Sisihkan Penghasilan untuk Investasi Reksadana


Fawaz.id - Sisihkan Penghasilan untuk Investasi Reksadana | Sejak awal penulisan website ini saya telah menegaskan jika investasi dapat dilakukan oleh semua orang, walaupun dengan gaji upah minimum regional (UMR) tetap dapat memiliki peluang untuk melakukan investasi. Konsep ini menjadi kaya melalui investasi akan bisa didapatkan dengan cerdas dan cermat memilih investasi dimasa sekarang dan menghasilkan dimasa depan.

Sebelum memutuskan untuk melakukan investasi yang cocok bagi anda, perlu diketahui jika cara mengelola keuangan dengan melihat kekuatan dan kelemahan kondisi dari dana anda atau finansial anda. Ada beberapa parameter untuk mengetahui kesehatan dan keseimbangan keuangan anda dengan cara mudah.

Pertama, buatlah catatan pembelajaan. Anda tentu memiliki catatan mengenai pembelajaan yakan? Jika tidak memiliki catatan keuangan buatlah catatan yang sederhana setidaknya anda bisa memhami nya. Tidak perlu yang rumit seperti yang dibuat oleh akuntan perusahaan dimana setiap ada penjualan atau pembelian pasti dilakukan pencatatan keuangan di mesin yaitu computer atau laptop. Di akhir bulan, jumlahkan lah pemasukan anda dan pengeluaran dapat dilihat di akhir bulan apakah keuangan anda sehat(kelebihan) atau malah tidak sehat (kekurangan).

Setelah membuat catatan mengenai keunagan anda, tentu saja dapat melihat dengan mudah jumlah yang berhasil anda kumpulkan di bulan ini misalnya januari. Apakah tabungan anda cukup banyak dan bisa bersenang-bersenang di akhir bulan ini? Dengan jawaban singkat yaitu YA dari dua pertanyaan itu saja anda sudah bisa menjawab dengan mudah, yang berarti keuangan anda berjalan dengan baik, setuju?.

Bagaimana jika saya memberikan pertanyaan berbeda kepada anda? Apakah anda masih sering terpaksa berhuttang kepada teman atau ibu kostan? Apakah anda sering merasa kekurangan disetiap tanggal 25 dan seterusnya datang? Apakah anda tidak memiliki dana simpanan untuk anda gunakan diakhir bulan? Jika jawaban anda YA maka kondisi finansial anda perlu mendapat perhatian tanpa terkecuali atau mungkin saja anda sendiri tidak mengetahui keadaan kondisi keuangan anda saat ini? Kemungkinan anda merasaka kekurangan di akhir bulan adalah hal yang biasa sehingga selalu berhemat dan berpuasa di akhir bulan hehe. Waktu anda dapat melewati akhir bulan tanpa berutang namun berhati hati jika anda memiliki perasaan seperti ini cukup bahaya.

Pemikiran yang salah dimana anda menghemat di akhir bulan, baca artikel dibawah ini!

Jika jawaban anda adalah menghemat diakhir bulan maka kondisi finansial anda tidak sehat. Hal tersebut disebabkan oleh pemikiran yang masih keliru dengan uang dan manajemen keuangan. Jika jawaban anda tidak kondisi finansial anda berarti sehat dan perlu ditingkatkan lagi agar menjadi lebih baik lagi untuk mencapai kebebasan dalam finansial.

Penyebab finansial anda tidak sehat adalah anda salah berpikir yang berarti anda masih ragu dalam diri anda tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar. Banyak sekali barang yang butuhkan seperti gadget, tas dan lain sebagainya. Coba lihat smartphone yang anda gunakan saat ini berapa banyak fitur atau aplikasi yang benar benar anda manfaatkan dengan baik dan benar tentunya digunakan sebagai keperluan produktif. Berapa banyak yang anda gunakan sekedar untuk bersenang-senang. Jika anda terlalu banyak menggunakan smartphone untuk hal hal yang kurang produktif.

Kebiasaan menerik dana dari bank lain juga merupaka kegiatan yang tidak produktif, anda berarti memiliki kekeliuran dalam pola pikir anda, karena adanya fee jadi gajih anda tidak akan bisa diambil semua. Mungkin saran dari saya adalah anda bisa menghapus beberapa rencana liburan untuk sementara sampai kondisi keuangan atau finansial anda berjalan dengan normal lagi atau anda bisa menghemat penggunaan listrik yang berdampak negative dan dialihkan untuk kebutuhan yang memang benar-benar anda butuhkan. Misalnya untuk melakukan pembayaran kotsan dan lain sebagainya.

Terimakasih telah membaca Sisihkan Penghasilan untuk Investasi Reksadana. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Sisihkan Penghasilan untuk Investasi Reksadana"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel