Menghindari inbreeding pada udang galah


Fawaz.id - Menghindari inbreeding pada udang galah | Dalam mendapatkan calon induk dari hasil kegiatan ini ada sebagian pembudidaya udang yang ingin menempuh jalan instan.

Tidak memikirkan dampak negatif dari apa yang dilakukan, yaitu mengawinkan indukkan, berpikir singkat apakah satu keturunan baik atau tidak.
Padahal dengan melakukan perkawinan indukan dari satu keturunan dapat menyebabkan perkawinan inbreeding.

Cara mudah untuk menghindari pengaruh persilangan, yaitu dengan mengambil induk lainnya(jantan atau betina) dari daerah lain untuk dikawinkan denagn indukan milik sendiri atau saling menukar dengan pembudidaya lain yang memiliki induk dari sumber yang berbeda.

Contoh saja betina berasal dari kegiatan sendiri dan jantan dari pembudidayaan lain, atau sebaliknya.
Cara lain dengan membeli beberapa pasang indukan dari daerah lain dan mengawinkan salah satunya dengan indukan yang dimiliki. Induk betina dari daerah atau pembudidayaan lain dikawinkan dengan induk jantan dari yang dimiliki sendiri berlaku sebaliknya.

Indukan tersebut haruslah dicatat agar mudah untuk mengawasinya.

Menghasilkan indukan sendiri

Bagi pembudidaya udang galah yang sudah lama menjalani usaha ini, memperoleh induk tidak harus selalu dengan membelinya. Indukudang galah untuk kebutuhan sendiri bisa diperoleh dari hasil kegiatan sendiri. Dengan begitu, beban biaya usaha bisa berkurang dan dana usaha yang tersedia bisa digunakan untuk hal lain, seperti memperluas lahan atau skala usaha.

Bahkan bila induk-induk yang dihasilkan berkualitas, Anda bisa menjadi salah satu penghasil induk nomor satu di daerah Anda, dan permintaan pun akan terus meningkat. Hal ini merupakan peluang untuk memperoleh keuntungan. Semua tergantung usaha Anda. Induk dari hasil kegiatan sendiri hanya bisa diperoleh dengan dua cara. Tentu saja, semua itu dilakukan menggunakan induk-induk yang Anda miliki, yaitu induk asal atau induk yang pertama dibeli dari pihak lain dan induk dari keturunan induk asal.

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan backcross, yakni mengawinkan anak dengan ibunya atau anak dengan bapaknya. Inilah cara yang terbaik. Cara kedua adalah mengawinkan antar-anakan udang galah, tetapi bukan dari satu keturunan. Karena itu, setiap pembudidaya harus memiliki setidaknya dua kelompok induk yang berbeda garis keturunannya. Untuk memperoleh induk yang berkualitas, baik dari hasil backcross maupun hasil mengawinkan antar-anakan, benih hasil budi daya udang galah harus diseleksi secara ketat. Pilih benih-benih yang berkualitas sesuai dengan ciri-ciri yang telah disarankan atau sesuai dengan standar nasional indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Menghindari inbreeding pada udang galah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel