Fakta menarik baterai smartphone terbaru 2020


Fawaz.id - Fakta menarik baterai smartphone terbaru 2020 | Pertama kali membeli hp baru anda memiliki pemikiran bahwa harus di cas hingga penuh lalu bisa digunakan seharian.

Hal ini tidak perlu terjadi karena teknologi baterai sudah sangat berkembang.

Karena kebanyakan smartphone sekarang sudah menggunakan tipe baterai li-ion atau li-poly dan tidak seperti dulu yang masih menggunakan ni-mh.

Kedua tipe baterai ini tidak butuh di cas telalu lama saat akan digunakan. Tetapi, bila dikala smartphone di cas serta penanda baterai telah penuh, lebih baik segera anda cabut kabel charger supaya tidak terjalin overcharge karena malah akan mengakibatkan kerusakan pada baterai.

Charger smartphone baru

Jika dibandingkan dengan teknologi pada masa lalu, baterai li-ion dapat mengisi lebih cepat, bertahan lebih lama, dan memiliki kepadatan energi.
 
Fitur pada smartphone kita saat ini memakai tipe baterai yang berbeda dengan fitur jadul. Fitur jadul umumnya memakai baterai berjenis NICD maupun NiMH. Baterai tipe ini memanglah diharuskan untuk di charge dalam waktu yang lumayan lama supaya energi tahan baterai lebih awet.

Pengaruh teknologi terhadap baterai

Pada fitur jadul baterai yang digunakan wajib charging selama 8 jam merupakan baterai dengan tipe NICD maupun NiMH, yang banyak digunakan pada ponsel tahun 1995 sampai dengan 2000. Selanjutnya teknologi semakin berkembang dan jenis baterai kebanyak sudah menggunakan Lihium Ion, hal ini dikarenakan energi baterai yang kurang optimal.

Kedua tipe baterai NiMH ataupun NICD sebenarnya terdapat beberapa keunggulan, salah satunya apabila kita lakukan charging dalam waktu lama bahkan sampai baterai penuh sekalipun, baterai tersebut bisa lebih bertahan lama lagi. Karena itu, kita sendiri bahkan merasakan baterai pada ponsel kita dulu terasa awet dan bisa digunakan bahkan sampai berhari-hari.

Tidak perlu charge 8 jam itu mitos!

Jawabannya adalah tidak perlu, karena baterai yang digunaan pada smarphone kita saat ini merupakan tipe Lithium Ion serta Lithium Ion Polymare sehingga tidak lagi harus kita lakukan charging selama 8 jam terlebih dulu baru digunakan.

Lebih detail mengenai cara melakukan charge yang benar sudah tercantum dalam buku manual yang disertakan dalam kotak smartphone. Biasanya charge dari 0-100% membutuhkan waktu 2 jam lebih.

Belum ada Komentar untuk "Fakta menarik baterai smartphone terbaru 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel