme atau lingkungannya mengalami tekanan akibat aktivitas antropogenik maupun naturogenik yang merusak.

Berdasarkan habitat spesies maka ekologi perairan secara umum mempelajari hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi antara suatu organisme dengan lainnya serta hubungannya dengan komponen lingkungan.

Berdasarkan wilayah kajia, ekologi perairan dikawasan tropis dibagi menjadi beberapa golongan sebagai berikut.

1. Ekologi peraian tawar yaitu mempelajari hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara suatu organisme dengan lainnya serta dengan semua komponen lingkungan yang ada di wilayah perairan tawar, contohnya sungai danau dan kolam

2. Ekologi perairan estuary yaitu mempelajari hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi antara suatu organisme dengan lainnya serta dengan semua komponen lingkungan yang ada di wilayah perairan payau, contoh di muara sungai dan teluk yang bermuara ke sungai.

3. Ekologi perairan laut yaitu mempelajari hubungan timbal balik dan saling memengaruhi antara suatu organisme dengan lainnya serta dengan semua komponen lingkungan yang ada di wilayah perairan laut. Contoh perairan laut meliputi perairan intertidal, perairan oseanik, dan perairan laut jeluk.

Terimakasih telah membaca Definisi dan Ruang Lingkup Ekologi 2020 semoga bermanfaat bagi anda.

Belum ada Komentar untuk "Definisi dan Ruang Lingkup Ekologi 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel