Hubungan ekologi dengan ilmu lainnya terbaru


Fawaz.id – Hubungan ekologi dengan ilmu lainnya terbaru. Proses adaptasi dan aspek fungsi organisme dari komunitas banyak dipelajari dalam ekologi dan erat hubungannya dengan ilmu biologi lainnya, seperti morfologi, anatomi, fisiologi.

Morfologi adalah cabang biologi yang mempelajari bentuk luar organisme. Anatomi merupakan cabang biologi yang mempelajari bagian dalam organisme. Fisiologi adalah cabang biologi yang mempelajari proses kerja yang terjadi dalam tubuh organisme.

Genetika merupakan cabang biologi yang mempelajari sifat keturunan organisme. Evolusi merupakan cabang biologi yang mempelajari perubahan dan perkembangan organisme dari waktu kewaktu.

Ilmu lainnya yang turut berhubungan erat dengan ekologi adalah klimatologi, memberikan informasi mengenai keadaan lingkungan. Dengan demikian pengetahuan fisika biologi dan kimia diperlukan untuk ahli ekologi mengungkapkan hubungan antara lingkungan dan dunia kehidupan.

Dengan memahami berbagai factor yang terkait dengan kondisi suatu ekosistem perairan maka akan mudah menganalisis suatu permasalahan lingkungan secara mendalam, misalnya saja dampak pencemaran perairan yang diakibatkan oleh masuknya suatu bahan cemar yang memengaruhi berbagai level organisasi dalam sistem ekologi perairan. Mulai dari tingkat spesies sampai komunitas pada tingkat ekosistem secara menyeluruh.

Kenyataan ini membuktikan bahwa ilmu ekologi tidaklah terisolasi dan beridir sendiri, melainkan sangatlah terkait dengan cabang ilmu lain karena berbagai factor alam biotik dan abiotic yang saling berhubungan dan saling memengaruhi.

Ekologi adalah suatu disiplin ilmu yang sistematik, analitik dan objektif dalam kajian lingkungan, yang ditekankan pada struktur dan fungsi ekosistem.

Ditinjau dari segi struktur ekologi mengkaji keadaan lingkungan dan organisme pada waktu tertentu, yang meliputi.

1. Susunan dan jenis komponen ekosistem
2. Kepadatan dan biomas populasi
3. Factor lingkungan yang menjadi penciri.

Sementara ditinjau dari segi fungsinya ekologi mengkaji hubungan fungsional dalam ekosistem.
Ekologi merupakan salah satu cabang ilmu biologi dan mempunyai ruang lingkup dengan spectrum luas. Pesatnya perkembangan dan pengkajian ilmu ekologi yang seiring dengan semakin merosotnya kualitas lingkungan hidup sehingga ilmu ekologi sering dikenal sebagai ilmu lingkungan (environmental sciences).

Sementara berdasarkan pengertian ilmu ekologi yang dikemukakan oleh Ernest Haeckel pada tahun 1869, merupakan ilmu yang mempelajari keterkaitan dan hubungan antara organisme-organisme dengan lingkungannya.

Berdasarkan definisi tersebut maka antara ilmu ekologi dan ilmu ling kungan sama-sama mempelajari aspek lingkungan tetapi pada ilmu lingkungan aspek-aspek lingkungan dibahas sendiri-sendiri, sementara dalam ilmu ekologi aspek lingkungan dibahas sebagai suatu sistem dinamik ditambah lingkup pembahasan lingkungan yang luas. Selain itu, ilmu lingkungan dapat dipandang sebagai autekologi sedangkan ekologi mencakup autekologi dan sinekologi.

Autekologi adalah ekologi yang mempelajari suatu spesies organisme secara individu yang berinteraksi dengan lingkungannya, sedangkan sinekologi adalah ekologi yang mempelajari kelompok organisme yang tergabung dalam satu kesatuan dan saling berinteraksi di suatu daerah tertentu.

Terimakasih telah membaca Hubungan ekologi dengan ilmu lainnya terbaru.

Belum ada Komentar untuk "Hubungan ekologi dengan ilmu lainnya terbaru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel