Jangan Cuma Ngomong Investasi Itu Penting Jika Belum Coba Reksa dana


Fawaz - Jangan Cuma Ngomong Investasi Itu Penting Jika Belum Coba Reksa dana | Reksadana merupakan sebuah produk investasi yang berkembang dalam beberapa belakang tahun ini. Meskipun demikian masih banyak dikalangan masyarakat yang belum mengetahui apa itu reksadana atau investasi?

Jangan Cuma Ngomong Investasi Itu Penting Jika Belum Coba Reksa dana


Sebagai gambaran saja, dengan jumlah penduduk sampai 250 juta orang di tahun 2013, jumlah investor reksadana aktif diperkirakan baru sampai 240.000 ribu orang saja yang menggunakan reksadana.

Sesuai dengan undang-undang mengenai reksadana atau pasar modal Nomor 8 tahun 1995 yang menyatakan reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari warga pemodal yang selanjutnya di investasikan kembali kedalam portofolio efek oleh manajer investasi. Jadi sebelumnya ada yang tau apa itu portofolio gambaran singkat mengenai portofolio jadi setiap kita membeli reksadana jenis apa saja maka dana yang kita investasikan akan tertera dalam portofolio dan keuntungan dari investasi juga bisa terlihat di portofolio.

Berdasarkan definisi di atas, maka reksadana adalah sebuah wadah yang bertujuan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal atau masyarakat disini memberikan dana nya ke manajer investasi.

Tugas sebuah manajer investasi yaitu menghimpun dana dari masyarakat yang bukan perkara main-main. (OJK) secara ketat dan disiplin mengatur jenis perusahaan untuk dapat melakukan kegiatan menyimpan dana dari warga, misalnya bank, asuransi, dan dana pensiunan.

Reksadana ialah produk termasuk perusahaan yang masuk dalam kategori pasar modal, pasar uang yang diawasi secara ketat oleh OJK sehingga bisa melakukan penyimpanan dana dari masyarakat.

Maraknya berita mengenai investasi bodong belakangan ini kebanyaka berasal dari penghimpun dana illegal yang dilakukan oleh perusahaan atau oknum yang tidak bertanggung jawab dan tidak terdaftar dalam otoritas jas keuangan.

Dana yang terkumpul  akan kembali kedalam portofolio efek


Dalam kesehariannya, manusia menggunakan produk dan jasa dari berbagai perusahaan. Sebagai contoh ketika kita bangun tidak saja, kita mandi dan menggunakan berbagai produk dari berbagai merk misalnya dari odol dan sabun. Salah satu perusahaan tersebut adalah uniliver atau lain sebagainya. Ketika berangkat kerja atau berangkat kuliah kita menggunakan kendaraan baik itu motor atau mobil yang diproduksi oleh Astra internasional. Dalam perjalanan menunju kampus atau kantor, kita menggunakan jalan tol yang dimiliki oleh perusahaan jasa marga. Untuk membayar tol, kita menggunakan kartu elektronik money yang dikeluarkan dari berbagai bank swasta dalam negeri ini misalnya BNI, BRI, BCA.

Nama-nama perusahaan seperti uniliver, astra, jasa marga, bank BNI adalah perusahaan yang terbuka salah satu sumber pendapatannya berasal dari penerbitan efek saham dan obligasi.

Efek saham adalah surat yang menyatakan kepemilikan suatu perusahaan. Dengan berinvestasi pada saham yang berarti seseorang menjadi pemilik perusahaan.

Efek obligasi adalah surat berharga yang menyatakan sebuah bukti utang suatu perusahaan. Dengan berinvestasi pada jenis obligasi berarti seseorang itu memberikan pinjaman dana kepada perusahaan tersebut.

Dana yang terhimpun dari masyarakt tersebut lalu di investasikan kedalam efek saham dan efek obligasi. Karena memiliki beberapa efek sekaligus, disebut portofolio efek.

Terimakasih telah membaca Jangan Cuma Ngomong Investasi Itu Penting Jika Belum Coba Reksa dana semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Cuma Ngomong Investasi Itu Penting Jika Belum Coba Reksa dana"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel