Kekurangan dan Kelebihan Reksadana Terbaru 2020


Fawaz.id - Kekurangan dan Kelebihan Reksadana terbaru 2020 | Apa itu reksadana dan apa saja kekurangan dan kelebihan reksadana? Dan bagaimanan cara membeli reksadana. Sebelumnya banyak sekali artikel yang membahas tentang reksadana namun kebanyakan mereka promosi mulai dari jualan website, service. Misalnya seperti “wah reksadana menguntungkan setahun bisa mendapatkan bonus 20%” Hal ini kebanyakan dilakukan para blogger/youtuber terkenal membahas mengenai reksadana lalu mempromosikan, kita disuruh menggunakan kode referral agar si penjual mendapatkan untung. Namun menurut saya itu bisa menjadi agak bias karena kalo kita menjelaskan reksadana namun dengan tujuan menjual yang saya perhatikan itu banyak video atau artikel yang membahas sisi minusnya misalnya tentang biayanya, tentang kerugian yang akan diterima calon invest reksadana. Dan akhirnya itu seperti menjual janji manis saja gitu.

Nah pada artikel ini saya tidak ada unsur jualan sama sekali melainkan saya akan membahas apa sih itu reksa dana?. Tidak hanya menjelaskan positif nya melainkan juga membahas potensi negative nya.

Reksadana adalah produk keuangan dimana kita dan ribuan para investor mengumpulkan dana kita menjadi satu kemudian diserahkan ke pihak lain, yaitu perusahaan yang menjadi manajer investasi untuk di investasikan ke berbagai instrument keuangan lain misalnya ke saham obligasi dan pasar uang.

Kekurangan dan Kelebihan Reksadana Terbaru 2020


Jenis reksa dananya menentukan kemana uang kita akan di investasikan, di Indonesia terdapat empat jenis reksadana pada umumnya yang pertama :

1. Reksadana pasar uang kalo kita memasukan dana kia kepasar uang dana kita akan di investasikan ke deposito dan sertifikasi bank Indonesia dengan rincian obligasi kurang dari satu tahun.

2. Reksadana pendapatan tetap mayoritas dana kita akan dimasukkan ke dalam obligasi atau surat hutang.

3. Reksadana saham untuk jenis itu enam puluh persen dana kita akan dibelikan saham.

4. Reksadana campuran untuk jenis reksadana campuran dana kita bisa dimasukkan kedalam obligasi, saham, dan juga deposito.

Kenapa kita tidak langsung investasikan saja secara langsung ke obligasi, saham atau deposito? Apa sih untungnya lewat reksa dana? Kita langsung bahas di dampak positif dan potensi negatifnya.

Keuntungan reksadana 


1. Adanya manajer investasi misalnya kita sebagai orang awam yang tidak tahu apa sih itu obligasi? Beli saham bagaimanan yah caranya? Maka dari itu lebih baik kita menggunakan reksadana untuk investasi. Karena harapannya sang manajer investasi ini merupakan profesional keuangan yang ahli dan pengalaman mengenai investasi jadi kita tinggal titipkan dana investasi kita ke manajer investasi. Dan mereka yang akan mikir cara nya bagaimana untuk mendapatkan keuntungan. Sudah paham?

2. Reksadana bisa dibeli seperti beli permen hehe, reksadana bisa dibeli eceran. Maksudnya disini dengan uang yang relative kecil misalnya seratus ribu kita sudah bisa beli reksa dana. Berbeda dengan deposito yang dana awal bisa mencapai satu miliyar atau obligasi minimal pembelian lima juta untuk bisa masuk obligasi, nah kalau saham kita harus membeli satu slot atau seratus lembar dan harganya tergantung harga saham bisa saja harga satu lembar saham seharga lima puluh ribu kita kalikan dengan seratus lembar.

3. Reksadana bisa kita jual kapan saja atau liquid bisa kita  bandingkan dengan deposito dimana harus tunggu jatuh tempo terlebih dahulu baru bisa di cairkan. Reksadana bisa kita cairkan kapan saja.

Kekurangan reksadana


1. Adanya fee dimana kita fee tersebut mencakup pembayaran manajer investasi, dalam proses pembelian reksadana fee nya 1%-3% dan untuk penjualan dikenakan fee 0,5%-1%.

2. Kinerja dari manajer investasi, banyak manajer investasi yang tidak kita inginkan misalnya banyak manajer investasi kalah dengan competitor.

3. NAB adalah harga reksadana yang belum kompitble. Dimana rumusnya NAB = Total Dana yang dikelola / Total Unit. Jadi misalnya NAB pembelian dihari libur akan naik di hari biasa.

Risiko reksadana


1. Pasar uang dengan risiko paling kecil karena uang kita akan masuk kedalam deposito, resiko nya adalah ketika ekonomi Indonesia hancur kalo kita punya deposito kita masihh dijamin LPS. Sedangkan di pasar uang tidak ada yang menjamin.

2. Reksadana pendapatan dan campuran risikonya ketika penurunan harga dibawah bunga deposito.

3. Reksadan saham walaupun biasanya tidak jauh dari pergerakan IHSG tapi kalau kita salah manajer investasi uang kita tergerus terus.

Bagaimana apakah Kekurangan dan Kelebihan Reksadana Terbaru 2020 ilmu kalian sudah bertambah mengenai investasi reksadana? Jika ada pernyataan yang belum dipahami silahkan beri komentar dibawah makasih.

Belum ada Komentar untuk "Kekurangan dan Kelebihan Reksadana Terbaru 2020"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel